alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e3dd25a4cb17d6348b4570/penulis-yang-mengisahkan-petualangan-sherlock-holmes-selain-sir-arthur-conan-doyle
Penulis yang Mengisahkan Petualangan Sherlock Holmes Selain Sir Arthur Conan Doyle
PEMBUKAAN
Penulis yang Mengisahkan Petualangan Sherlock Holmes Selain Sir Arthur Conan Doyle
Kenal sama foto di atas? Bagaimana jika saya bilang penulis kisah SHERLOCK HOLMES sang detektif yang terkenal itu? Yup… SIR ARTHUR CONAN DOYLE
Beliau adalah sang ‘maestro’ kisah Sherlock Holmes yang sangat melegenda.
Ada beberapa fakta menarik mengenai kakek SIR ARTHUR CONAN DOYLE

- Beliau ‘menyudahi’ kisah petualangan Sherlock Holmes lewat kisah pertarungan dengan Moriarty, tapi banyak bermunculan protes dari penggemar Sherlock, sehingga dibuat lagi kisahnya lewat ‘The Return Of Sherlock Holmes’.
- Sebenarnya Beliau Menulis berbagai karya yang lain, misalnya sejarah,dan puisi. Tapi ‘kurang peminat’, tetap yang tersohor itu ya Sherlock Holmes.
- Tokoh Sherlock Holmes diciptakan SIR ARTHUR CONAN DOYLE terinspirasi dari dr. Joseph Bell yang menjadi atasannya saat bekerja di Royal Infirmary of Edinburgh, Skotlandia. Seperti Holmes, Bell dikenal dapat menarik banyak kesimpulan hanya dengan sedikit observasi. Akan tetapi, beberapa tahun kemudian, Bell menulis surat kepada Doyle yang isinya antara lain: "Kau sendirilah Sherlock Holmes dan kau tahu itu." Sir Henry Littlejohn, dosen Kedokteran Forensik dan Kesehatan Masyarakat di Royal College of Surgeons, juga dianggap sebagai sumber inspirasi tokoh Holmes. Littlejohn bekerja sebagai dokter bedah kepolisian dan petugas medis di Edinburgh yang memberikan jalan bagi Doyle untuk menghubungkan pemeriksaan medis dengan pemecahan kasus
- Tau gak? SIR ARTHUR CONAN DOYLE juga pernah memecahkan kasus di dunia nyata lho…!! ditulis di buku Beyond Sherlock Holmes
Spoiler for Buku Beyond Sherlock Holmes:

Kesohoran SHERLOCK HOLMES lagi-lagi membuat para penulis haus ingin membuat kisah-kisah lain SHERLOCK HOLMES, entah disandingkan dengan tokoh lain, atau dibuatkan kisah baru SHERLOCK HOLMES. Siapa sajakah para penulis yang mengisahkan petualangan SHERLOCK HOLMES selain SIR ARTHUR CONAN DOYLE ? lets roll…..
PERTAMA
Quote:The Boy Sherlock Holmes oleh Shane Peacock
Penulis yang Mengisahkan Petualangan Sherlock Holmes Selain Sir Arthur Conan Doyle
Spoiler for Shane Peacock:

Ini adalah kisah Sherlock Holmes muda, tapi kelihatannya tidak sinkron dengan Sherlock Holmes dewasa.Sherlock Holmes adalah anak kedua dari tiga bersaudara.Ayahnya bernama Wilber Holmes,ia seorang yahudi dan sangat jenius.Ia sangat menyukai ilmu tentang burung.Ia bercita-cita ingin menjadi profesor tapi cita-cita itu kandas.Ibunya bernama Rose Sherrinford,ia adalah seorang bangsawan. Pernikahan mereka tidak disetujui,karena Wilber Holmes adalah seorang yahudi.Tetapi Wilber Holmes dan Rose Shenrrinford nekat,mereka nekat kimpoi lari.Karena hal itu,Rose Sherrinford tidak diakui di keluarga Sherrinford.Mereka berdua akhirnya hidup di dalam kemiskinan,mereka lalu memilih flat (semacam kontrakan) di kawasan Southwark,selatan Sungai Thames.
seri The Boy Sherlock Holmes
1. The Boy Sherlock Holmes: Eye of The Crow
2. The Boy Sherlock Holmes: Death In The Air
3. The Boy Sherlock Holmes: Vanishing Girl
4. The Boy Sherlock Holmes: The Secret Fiend (belum terbit dalam Bahasa Indonesia)
5. The Boy Sherlock Holmes: The Dragon Turn (belum terbit dalam Bahasa Indonesia)
6. Becoming Holmes: The Boy Sherlock Holmes, His Final Case (belum terbit dalam Bahasa Indonesia)

