alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e58799c1cb17cd508b456c/aneka-festival-budaya-masyarakat-tionghoa
icon-hot-thread
Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa


Quote:
Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
07/03/2015
Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Terima Kasih All Kask Officer, Mimin Momod, dan ucapan terbesar untuk seluruh Kaskuser sejagad raya sekali lagi terima kasih emoticon-Kiss (S) emoticon-I Love Kaskus (S)




Quote:
MUKADIMAH
Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Budaya Tionghoa merupakan budaya yang paling kompleks dan sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia seiring dengan banyaknya orang China yang memilih untuk bermigrasi ke luar negeri. Budaya Tionghoa mencerminkan nilai luhur, kebiasaan dan bakti kepada leluhur. Meskipun budaya Tionghoa adalah salah satu kebudayaan yang paling tua di dunia, yang sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, tapi budaya Tionghoa mampu bertahan hingga saat ini. Berikut beberapa kebudayaan yang masih dibawa dan dilakukan hingga saat ini :


Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa

Quote:
Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Spoiler for :

Klik Untuk Cek Repost Ke TKP.... :travel


Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa

Quote:
Quote:
1. Festival musim semi (tahun baru Imlek)

Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Quote:
Tahun baru Imlek dirayakan bukan hanya masyarakat Tionghoa, tapi juga oleh warga pribumi dengan sangat meriah. Hiasan-hiasan khas Imlek seperti lampion, angpao, hingga barongsai sudah terlihat bahkan sebelum Imlek. Tapi Yangmuda sadar tidak, tahun baru Imlek biasanya jatuh pada bulan Januari atau februari yang identik dengan musim hujan, lalu kenapa ya Imlek justru disebut festival musim semi?

Ternyata, berdasarkan penanggalan Imlek, musim pertama adalah musim semi dari empat musim yang ada. Jadi, Imlek yang merupakan tahun baru dianggap sebagai festival musim semi.




Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa

Quote:
Quote:
2. Festival yuan Xiao (Cap Go Meh)

Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Quote:
Festival Yuan Xiao atau biasa dikenal dengan perayaan Cap Go Meh jatuh setiap tanggal 15 bulan pertama penanggalan Imlek. Sama hal nya dengan perayaan Imlek diatas, perayaan Cap Go Meh ini juga dirayakan dengan sangat meriah di beberapa negara yang tersebar di berbagai belahan dunia. Umumnya yang ada dalam Festival Cap Go Meh ini adalah disajikan pertunjukan tarian barongsai, naga (liong), atraksi beladiri wushu, pergelaran alat musik tradisional China, pertunjukan tarian khas negeri Tiongkok, dan sebagainya.

Bahkan di Indonesia, festival Cap Go Meh ini dilakukan upacara kirab atau turun ke jalan raya dengan menggotong Kio/usungan yang diisi/dimuat arca para Dewa. Bahkan, di beberapa kota di tanah air, seperti di daerah Jakarta dan di Manado, ada atraksi ‘lok thung’ atau ‘thang sin’, dimana ada seseorang yang menjadi medium perantara, dimana biasanya akan melakukan beberapa atraksi sayat lidah, memotong lengan/badannya dengan sabetan pedang dsb, dan dipercaya telah dirasuki roh Dewa/i untuk memberikan berkat bagi umatNya.




Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa

Quote:
Quote:
3. Festival Qing Ming (Ceng Beng)

Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Quote:
Festival Qing Ming adalah hari di mana masyarakat Tionghoa melakukan ziarah ke kuburan leluhurnya (orang tua, sanak family) sekalian membersihkannya dan bersembahyang di makam sambil membawa buah-buahan, kue, makanan, serta karangan bunga. Hari Ceng Beng biasanya jatuh pada tanggal 5 April kalender Masehi. Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk penghormatan (mengenang) kepada leluhur atau keluarga yang telah meninggal.



Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa

Quote:
Quote:
4. Festival Duan Wu

Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Quote:
Festival Duan Wu sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu. Hingga saat ini, ada 2 kegiatan yang terus dilakukan masyarakat Tionghoa, yakni makan Bak Chang dan perlombaan perahu naga. Salah satu asal usul dari festival Duan Wu ini adalah untuk mengenang patriot Qu Yuan yang mati bunuh diri dengan terjun ke sungai karena kecintaan dan kesetiaannya pada negara/dinasti Chu. Festival ini dilangsungkan setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek.



Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa

Quote:
Quote:
5. Festival Qi Xi

Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Quote:
Festival Qi Xi atau biasa disebut dengan merupakan festival Qi Qiao yang romantis dalam tradisi dan kebudayaan Tionghoa. Bahkan festival ini dikatakan sebagai hari valentine nya orang Tionghoa. Festival Qi Xi ini memperingati kisah romantis antara pria penggembala Niu Lang dan Zhi Nu si gadis penenun yang menurut cerita hanya dapat bertemu sekali dalam setahun. Festival ini jatuh setiap tanggal 7 bulan 7 penganggalan Imlek. Pada Malam Festival Qi Xi, gadis-gadis muda melakukan permohonan dan doa agar dapat meningkatkan keterampilan seni mereka dan juga memohon supaya mendapatkan suami yang setia dan baik serta mencintainya.



Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa

Quote:
Quote:
6. Festival Musim Gugur (Tiong Ciu)

Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Quote:
Festival musim gugur atau biasa disebut dengan Tiong Ciu Pia (makan kue pia), merupakan hari raya panen. Festival ini dirayakan setiap tanggal 15 bulan 8 penanggalan Imlek. Festival musim gugur dimulai sekitar zaman dinasti Xia dan Sheng (2000-1600 SM). Pada dinasti Zhou, rakyat merayakan dengan memuja bulan. Pada dinasti Tang, tradisi itu lebih jelas dan merakyat. Pada dinasti Song selatan (1127-1279 M), orang mulai mengirimkan kue bulan yang bergambar kelinci kepada rekan dan family sebagai simbol keutuhan keluarga.



Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa

Quote:
Quote:
7. Festival Chong Yang

Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Quote:
Festival Chong Yang jatuh setiap tanggal 9 bulan 9 penanggalan Imlek. Festival Chong Yang yang memiliki arti Panjang umur ini juga dirayakan sebagai Hari Lansia (Lanjut Usia) oleh Warga Tionghoa. ‘Chong Yang’ artinya nomor ‘Yang’ yang double, menurut kitab I Ching, angka sembilan memiliki sifat ‘Yang’. Sembilan juga merupakan angka tertinggi dari angka-angka yang lainnya, dan mempunyai bunyi yang sama dengan ‘Jiu-Jiu’ yang artinya ‘lama-lama’, jadi sering diartikan sebagai panjang umur. Festival Chong Yang yang paling ramai diselenggarakan di Hong Kong dan daratan China. Pada festival Chong Yang, orang sering berkumpul untuk berpesta bersama, menikmati bunga krisan, mendaki gunung dan makan kue spesial. Festival ini juga dikenal dengan istilah ‘double nine Festival’. Di Indonesia sendiri, Festival ini belum ada.



Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa

Quote:
Quote:
8. Festival Musim Dingin (Dong Zhi)

Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Quote:
Festival Musim Dingin jatuh setiap tanggal 22 Desember kalender masehi. Pada festival ini biasanya orang akan membuat kue onde dan memakannya bersama keluarga. Asal usul festival ini dapat ditelusuri kembali ke filsafat Tao ‘Yin dan Yang’ sebagai keseimbangan dan harmoni dalam alam semesta. Festival ini mulai dirayakan pada zaman dinasti Han (206-220 SM). Pada zaman sekarang ini festival musim dingin dirayakan dengan sangat meriah seperti di Harbin. Bahkan kota yang terletak di paling utara China ini menjadi salah satu dari tempat-tempat yang menyelenggarakan festival es dan salju di dunia.


Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa

Quote:
Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Selain festival di atas, masih ada lagi loh Yang muda perayaan budaya masyarakat Tionghoa yang masih dirayakan sampai sekarang.
Itulah beberapa Festival Budaya Masyarakat Tionghoa. Terima Kasih Untuk Para Kaskuser Telah Mengunjungi Thread ini..emoticon-I Love Kaskus (S)



Quote:
Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
[CENTER]SUMBER THREAD[/CENTER]

Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa
Aneka Festival Budaya Masyarakat Tionghoa

Quote:Original Posted By Badvriel
banyak ya dimari..kalo disini selain imlek paling buat onde ama beberapa budaya lain


Quote:Original Posted By fadlifuad
ane paling suka imlek sama cap go meh bang, kalok ditempat ane di medan meriah kali bang. ane suka liat barongsai, dan paling ane tunggu2 cap gomeh itu bang.. mercon/kembang api ga habis22 mantaplah bang. emoticon-Malu (S) jadi kangen medan bang.

Quote:Original Posted By kacamatapecah
tiong hoa emang kaya akan tradisi dan budaya
Gak pernah ngikut festival2 gan emoticon-Hammer (S)
kota wisata rame nihh
Festival musim dingin gak pernah ada di Indonesia Gan?? hahaaha emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
Kalo di indonesia festival musim hujan kali ya gan?
meriah banget gan , jadi pengen ikut ngerayain haha lumayan hunting foto foto event begitu
Banyak banget yah budaya di indonesia
festival taichi master
calon HT lagi nih kyknya ya gan... skalian numpang mejeng di pejwan ya gan...emoticon-Shakehand2
Pasti seru banyak hari festivalnya gtu
Festival budaya nya keren juga ya emoticon-Big Grin emoticon-Belo
Keren gan tritnya, baru tau ane & nambah ilmu lagi.
Ane doain HT gan.!!!

emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
banyak ya dimari..kalo disini selain imlek paling buat onde ama beberapa budaya lain
kaga penting buat gua
Quote:Original Posted By sakura.miyawaki
kaga penting buat gua


emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By sakura.miyawaki
kaga penting buat gua

ente juga ga penting buat kita emoticon-Ngakak
Di bandng klo imlek buset rame bgt gan di jalan
Quote:Original Posted By clecofast
Di bandng klo imlek buset rame bgt gan di jalan


Wahh.. kayanya seru juga liat imlek di bandung ya gan...
wedang ronde enak tuh gan emoticon-thumbsup