alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e2e21c118b46be6c8b456a/7-kapal-terbesar-dan-terpenting-di-dunia
7 Kapal Terbesar dan Terpenting di Dunia
Haii gan, ane mau nampilin 7 kapal terbesar dan punya pengaruh penting yang muncul di tahun 2014 ...pengen tau kapal aja ? .....cekidot

1. Kapal Kontainer Terbesar di Dunia – CNCL Globe

7 Kapal Terbesar dan Terpenting di Dunia

Kapal kontainer terbesar, CSCL Globe, dengan ukuran 19.100 TEU diluncurkan pada November 2014. Kapal yang dibuat oleh Hyundai Heavy Industries Co., Ltd (HHI) ini berukuran 4 kali lapangan sepak bola dengan panjang 400 meter, lebar 58,6 meter, dan tinggi 30,5 meter. Kapal tersebut telah diluncurkan di lintasan perdagangan Asia-Eropa dan merupakan salah satu kapal kontainer paling hemat energi di dunia.

CSCL Globe memiliki mesin utama yang digerakkan dengan listrik berkapasitas 77.200 bhp yang memberikan efisiensi bahan bakar dengan secara otomatis mengontrol konsumsi bahan bakar terhadap kecepatan kapal saat itu dan kondisi laut. Oleh karena itu, kapal kontainer tersebut akan membakar 20 persen lebih sedikit bahan bakar per TEU dibandingkan kapal kontainer berkapasitas 10.000 TEU biasa.

Kapal ini dan kapal turunannya yang juga akan diluncurkan menerapkan catatan Route Specific Container Stowage (RSCS). Catatan RSCS dikembangkan oleh DNV GL untuk memberikan penggunaan kapasitas kargo yang lebih efisien dengan lebih banyak fleksibilitas dan muatan kontainer di kapal pada rute tertentu tanpa mengurangi aspek keselamatan.

Melihat kinerja CSCL Globe dan kapal turunannya pada aspek lingkungan, kedua kapal tersebut akan mendapatkan catatan EP-D (Environmental Passport Design) yang memperlihatkan kesiapan dan kepatuhannya terhadap regulasi lingkungan. Dokumen EP-D telah memenuhi seluruh regulasi MARPOL dan peraturan lingkungan yang berhubungan dengan IMO. Catatan tersebut juga menunjukkan kapal-kapal tersebut memenuhi persyaratan yang akan datang seperti manajemen ballast water, daur ulang kapal, pemisahan air di lambung kapal, dan penggantian zat pendingin.
Kapal CSCL Globe yang baru diluncurkan merupakan salah satu kapal berkapasitas 19.100 TEU yang dipesan China Shipping ke Hyundai Shipyard.

2. Kapal Lepas Pantai Terbesar di Dunia – Pieter Schlep

7 Kapal Terbesar dan Terpenting di Dunia

Pengujian berlayar bagi kapal lepas pantai terbesar di dunia ini dilakukan pada Oktober 2014 di dekat galangan kapal Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering, Okpo, Korea Selatan.
Kapal Pieter Schelte memiliki panjang 382 meter dan lebar 124 meter. Kombinasi panjang dan lebar kapal membuat kapal ini unik.
Kapal unik ini dibuat untuk memasang dan melepas sisi atas dan luar anjungan migas lepas pantai yang besar dalam sekali angkat. Pada haluan kapal terdapat sebuah slot untuk mengangkat sisi atas anjungan. Kapal tersebut juga dibuat untuk meletakkan pipa besar dan dengan kapasitasnya, kapal tersebut juga akan menjadi kapal pengangkut pipa terbesar. Kapal ini dapat mengangkat sisi atas seberat 48.000 ton dan sisi luar anjungan seberat 25.000 ton.

Kapal tersebut dilengkapi delapan generator diesel yang memberikan tenaga terpasang sebesar 95 MW dan 12 pendorong azimuth untuk mendorong dan memposisikan kapal secara dinamis. Kecepatan maksimum kapal mencapai 14 knot. Kapal tersebut juga memiliki kamar untuk 571 orang yang terbagi dalam dua kabin besar.

3. Kapal Pesiar Terbesar Ketiga dan Tercerdas di Dunia – Quantum of the Seas

7 Kapal Terbesar dan Terpenting di Dunia

Quantum of the Seas, kapal pesiar terbesar ketiga di dunia, adalah kapal pesiar kelas Quantum dari Royal Carribean International yang diluncurkan tahun 2014. Kapal berkelas Quantum ini memiliki kapasitas 14.000 GT lebih banyak dari kapal kelas Freedom yang menjadi kapal penumpang terbesar kedua setelah kapal kelas Oasis milik Royal Carribean International dalam ukuran gross tonnage.

Berpredikat kapal pesiar tercerdas dan kapal pintar pertama di dunia, Quantum of the Seas memiliki beberapa teknologi tercanggih yang belum pernah ada sebelumnya.

Quantum of the Seas adalah kapal pesiar kelas Quantum pertama yang menandai evolusi kapal pesiar bagi Royal Carribean. Ini adalah kapal pertama dalam armadanya yang tidak berdasarkan pada kategori kelas Voyager yang telah memulai debutnya dan memiliki beberapa inovasi teknologi, hiburan, dan dekorasi yang menawan.