KEDUA
Quote:Sherlock Holmes dan Laskar Jalanan Baker Street oleh Tracy Mack dan Michael Citrin
Penulis yang Mengisahkan Petualangan Sherlock Holmes Selain Sir Arthur Conan Doyle
Spoiler for Tracy Mack dan Michael Citrin:
Dalam memecahkan kasus, Sherlock Holmes pernah meminta bantuan terhadap beberapa anak jalanan. Alasan Sherlock Holmes memperkerjakan mereka adalah kerena mereka bisa pergi kemana saja tanpa menimbulkan kecurigaan orang-orang yang sedang diincar Sherlock Holmes. Tapi kehadiran mereka sangat sedikit dari beberapa kisah petualangan Sherlock Holmes. Nah, itulah yang mendorong sepasang suami istri dari New York City ini, untuk membuat buku yang fokus ceritanya banyak menampilkan duet Sherlock Holmes dengan beberapa anak jalanan atau biasa dipanggil Laskar Jalanan Baker Street.
Eh, tau kan detektif cilik di detective conan ? itu lho si Conan, Genta, Haibara, Ayumi dan Mitsuhiko, mereka terinspirasi dari Laskar Jalanan Baker Street lho
seri Sherlock Holmes dan Laskar Jalanan Baker Street
1. Sherlock Holmes dan Laskar Jalanan Baker Street : Misteri Kematian Bintang Sirkus
2. Sherlock Holmes dan Laskar Jalanan Baker Street :Teka-Teki Kasus Pemanggilan Arwah
3. Sherlock Holmes dan Laskar Jalanan Baker Street : Penculikan Watson
4. Sherlock Holmes dan Laskar Jalanan Baker Street : Pertarungan Terakhir

KETIGA
Quote:Sherlock Holmes Vs Archy Stillman oleh Mark Twain
Penulis yang Mengisahkan Petualangan Sherlock Holmes Selain Sir Arthur Conan Doyle
Spoiler for Mark Twain:

Novel ini terbagi dalam dua bagian dengan perkara yang sama, yaitu balas dendam. Bagian pertama menceritakan seorang perempuan dan anaknya yang merencanakan ingin membalas dendam atas perlakuan ayah anak tersebut. Ayahnya telah berbuat kejam dengan menyiksa dan membuat ibunya menderita. Sementara itu, bagian kedua menceritakan pemecahan kasus kematian salah satu warga di sebuah lokasi kamp pertambangan. Dalam cerita bagian kedua ini, Sherlock Holmes ditantang seorang detektif amatir sehubungan dengan kekuatan analisis penyelidikannya.

KEEMPAT
Quote:Sherlock Holmes Versus Kapten Kidd: Misteri Kapten House Boat oleh John Kendrick Bangs
Penulis yang Mengisahkan Petualangan Sherlock Holmes Selain Sir Arthur Conan Doyle
Spoiler for John Kendrick Bangs:

Sherlock Holmes, detektif terkenal asal Inggris, juga salah satu ikon detektif dalam dunia fiksi. Kapten Wiliam Kidd, bajak laut terkenal asal Skotlandia, salah satu bajak laut legendaris. Lalu keduanya bertemu, dalam sebuah kasus pencurian kapal House Boat oleh Kapten Kidd. Holmes menyelidikinya, dalam sebuah kisah menarik.
Tapi John Kendrick Bangs meramu novelnya ini tak hanya berpusat pada dua tokohnya saja. Kita akan menjumpai berbagai tokoh sejarah dalam buku ini, dari nabi Nuh, sampai ke Napoleon Bonaparte dihadirkan. Dan legenda bajak laut pun dihadirkan tak hanya Kapten Kidd, tapi juga Henry Morgan dan Abeuchapeta.
Kisah dimulai ketika kumpulan arwah terkenal kehilangan kapal House Boat yang juga di dalamnya terdapat istri-istri belaka. Arwah tokoh-tokoh tersebut berdiskusi menganai pentingnya menyelamatkan istri-istri mereka. Dan Holmes menemukan sebuah kunci ke mana House Boat dilarikan dan siapa yang melakukan usaha penculikan ini. Dengan analisisnya dia menjadi pimpinan kapal penyelamat.
Sementara Kapten Kidd tak menyadari, bahwa di kapal yang dia curi, masih terdapat istri-istri dari tokoh terkenal tersebut dan beberapa tokoh wanita tersebut.

