alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e478789e740461758b4567/inikah-bentuk-kejujuran-masyarakat-dan-polisi-jepang
Inikah Bentuk Kejujuran Masyarakat dan Polisi Jepang ?
Rasanya tidak ada orang di dunia ini yang tidak pernah kehilangan sesuatu. Bayangkan misalnya kalian sedang menghadiri konser musik atau sedang berada di tempat keramaian. Setelah beberapa saat kalian menyadari bahwa dompet kalian telah hilang, apa yang kalian lakukan sesudahnya ? Mungkin kalian akan menyusuri kembali jalan yang kalian lewati dengan perasaan pasrah.

Tapi lain halnya jika kalian sedang berada di Jepang, karena jika dompet hilang, kalian hanya perlu pergi ke satu tempat bernama kantor polisi atau koban.

Di Jepang, tampaknya ada semacam budaya untuk menyerahkan benda hilang yang ditemukan ke kantor polisi terdekat. Sebuah fakta menakjubkan mencatat bahwa pada tahun 2014 lalu, uang tunai hilang yang diserahkan ke kantor polisi di sekitar Tokyo mencapai total lebih dari 3,3 miliar yen atau pada saat tulisan ini dibuat setara dengan 356 miliar rupiah (belum termasuk harta benda bukan uang). Sebuah hal yang hampir mustahil ditemukan di negara lain.

Inikah Bentuk Kejujuran Masyarakat dan Polisi Jepang ?

Setiap tahunnya, Kantor polisi di sekitar Tokyo menghitung jumlah uang tunai dan barang-barang yang hilang lainnya yang diserahkan ke kantor polisi. Jumlah uang ini terus meningkat selama lima tahun terakhir dan pada tahun 2014 kemarin, Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo melaporkan angka ¥ 3.300.000.000 sebagai rekor tertinggi.

Inikah Bentuk Kejujuran Masyarakat dan Polisi Jepang ?

Angka mengejutkan ini merupakan akumulasi dari jutaan kasus barang hilang yang masuk kantor polisi. Dari jumlah 3,3 miliar ini, 2,4 miliar yen berhasil kembali kepada pemilik yang sah yang entah dihubungi oleh polisi secara langsung atau yang langsung pergi ke kantor polisi. Di Jepang, polisi akan memegang barang yang hilang selama tiga bulan, dan jika tidak ada yang melakukan klaim atas barang itu, penemu bisa memiliki barang itu. Bahkan dalam kasus-kasus di mana pemilik sudah ditemukan, penemu masih bisa mengklaim 5% sampai 20% sebagai hadiah. Dalam sebagian besar kasus lainnya, terdapat penemu yang memutuskan untuk menyumbangkannya ke polisi ketika pemilik yang sah tidak tertemukan.


Barang-barang selain uang yang diserahkan ke kantor polisi antara lain berupa 560.000 syal dan barang lainnya yang berhubungan dengan pakaian, 400.000 payung, 340.000 kartu kredit dan kartu identitas lainnya, 310.000 kartu IC dan dan kartu prabayar lainnya dan juga binatang.

Fenomena kantor polisi ini sebenarnya bukan hal yang baru untuk Jepang dan mungkin untuk beberapa dari kalian karena kejadian semacam ini dapat ditemukan dalam film Jepang atau anime. Tapi yang menjadikannya luar biasa adalah bagaimana kesadaran para penemu barang-barang yang hilang tersebut untuk menyerahkannya pada kantor polisi dan kemudian barang tersebut disimpan dalam jangka waktu tertentu hingga pemiliknya ditemukan.

====================================================================

Indonesia kayak gini enak yah emoticon-Big Grin

Sumber
semoga indonesia kedepan nya kaya gini ya tapi tergantung masyarakat nya juga sih gan di tilang aja lebih baik nego di banding dapet surat tilang emoticon-Ngakak
di jepang memang warganya sudah tertib , banyak yg jujur juga
harus ditiru indonesia nih
kalo disini mah mending diembat sendiri gan dari pada dikasih ke polisi atau orang lain... emoticon-Cape d... (S)
emang ajib dah kesadaran orang jepang emoticon-Jempol
keren gan, orang2 yg ngembaliin uang temuan

tapi kok jumlahnya bisa banyak bnget emoticon-Matabelo

Semua tergantung masyarakatnya jg. Di indonesia orng berbuat jujur aja malah di anggap aneh. 2 hal yg prnh ane ingat masalah kejujuran.
1. pas Ibu ane ngambil uang & trnyata kelebihan 10jt dari bank ibu ane balik lg dari rumah ke bank & orang2 bank malah terbengong2.
2. ane sendri pas makan di tempat langganan pas mesan yg sama tp harganya beda ane lngsung bayar kekurangan bayaran kmrn pas makan & orng warung pd bengong.

