alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e6a08a12e257f10c8b4572/gini-nih-caranya-singapura-keluar-dari-krisis-air-bersih-gan
icon-hot-thread
Gini Nih Caranya Singapura Keluar dari Krisis Air Bersih Gan!
Proud to be part of
Gini Nih Caranya Singapura Keluar dari Krisis Air Bersih Gan!
Click to Visit Our Home


Gini Nih Caranya Singapura Keluar dari Krisis Air Bersih Gan!
emoticon-Kiss (S) Thanks atas dukungan BREAMAN, seluruh warga & OFFICER KasKus hingga menjadi HT #30 ane emoticon-Kiss (S)
Welcome to
Gini Nih Caranya Singapura Keluar dari Krisis Air Bersih Gan!


Hallo Gans, emoticon-Kiss
Ketemu Lagi dengan trid Kota-Kota dari ane. emoticon-Smilie
Kali ini TS mau share info tentang bagaimana negara sekecil Singapura mendapat air bersih. Tidak seperti Jakarta yang dilalui oleh setidaknya 12 aliran sungai, Singapura memiliki masalah sumber air bersih yang pelik karena keterbatasan daerah tangkapan air dan sumber air baku di wilayahnya.
Gini Nih Caranya Singapura Keluar dari Krisis Air Bersih Gan!

Quote:Prologue
Sebagai sebuah negara dengan luas 710 km dan berpenduduk padat yaitu sekitar 5,4 juta penduduk, Singapura tidak memiliki sumber daya air alami di negaranya dan hanya memiliki sedikit lahan untuk mengumpulkan dan menyimpan air hujan yang menyebabkan pengelolaan air merupakan tantangan besar bagi negara tersebut. Di tahun 60-an dan 70-an, Singapura mengalamo krisis air dimana air baku di Singapura sangat bergantung pada air yang diimpor dari Malaysia serta Singapura juga menghadapi tantangan yang lain yaitu kekeringan, banjir meluas dan polusi air di tahun-tahun awal pendirian negara ini. Dalam 50 tahun terakhir, dengan berfokus dalam pengembangan teknologi air dan mengadopsi berbagai pendekatan terpadu untuk pengelolaan air, Singapura telah mengembangkan berbagai strategi/usaha untuk memenuhi kebutuhan air baku yang berkelanjutan dengan memanfaatkan tangkapan lokal, air impor, air reklamasi (atau NEWater) dan air desalinasi yang menjadi 4 pilar pemenuhan kebutuhan air baku di Singapura.


Quote:Gini Nih Caranya Singapura Keluar dari Krisis Air Bersih Gan!

Jadi, Gimana sih Singapore dapet Air bersih? emoticon-cystg


Quote:1.Tangkapan air lokal (Local Catchment Water)
Quote:Singapura memiliki dua sistem yang terpisah untuk mengumpulkan air hujan dan air yang digunakan (used water). Air hujan dikumpulkan melalui sistem jaringan yang komprehensif dari saluran air, kanal, sungai, kolam penampung air hujan (storm-water collection ponds) dan disimpan di 17 reservoir sebelum diolah untuk penyediaan air minum. Hal ini membuat Singapura menjadi salah satu dari sedikit negara di dunia yang menggunakan air hujan pada skala besar untuk persediaan airnya. Tangkapan air lokal ini merupakan pilar pasokan air yang berkelanjutan untuk Singapura.
Spoiler for Pict:


Quote:2. Air daur ulang (recycling water– NEWater)
Quote:Salah satu pilar dari pemenuhan kebutuhan air Singapura yang berkelanjutan adalah
NEWater (atau air daur ulang) yang merupakan air reklamasi bermutu tinggi yang dihasilkan dari pengolahan air terpakai (used water)
yang selanjutnya dimurnikan menggunakan teknologi membran yang canggih (mikrofiltrasi, reverse osmosis) dan disinfeksi ultra-violet (ultra-violet disinfection), sehingga dihasilkan air ultramurni (ultra-clean) dan aman untuk diminum.
Pada tahun 2010, pabrik NEWater terbaru dan terbesar di Singapura selesai dibangun. Secara bersama-sama, empat pabrik NEWater Singapura dapat memenuhi hingga 30% dari kebutuhan air Singapura saat ini