KELIMA
Quote:Sherlock, Lupin & Aku
Penulis yang Mengisahkan Petualangan Sherlock Holmes Selain Sir Arthur Conan Doyle
yang dimaksud 'aku' dalam novel ini adalah si Irene Adler. penulis buku ini dikatakan adalah Irene Adler TS belum tau jelas apakah memang benar begitu. karena tokoh Irene Adler adalah tokoh rekaan.
Buku kali ini menceritakan tiga tokoh buatan dua penulis, yakni Sir Arthur Conan Doyle, dengan Sherlock dan Irene-nya, beserta Maurice Leblanc, dengan Lupin-nya. Hampir semua orang kenal Sherlock, detektif cerdas, brilian dan mengagumkan, dan Irene Adler, wanita kuat nan sedikit pemberontak yang bisa dengan mudahnya melumpuhkan kecemerlangan Sherlock, atau paling tidak menandinginya. Banyak juga yang berkata kalau tandingan yang pas untuk dihadapi Sherlock, selain Moriarty–sang musuh utama, adalah Lupin, pencuri licin yang penuh muslihat. Bahkan penulis Lupin, Maurice Leblanc, pun membuat pembandingan itu. Dan, kini, buku ini mempersatukan ketiganya dalam suatu series detektif remaja yang menegangkan!
seri Sherlock, Lupin & Aku
Sherlock Lupin & Aku 1 : Kawanan Si Nyonya Hitam
Sherlock, Lupin & Aku 2 : Babak Terakhir Drama Opera
Sherlock Lupin & Aku 3 : Misteri Mawar Merah
Sherlock Lupin & Aku 4 : Sobekan Peta Misterius

KEENAM
Quote:Sherlock Holmes vs Arsene Lupin oleh Maurice LeBlanc
Penulis yang Mengisahkan Petualangan Sherlock Holmes Selain Sir Arthur Conan Doyle
Spoiler for Maurice LeBlanc:

Dalam buku ini, Maurice Leblanc mempertemukan dua tokoh fiksi kenamaan tersebut. Keduanya mengadu kecerdikan dan kecerdasan dalam memecahkan kasus-kasus yang terjadi di Prancis.

Seorang bangsawan Prancis yang merasa kelimpungan setelah harta berharganya raib dicuri Arsene Lupin, memutuskan untuk mendatangkan sang detektif terkenal dari Inggris, untuk membantu menemukan kembali benda berharga tersebut. Tentu, Arsene Lupin tidak diam saja. Dia bahkan menyambut Sherlock Holmes dengan berbagai kejutan yang tak terduga. Keduanya pun saling mengerahkan segenap kemampuan yang mereka miliki. Bukan hanya demi benda berharga tersebut, melainkan juga demi gengsi dan nama besar masing-masing.

Hal yang menarik, Maurice Leblanc sering kali menampilkan sosok Sherlock Holmes sebagai "English Man" yang terlalu percaya diri dan penuh keyakinan bahwa dia tak terkalahkan. Nyatanya, Lupin berhasil memperdayanya, bahkan menjadikannya objek penderita dalam jebakan-jebakan konyol yang mengundang tawa.
Eh, pertarungan Shinichi Kudo vs Kaito Kid yang biasa kita liat di komik,atau pun anime terinspirasi dari ini lho

KETUJUH
Quote:Young Sherlock Holmes oleh Andrew Lane
Penulis yang Mengisahkan Petualangan Sherlock Holmes Selain Sir Arthur Conan Doyle
Spoiler for Andrew Lane:

Bercerita ketika holmes masih muda, ketika berumur 14 tahun, dimana rasa keingintahuannya sangat tinggi akan sesuatu. kemampuan mengamatinya yang didapatkan dari mentornya, yang pada buku ini adalah seorang imigran dari amerika, amysus crowe. crowe mengajarkan kepada holmes muda mengenai teknik deduksi dengan hanya melihat kondisi fisik dari seseorang, seperti cara berpakaian, gaya rambut, bentuk kulit, dan masih banyak lagi yang lainnya. selain itu, kemampuan bermain violinnya yang baru dimiliki juga di eksplorasi.