Itu salah satu fakta nyata sudah langkanya orng berbuat jujur.

PS : Ane bersyukur kedua ortu ane ngajarin jujur dari kecil walau itu nyakitin diri kita sendiri.
Kesadaran masyarakat di jepang tu dah dibilang bagus bgt, trus aturan2 dr negara pun dilaksanakan dgn baik

Semoga masyarakat kita bisa meniru hal seperti itu walau dirasa tidak mungkin emoticon-Sorry
Ane malah kemaren ada yg salah transfer ke rek BC* ane....ane sampai tadi siang masih nunggu....siapa yg salah transfer ke rek ane....alhamdulillah...ada yg telpon dan kasih bukti..ane transfer balik lagi
indonesia bisa kaya gini 100 thun lg gan.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Elys1oN
Semua tergantung masyarakatnya jg. Di indonesia orng berbuat jujur aja malah di anggap aneh. 2 hal yg prnh ane ingat masalah kejujuran.
1. pas Ibu ane ngambil uang & trnyata kelebihan 10jt dari bank ibu ane balik lg dari rumah ke bank & orang2 bank malah terbengong2.
2. ane sendri pas makan di tempat langganan pas mesan yg sama tp harganya beda ane lngsung bayar kekurangan bayaran kmrn pas makan & orng warung pd bengong.

Itu salah satu fakta nyata sudah langkanya orng berbuat jujur.

PS : Ane bersyukur kedua ortu ane ngajarin jujur dari kecil walau itu nyakitin diri kita sendiri.


Nyakitin gimana gan ?
Quote:Original Posted By lacumo


Nyakitin gimana gan ?


Tidak semua perbuatan baik/kejujuran di hargai oleh orang lain, apalagi di Indonesia yg kebiasaan masyarakatnya lebih bnyk menghalalkan yg salah saat tak ada aparat yg jaga dan marah pas di kasih tahu yg benar.

Contoh dari cerita teman aq di Jakarta bnyk pengendara motor rame2 lewat jalur dgn berlawanan arah. Nah dia ngingatin yg plng depan klo mereka pd ngelawan arus & nyusahin orang. Yg ada malah dia yg kena semprot orng bnyk yg melawan arus jalan itu.

Itulah sulitnya kadang menjadi orng jujur di Indonesia. Gak ada yg ngehargai krn kebanyakan masyarakat Indonesia sendiri lebih bnyk menghalalkan perbuatan salah yg mereka buat.
Quote:Original Posted By Elys1oN


Tidak semua perbuatan baik/kejujuran di hargai oleh orang lain, apalagi di Indonesia yg kebiasaan masyarakatnya lebih bnyk menghalalkan yg salah saat tak ada aparat yg jaga dan marah pas di kasih tahu yg benar.

Contoh dari cerita teman aq di Jakarta bnyk pengendara motor rame2 lewat jalur dgn berlawanan arah. Nah dia ngingatin yg plng depan klo mereka pd ngelawan arus & nyusahin orang. Yg ada malah dia yg kena semprot orng bnyk yg melawan arus jalan itu.

Itulah sulitnya kadang menjadi orng jujur di Indonesia. Gak ada yg ngehargai krn kebanyakan masyarakat Indonesia sendiri lebih bnyk menghalalkan perbuatan salah yg mereka buat.



iya sih itu karena didikan dari lingkungan sekitarnya juga begitu, walau begitu yang pasti tidak boleh kapok berbuat jujur.. toh dengan berbuat jujur = menambah amal
Kesadaran masyarakat di jepang tu dah dibilang bagus bgt, trus aturan2 dr negara pun dilaksanakan dgn baikSemoga masyarakat kita bisa meniru hal seperti itu walau dirasa tidak mungkin
×