Spoiler for Pict:



Quote:3. Air impor (Imported water)
Quote:Salah satu solusi awal untuk memenuhi kebutuhan air baku di Singapura adalah mengimpor air dari Johor, Malaysia. Untuk memfasilitasi ini, dua perjanjian bilateral yang ditandatangani pada tahun 1961 dan 1962 dan, sejak saat itu, air telah disalurkan melalui Johor-Singapore Causeway. Perjanjian pertama berakhir pada Agustus 2011 dan perjanjian yang kedua akan berakhir pada 2061. Selama air impor ini menjadi sebagian besar pasokan air Singapura, diharapkan bahwa Singapura akan mengalami kemajuan signifikan dalam memenuhi kebutuhan air sendiri
Spoiler for Pict:

Pipa air dari Malaysia di dam Johor-woodsland, dimana 40% kebutuhan air Singapore terpenuhi dari sini


Quote:4. Air desalinasi (Desalinated Water)
Quote:Desalinasi adalah proses pengolahan air laut dengan reverse osmosis yaitu menghilangkan garam dan mineral dari air laut. Singapura memiliki salah satu plant air laut berbasis reverse-osmosis (seawater reverse osmosis) terbesar di Asia, yang menghasilkan 30 juta galon air perhari (136.000 meter kubik) dan dapat memenuhi sekitar 10% kebutuhan air Singapura. Pabrik desalinasi kedua yang lebih besar lagi adalahTuaspring Desalination Plant yang dibuka pada September 2013 memiliki kapasitas 70 juta galon air per hari atau 318.500 meter kubik air desalinasi . Hari ini, air desalinasi tersebut dengan kapasitas total 100 juta galon air sehari dari dua pabrik dapat memenuhi hingga 25% dari kebutuhan air Singapura saat ini. Pada 2060, Singapura berniat untuk meningkatkan kapasitas desalinasi ini sehingga air desalinasi dapat memenuhi hingga 30% dari kebutuhan air Singapura dalam jangka panjang
Spoiler for Pict:


Quote:Gini Nih Caranya Singapura Keluar dari Krisis Air Bersih Gan!
Bagan Pemenuhan Air Singapura


Quote:BENDUNG/DAM AIR TAWAR DI TELUK " MARINA BARRAGE"
Quote:Membendung muara untuk dijadikan resevoir air tawar dilakukan Singapura demi melepas ketergantungan pasokan air bersih dari negara lain. Proyek senilai lebih 220 juta dolar Singapura atau lebih Rp 1,5 triliun ini dilengkapi galeri yang sekaligus menjadi ikon baru pariwisata Singapura .
Galeri ikon baru pariwisata Negeri Singa ini diberi nama Marina Barrage. Galeri ini adalah satu-satunya yang mengangkat tema lingkungan dan manfaatnya. Memasuki galeri, pengunjung disambut sebuah pohon rekaan yang menyimbolkan terjaganya lingkungan yang bersih dan sehat sekaligus ancaman apabila tidak merawatnya.

Spoiler for Pict:

Quote:Botol-botol plastik juga disusun sebagai peringatan perlunya daur ulang demi terjaganya bumi. Pun demikian dengan koran bekas yang mampu menjaga kelestarian hutan bila didaur ulang. Namun bagian terpenting galeri adalah replika bendungan. Bendungan sesungguhnya ada tepat di samping galeri. Dam Marina Barrage merupakan danau buatan yang dibangun dengan membendung mulut selat Marina di timur Singapura.
Air asin secara perlahan akan tergantikan oleh air hujan. Dan untuk menghindari banjir, kelebihan air dibuang ke laut dengan membuka pintu dam. Namun bila laut pasang, kelebihan air dibuang dengan pompa air. Nantinya bendungan seluas 10 ribu hektare ini akan menjadi sumber air bersih bagi Singapura sehingga tidak perlu bergantung pada negara lain

Spoiler for Pict:


Jadi begitulah Negara Singapore keluar dari krisis air yang mendera negaranya gan. Selain itu mereka juga membuat banyak Ruang Terbuka Hijau untuk wilayah resapan air. Keren ya emoticon-Belo