pada buku ini, kasus yang terjadi adalah tuduhan pembunuhan ruang tertutup yang dilakukan oleh kakak dari holmes sendiri, mycroft. petualangan demi petualangan, yang dalam hal ini lebih mengarah kepada sisi "action" daripada sisi permainan deduksi seorang detektif. dan pada buku ini juga, kisahnya lebih banyak memuat tentang orang lain daripada sang detektif muda sendiri. namun, ending yang mengejutkan dengan trik dan kisah yang saling berkaitan tetap saja menjadi hal yang membuat penasaran pada buku ini. salah satu ciri sebuah cerita detektif.
Seri Young Sherlock Holmes
1. Death Cloud
2. Red Leech
3. Black Ice
4. Fire Storm
5. Snake Bite
6. Knife Edge
7. Stone Cold


PENUTUP
Itulah para penulis yang ingin Sherlock Holmes tetap hidup dan menjadi legenda selamanya. Mana saja yang telah kamu baca?
Jika thread ini bermanfaat, berikan sesuatu yang menyenangkan TS, hehehhe… misalnya cendol,rate, ataupun komentar emoticon-Cendol (S)
Jika ada kata-kata yang salah dan hal-hal yang masih kurang, mohon diberitau agar dapat ditambahkan
emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:sumber
reserved
seru juga pas baca kisahnya
Quote:Original Posted By patchkom
seru juga pas baca kisahnya


kisah yang mana gan??
dulu pernah baca petualangannya
Quote:Original Posted By mykel.tj
dulu pernah baca petualangannya


yang mana gan??

tambahan gan

masih ada yg belum lho gan,,, ANTHONY HOROWITZ...
judul novelnya,, "HOUSE OF SILK"
menurut ane ini ceritanya bagus gan...
Ane demen bgt ama sherlock holmes gan
masih ada gan yg plg ane suka nih
Sherlock Holmes:House of Silk
karangan Anthony Horowitz
pejwan gan
sunyi... mana nih fansnya sherlock??
Blm ada yg pernah dibaca T.T
Nambahin gan...the house of silk karangan Anthony Horowitz. Novelny menceritakan dua kasus yg saling berkaitan. Keren deh. Ane baca juga ada seri keduanya judulnya Moriarty, tp ane gk tau itu udh terbit di Indonesia atau blm...kalau ada yg tau, kasih tau ye gan...
Ane malah lebih suka nonton filmnya daripada baca novelnya lebih enak di mengerti emoticon-Hammer2
menarik
Quote:Original Posted By prestige87
menarik


silahkan dibaca..
ane suka pelemnya belom pernah baca buku nya emoticon-Cool
Quote:Original Posted By hatigelap
silahkan dibaca..



Kalo SH versi Sir Arthur Conan Doyle sudah baca semua gan,kalo versi orang yang lain belum,pasti ada yang beda citarasanyaemoticon-Salam Kenal
Penulis yang Mengisahkan Petualangan Sherlock Holmes Selain Sir Arthur Conan Doyle
aje gile emoticon-Matabelo nice info, gw baru tw gan ada penulis lain emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By Feryvai.Patrick
ane suka pelemnya belom pernah baca buku nya emoticon-Cool


mantap klu di nopel gan.. lebih kerasa
Quote:Original Posted By prestige87



Kalo SH versi Sir Arthur Conan Doyle sudah baca semua gan,kalo versi orang yang lain belum,pasti ada yang beda citarasanyaemoticon-Salam Kenal
Penulis yang Mengisahkan Petualangan Sherlock Holmes Selain Sir Arthur Conan Doyle


oh.. punya buku koleksi semua ceritanya ya..
iya.. penulis dgn gaya ceritanya yg beda, yg bagus tuh yg sherlock holmes dan laskar jalanan baker street..
Quote:Original Posted By lucymontok
aje gile emoticon-Matabelo nice info, gw baru tw gan ada penulis lain emoticon-2 Jempol


sherlock.gitu loh.. penulis2 lain berlomba membuat cerita lain dari sang legenda ini