alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e459325a51637b528b4579/kreatif-manfaatkan-dedauanan
Kreatif Manfaatkan Dedauanan
Spoiler for gambar:


Mengolah sampah dedaunan menjadi aneka aksesori menarik. Murah meriah, pas untuk bisnis sampingan.

Di tangan orang kreatif, sampah dedaunan pun bisa menjadi karya unik. Mahindra Dewi Nur Aisyah (21) memproduksi gantungan kunci, kalung, gelang, bros dan cinderamata yang berasal dari bahan-bahan dedaunan, biji-bijian, ranting, dan bunga-bunga.

Bukan tanpa alasan jika Mahindra memiliki ide memanfaatkan dedaunan di sekitar. Sebagai mahasiswi fakultas pertanian, ia memang akrab dengan benda-benda itu.

“Sering bergelut dengan tanaman dan serangga, sehingga muncul inspirasi untuk mengawetkan bagian-bagian tanaman seperti daun yang sekiranya memiliki nilai estetika tinggi,” katanya. Aneka kreasinya ia beri merek Filostik.

Keserius Mahindra menjadikan keterampilannya sebagai bisnis berawal pada tahun 2014. Kala itu ia juga mendaftarkan idenya pada Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) yang diadakan Universitas Brawijaya, tempatnya berkuliah.

“Kebetulan lolos PMW juga, terus dapat bantuan dana juga 7 juta rupiah,” katanya.

Menurut Mahindra, dedaunan memiliki nilai seni dan keindahan yang tersembunyi. Tapi untuk menjadikan helaian daun menjadi karya yang unik, butuh ketelatenan.

Mula-mula bahan yang telah terkumpul dibersihkan dan dibalut dengan resin. Perlu disiapkan pula katalis resin dan akrilik yang nantinya akan membungkus helai daun. Daun atau bagian tanaman lain dibersihkan dari kotoran kemudian dicetak.

Cetakan bisa disesuaikan dengan bentuk dan ukuran dari bahan dasar. Setelah didiamkan selama beberapa jam, bahan dasar yang telah dicetak akan terbentuk. Produk kemudian disortir, kemudian dikemas.

Dalam pengerjaan, Indra dibantu oleh 3 orang teman yang dibagi dalam 3 bagian. Bagian produksi yang mengolah bahan sampai siap dipasarkan, bagian keuangan yang mengelola administrasi seperti biaya masuk dan keluar, dan seorang lagi mengurus tenaga produksi borongan jika pesanan melimpah.

Dalam sebulan, Filostik baru sanggup memproduksi 200 hingga 400 pieces. Produk-produknya dimintasi berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, pecinta alam, kolektor serangga, hingga masyarakat umum. Peminat pun berasal dari berbagai kota seperti Malang, Ponorogo, Nganjuk, Blitar, Hingga Bali.

“Ada berbagai macam pesanan skala kecil dan besar. Skala kecil pemesanan secara personal. Skala besar seperti seminar maupun pernikahan. Jumlahnya tergantung yang diinginkan pemesan, biasanya lebih dari 100 buah,” ujarnya.

Produk Filostik ditawarkan mulai dari harga terendah Rp 4.000 hingga termahal Rp 35.000. Dari bisnis ini, Indra bisa meraup omzet hingga 3 juta rupiah per bulan. Ia mengaku masih pelan-pelan dalam mengembangkan bisnisnya. Apalagi dalam sela-sela mengelola Filostik, ia juga disibukkan dengan kuliah.

Update Pict


Spoiler for update pict 1:


Spoiler for update 2:


Spoiler for update 3:


sumber
gambarnya ngak keluar gan emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By alhambra.books
gambarnya ngak keluar gan emoticon-Bingung


iya gan ane juga bingung cara masukin gambarnya emoticon-Bingung
gambare ora metu gan
Quote:Original Posted By alhambra.books
gambarnya ngak keluar gan emoticon-Bingung


Quote:Original Posted By tomech
gambare ora metu gan


udah nongol tuh gan, baru tau ane caranya
kalo pictnya ndak di upload , mau sampe bumi ini jadi kotak juga ndak bakalan muncul pictnya emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By flavia99
kalo pictnya ndak di upload , mau sampe bumi ini jadi kotak juga ndak bakalan muncul pictnya emoticon-Hammer2


udah nongol itu gan, gambarnya kedean makanya gak nongol-nongol, baru ane resize tadi


baru tau ternyata kaskus yang baru bikin mata sakit, pala pusing, semoga ada perubahan
keren bin kreatif gan emoticon-Big Grin
waah kreatif banget idenya emoticon-Matabelo
bisa dicoba nih
Quote:Original Posted By RR7MR
keren bin kreatif gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By airumy
waah kreatif banget idenya emoticon-Matabelo
bisa dicoba nih


Ayo gan buat yang lebih kreatif lagi, persiapan juga menghadapi MEA gan, ekonomi kreatif harus digalakkan!
eh ini posting berita ginian di lounge gak ngelanggar aturan kah. kalo salah mohon ditegor atau dipindahkan ya mod, min, dan agan atau aganwati emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By cisontroy
eh ini posting berita ginian di lounge gak ngelanggar aturan kah. kalo salah mohon ditegor atau dipindahkan ya mod, min, dan agan atau aganwati emoticon-Bingung


aman kok gan emoticon-Big Grin
kalo pictnya ndak di upload , mau sampe bumi ini jadi kotak juga ndak bakalan muncul pictnya. eh ini posting berita ginian di lounge gak ngelanggar aturan kah. kalo salah mohon ditegor atau dipindahkan ya mod, min, dan agan atau aganwati
dijadiin topi gan, biar jadi peter panemoticon-2 Jempolemoticon-Ngakak
Wihh keren.. bisa jadi inspirasi buat lainnya juga kali aja mau kaya gitu .. memanfaatkan barang tak guna dan menghasilkan uang..hhe
. Quote: gambarnya ngak keluar gan

Quote:tomech gambare ora metu gan

udah nongol tuh gan, baru tau ane caranya
Wihh keren.. bisa jadi inspirasi buat lainnya juga kali aja mau kaya gitu .. memanfaatkan barang tak guna dan menghasilkan uang..hhe