alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e4478e582b2e6e7b8b456e/bukan-hanya-samad-budi-gunawan-juga-memalsukan-dokumen
Bukan hanya Samad, Budi Gunawan juga memalsukan dokumen
Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2015/0...Penelusurannya

TEMPO.CO, Jakarta - Komisaris Jenderal Budi Gunawan diduga menggunakan kartu tanda penduduk palsu untuk membuka rekening. Rekening tersebut diduga dipakai untuk aliran dana suap mutasi jabatan dan perlindungan pelaku kriminal.

Berdasarkan penelusuran majalah Tempo edisi 25 Januari 2015, Budi menggunakan KTP dengan nama Gunawan untuk membuka rekening di BCA dan BNI Warung Buncit pada 5 September 2008. Dalam KTP tersebut, tercatat alamat Jalan Duren Tiga Selatan VII Nomor 17A, RT 10 RW 02, Kelurahan Duren Tiga, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Meski tak mencantumkan pekerjaannya, “Gunawan” menyetor masing-masing Rp 5 miliar ke dua rekening baru itu. Asal dana berasal dari “Gunawan” yang lain: Budi Gunawan--ketika itu menjabat Kepala Kepolisian Daerah Jambi berpangkat brigadir jenderal. Yang membuat penyelidik tersenyum, menurut seorang aparat penegak hukum, “Foto ‘Gunawan’ di kartu tanda penduduk adalah foto Budi Gunawan.”

Komisi Pemberantasan Korupsi mencurigai aneka transaksi itu merupakan bagian dari suap dan gratifikasi kepada Budi Gunawan. Budi Gunawan pun ditetapkan sebagai tersangka pada 13 Januari 2015, kurang dari sepekan setelah diajukan Presiden Joko Widodo menjadi calon tunggal Kepala Kepolisian Republik Indonesia ke Dewan Perwakilan Rakyat.

Hampir lima tahun lalu, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan menyerahkan temuan transaksi mencurigakan ini ke Mabes Polri. Dengan gaji resmi sekitar Rp 7 juta, Budi diduga menerima miliaran rupiah di rekeningnya pada periode yang cukup lama. Apalagi dia menutup rekeningnya tak lama setelah dana dipindahkan.

Tempo menelusuri kembali alamat “Gunawan” yang dipakai untuk membuka rekening. Alamat itu merujuk ke rumah kontrakan yang disewakan Rp 2,2 juta per bulan. Jika disewa per malam, tarifnya Rp 400 ribu. Pada 2008, polisi anggota staf pribadi Budi Gunawan yang banyak terlibat dalam transaksi bosnya tersebut tinggal di tempat itu. ”Dia pindah tiga tahun lalu,” kata Rizal Fahlefi, penjaga kontrakan.

Penduduk yang tinggal di sekitarnya mafhum belaka pemilik Wisma Lestari yang terdiri atas 20 kamar itu adalah Budi Gunawan, terakhir menjabat Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri berpangkat komisaris jenderal. Menurut Rizal, sejak staf pribadi Budi Gunawan tak lagi tinggal di sana, banyak petugas bank datang mencarinya.

Saat uji kelayakan dan kepatutan di Dewan Perwakilan Rakyat pada 14 Januari 2015, Budi Gunawan mengatakan sudah transparan melaporkan harta dan cara memperolehnya. Budi Gunawan mengutip laporan penyelidikan Badan Reserse Kriminal Polri, yang menyatakan transaksi di rekening-rekeningnya wajar dan legal. “Tak ada yang ditutupi atau direkayasa,” kata Budi Gunawan. Soal KTP "Gunawan" palsu ini, Budi belum berhasil dimintai komentar.
Quote:Original Posted By greentea41
Yg boneng gan tu berita nya


Yang jelas, beritanya dari Tempo sih. Media nasional lho..
akan semakin seru ini pertarungan Samad vs Gunawan emoticon-Ngakak (S)