Quantum of the Seas juga memperkenalkan Royal Carribean dengan Dynamic Dining yang memperkenalkan fitur jamuan makan di atas kapal pesiar. Ruang makan utama dan dress code telah dibuat ulang untuk mempermudah jamuan makan malam bagi para tamu sambil terus memperluas pilihan yang diinginkan penumpang.

4. Kapal FNLG yang Beroperasi Pertama Kali di Dunia– Caribbean FLNG

7 Kapal Terbesar dan Terpenting di Dunia

Kapal Floating LNG (FLNG) yang pertama kali dioperasikan di dunia, Carribean FLNG, diluncurkan pada November 2014. Kapal Carribean FLNG, yang merupakan kapal operasional FLNG pertama di dunia, telah dikirimkan oleh Wison Offshore & Marine (Wison). Kapal tersebut merupakan kapal tongkang tanpa baling-baling yang akan dioperasikan di lepas pantai Carribean, Colombia, untuk Pacific Rubiales Energy dan mampu mengubah 72 juta scfd gas alam menjadi +/- 500.000 ton LNG per tahun untuk tempat penyimpanan sementara dan ekspor. Fasilitas penyimpanan dan pencairan gas LNG pada kapal FLNG diharapkan mengurangi biaya dan waktu untuk menguangkan dan mengirimkan gas ke pasar.

5. Kapal Pendongkrak Anjungan Terbesar di Dunia – Maersk Interceptor

7 Kapal Terbesar dan Terpenting di Dunia

Maersk Interceptor, kapal pendongkrak anjungan terbesar di dunia, telah diluncurkan pada Oktober 2014.

Kapal tersebut merupakan kapal kedua dari empat kapal pendongkrak anjungan milik Maersk Drilling yang dioperasikan di lingkungan yang keras. Pembangunan keempat kapal tersebut menghabiskan dana USD 2,6 miliar.

Maersk Interceptor melakukan kontrak lima tahun dengan Det norske untuk pengeboran sumur Ivar Aasen di laut utara Norwegia pada Desember 2014. Kontrak tersebut mencakup dua opsi setahun. Nilai kontrak yang diperkirakan mencapai USD 700 miliar.

Dua kapal pendongkrak anjungan pertama yaitu Maersk Intrepid dan maersk Interceptor, telah dikirim dari galangan kapal Keppel FELS. Kapal ketiga akan dikirim dari Keppel FELS pada 2015 dan yang keempat akan dikirim dari galangan kapal Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), Korea Selatan pada 2016. Keempat kapal tersebut telah memiliki kontrak jangka panjang dengan pelanggan utama.

6. Kapal Platform Supply Vessel (PSV) Bertenaga LNG Terbesar Di Dunia – Rem Eir

7 Kapal Terbesar dan Terpenting di Dunia

Rem Eir, kapal PSV bertenaga LNG terbesar di dunia, dibuat oleh Kleven Verft di Norwegia untuk Remøy Shipping dan dikirim pada November 2014.

Didesain oleh Wärtsila Ship Design dengan panjang 92.5 meter dan kapasitas dek sebesar 1.080 meter persegi, Rem Eir merupakan kapal PSV bertenaga LNG terbesar yang ramah lingkungan di dunia.

Kapal tersebut memiliki kontrak jangka panjang dengan Statoil.

7. Kapal Tongkang LNG Campuran Pertama di Dunia

7 Kapal Terbesar dan Terpenting di Dunia
Kapal tongkang LNG campuran pertama di dunia milik Becker Marine System telah diresmikan di Hamburg. Pembangkit listrik tenaga LNG terapung ini akan memberikan energi ramah lingkungan ke kapal pesiar AIDA.

Dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga LNG terapung, pembuangan emisi dan partikel akan berkurang secara signifikan. Dibandingkan penggunaan diesel laut konvensional dengan konten sulfur sebanyak 0.1 persen, tidak ada hasil oksidasi sulfur dan bekas partikel aygn dikeluarkan. Emisi nitrogen oksida akan berkurang hinga 80 persen dan emisi karbon doiksida akan berkurang hingga 30 persen. (AST/MHF)

Sumber : maritimenews.id
nais inpoh gan, kebetulan suka dunia maritim juga ane emoticon-Malu (S)
buset gan gede bener tu gan
weeew mantap2 ya gan emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By Deadkitty
buset gan gede bener tu gan


iye, jadi kepengen naik Quantum of the Seas emoticon-Matabelo
gede-gede bener gan emoticon-Matabelo
tapi berasa pernah liat thread sejenis gan emoticon-Stick Out Tongue
nice inpo gan...
nice gan emoticon-Peluk
mantap bro kapalnya
Gede bener.. gimana kemudinya ya emoticon-Matabelo
gede gede kapalnya gan, kayaknya gaban kalah gede emoticon-Ngakak (S)
kaya di film captain philips tuh kapal pngangkut bahan makanan lintas benua, emg gede bgt