Spoiler for Rujukan:


emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star

Sekian dari TS semoga bermanfaat emoticon-Smilie


Komeng Menarik nih gan..
Quote:Original Posted By A-1-DA
bull sh*t....ane dulu salah satu tim dari masterplan kepri dan batam. profesi ane urban planner gan

SINGAPURA ITU AMBIL AIR DARI BERBAGAI SUMBER DARI KEPULAUAN RIAU (TERUTAMA BINTAN). ADA PIPA TERTANAM DIBAWAH LAUT MENGHUBUNGKAN SUMBER AIR DARI INDONESIA KE SINGAPURA

BIAR ORANG AWAM SEMUA TAHU...


Ditanggapi Momod ter-Ganteng se kaskus emoticon-Kiss
Quote:Original Posted By makankamus

ada perjanjian terkait beli air, bisa digoogling keppres Nomor 32 Tahun 1991

Gini Nih Caranya Singapura Keluar dari Krisis Air Bersih Gan!
di situ dijelaskan kalau Indonesia menjual air ke Singapura dengan syarat2 tertentu. Oh ya Singapura juga memiliki kerjasama perjanjian air dengan Malaysia, kalau dari threadnya TS, pemasokan air dari Indonesia masuk di point 3 berarti..air import


Nih Perjanjian Lengkap Soal Kerjasama Air Singapura-Indonesia gan..
Quote:Original Posted By jijaymonz
nih bole dibaca,

http://pustaka.pu.go.id/files/pdf/pDf_49.pdf

jelas banget emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S) emoticon-Takut (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
Wah kapan neh Indonesia niru singapuraemoticon-Matabelo
Pake ngolah air hujan emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By namakulyna
Wah kapan neh Indonesia niru singapuraemoticon-Matabelo
Pake ngolah air hujan emoticon-Matabelo


indonesia air berlebihan, jakarta tuh contohnya. tapi masalah pengolahan jadi air bersihnya yg susah emoticon-Blue Guy Peace
marina barrage keren tempatnya ganemoticon-Hammer (S)
woww keren brootttt...
Quote:Original Posted By namakulyna
Wah kapan neh Indonesia niru singapuraemoticon-Matabelo
Pake ngolah air hujan emoticon-Matabelo


di indonesia juga sdh ada gan yaitu Badan Geologi mempunyai unit Pusat Sumber Daya Air Tanah dan Geologi Lingkungan emoticon-I Love Indonesia (S)
wah, bagus gan
Negara kecil yg krisis air bisa lebih maju dari indo salute👍
bendungannya gedhe n auirnya bersih gitu ya
kapan ane bisa menginjak singapore yak emoticon-Cape d...
Kalo di mari masih nyepelein air bersih pemerintahnya
Ane di bandung dah setaun lebih kekurangan air bersih gara2 pdamnya kampret eh walikotanya malah mo bikin kolamrenang buat pon di daerah ane kampret bener
orang s'pore ga boleh bikin sumur sendiri ya gan?
emang agak lebih gampang mengatur negara yang luas dan rakyat nya sedikit...
untuk Indonesia hal seperti ini sangat susah di terapkan, kecuali aturan, penerapan, dan pengawasan di perketat...
luar biasa... Indonesia mimpi !!!
Quote:Original Posted By namakulyna
Wah kapan neh Indonesia niru singapuraemoticon-Matabelo
Pake ngolah air hujan emoticon-Matabelo


indonesia sih sebenarnya kagak kekurangan air mak gan

didaerah ane, air berlimpahemoticon-Ngakak (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
padahal ga usah mahal2 impor dri malaysia, suru aja penduduk p.jawa pada kencing tiap hari disana emoticon-Big Grin terpenuhi ko
keren banget... kpn ya indo bisa nyusul
ngiri gan. kapan Indonesia bisa kek gitu..

kan gak cukup kalo pake aer kobokan terus emoticon-Ngakak (S)
selagi korupsi masih merajalela di indonesia ga bakal kesampaian bikin gituan gan
Quote:Original Posted By mereneheze
orang s'pore ga boleh bikin sumur sendiri ya gan?

jangankan buat sumur gan..mereka aja rumah di apartemen semua, ga ada yang punya lahan pribadi emoticon-Big Grin
×