masih lanjut aja nih tarungnya

kagak heran ane
kalo dicari2 kesalahannya, ane yakin kita semua jg pasti pernah bikin salah
contohnya aja, pas ada tilang ato razia, minimal kan pasti ada "damai" padahal kalo dilihat pasalnya itu termasuk perkara pidana lho gan
karena termasuk sebagai kategori menyuap petugas, nah ayo agan n sista pasti pernah kan ngasih "damai"ke petugas..hayooo...
cuman memang perkara yg disangkakan kepada komisioner KPK adalah sebuah settingan yang disengaja n dicari-cari aja sama oknumemoticon-Ngakak (S) n implikasinya terhadap bangsa ini sangat kecil.
sedangkan permasalahan yg dihadapi BG menyangkut uang milyaran yg terkait dengan tugas dan jabatan beliau sebagai jenderal, jelas-jelas power abuse!
gak heran BANYAK OKNUM MAIN SABET DIPINGGIR JALAN... 50REBU jadi... wkwkwkwkwk... dari pada pusing2 ngurus ke pengadilan... tmn ane kena razia malam minggu lalu, kasi 50rebu berees... intinya yg atasnya aja BEGONO... yg bawahan dah gak usah kaget lagi dah kl sm aja... DIUSUT sampe tuntas asal kuat mental tu KPK... Salut gua... feeling gua SI AS bakalan nyusul mantan ketua KPK kita di BUI... emoticon-Ngakak (S) entah mau menggunakan kasus apa...
gelar tiker sambil bawa kacang... nonton cicak vs buaya... wasit nya begok nih cuman polnga-plongo...
Quote:Original Posted By dandyes
kagak heran ane
kalo dicari2 kesalahannya, ane yakin kita semua jg pasti pernah bikin salah
contohnya aja, pas ada tilang ato razia, minimal kan pasti ada "damai" padahal kalo dilihat pasalnya itu termasuk perkara pidana lho gan
karena termasuk sebagai kategori menyuap petugas, nah ayo agan n sista pasti pernah kan ngasih "damai"ke petugas..hayooo...
cuman memang perkara yg disangkakan kepada komisioner KPK adalah sebuah settingan yang disengaja n dicari-cari aja sama oknumemoticon-Ngakak (S) n implikasinya terhadap bangsa ini sangat kecil.
sedangkan permasalahan yg dihadapi BG menyangkut uang milyaran yg terkait dengan tugas dan jabatan beliau sebagai jenderal, jelas-jelas power abuse!


Biasa lah gan di Indonesia. Power abuse emang udah dari dulu. Tni menindas polisi, polisi menindas rakyat, rakyat ditindas tni, itu udah sering banget ditemuin di kehidupan sehari2. Hidup senjata,,, kalo rakyat boleh punya senjata sperti di US misalnya, apa masih berani mereka sm rakyat ya,,?
pukulan balasan buat BG emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By machanto
gak heran BANYAK OKNUM MAIN SABET DIPINGGIR JALAN... 50REBU jadi... wkwkwkwkwk... dari pada pusing2 ngurus ke pengadilan... tmn ane kena razia malam minggu lalu, kasi 50rebu berees... intinya yg atasnya aja BEGONO... yg bawahan dah gak usah kaget lagi dah kl sm aja... DIUSUT sampe tuntas asal kuat mental tu KPK... Salut gua... feeling gua SI AS bakalan nyusul mantan ketua KPK kita di BUI... emoticon-Ngakak (S) entah mau menggunakan kasus apa...



Yoi gan, selalu ada aja cara Polri buat jatuhin KPK
Padahal ketua KPK yg dulu bagus, Ehh malah ngebunuh orang karna wanita yang tak seberapa emoticon-Ngakak (S)
Quote:Original Posted By dandyes
kagak heran ane
kalo dicari2 kesalahannya, ane yakin kita semua jg pasti pernah bikin salah
contohnya aja, pas ada tilang ato razia, minimal kan pasti ada "damai" padahal kalo dilihat pasalnya itu termasuk perkara pidana lho gan
karena termasuk sebagai kategori menyuap petugas, nah ayo agan n sista pasti pernah kan ngasih "damai"ke petugas..hayooo...
cuman memang perkara yg disangkakan kepada komisioner KPK adalah sebuah settingan yang disengaja n dicari-cari aja sama oknumemoticon-Ngakak (S) n implikasinya terhadap bangsa ini sangat kecil.
sedangkan permasalahan yg dihadapi BG menyangkut uang milyaran yg terkait dengan tugas dan jabatan beliau sebagai jenderal, jelas-jelas power abuse!


Betul, Gan. Makanya jadi aneh kalau kasus paspor palsu Samad jadi senjata buat nyingkirin dia. Secara kalau dilihat dari polemik yang lagi seru soal Kapolri ini kan masalah besar, gak sebanding dengan urusan paspor. Terkesan mengada-ada.