alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Rumitnya Sistem Panggilan Keluarga Jawa
4.66 stars - based on 102 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54d1b345a3cb17893d8b4568/rumitnya-sistem-panggilan-keluarga-jawa

Rumitnya Sistem Panggilan Kerabat di Keluarga Jawa

SALAM KASKUS emoticon-I Love Kaskus (S)

Rumitnya Sistem Panggilan Keluarga Jawa
Nggak salah ini? Kok anak kecil nyebut diri sendiri mbah/kakek? emoticon-Hammer (S)
Betul kok gan dan "mungkin" masih bisa kalian temui di keluarga Jawa.

Ternyata sistem kerabat jawa ini masih lebih mudah dibanding dengan sistem suku-suku lain di Indonesia. Indonesia memang kaya budaya emoticon-I Love Indonesia (S)


Spoiler for Bukti nyata kaskuser yang ngalamin:



Quote:


Quote:


Quote:



Quote:


Quote:


Quote:


Komentar Kaskuser


Quote:


Rupanya suku lain juga cukup ribet
Spoiler for Bhineka Tunggal Ika:

Quote:


Minahasa

Quote:


Melayu Kalimantan

Quote:


Sunda

Quote:


Tionghoa

Quote:


Pendapat yang lain

Quote:
Diubah oleh pisangkaramel
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 80
ane pelajari dulu gan
susah soalnya
buseeettt ane orang jawa aja bingung liat ginian ganemoticon-Nohope emoticon-Hammer
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
kekayaan budaya jawa gan
biyuh komplit banjet emoticon-Ngakak
aku cuman ngerti yg pakdhe ,paklik emoticon-Ngakak
Lebih enakan panggilan orang padang bray
ane cuman tau sampe canggah, ebuset ada beberapa tingkat lg rupanya, eaaa ampe segala debok bosok o.O
ya begitulah adanya...

saya dulu masih belia saja dipanggil mas kok sama yang sudah uzzur umurnya emoticon-Ngakak
Quote:

gan gan. itu setau ane KAWUK gan, bukan BAWUK.
kalau BAWUK tu = Cumi gan emoticon-Cape d... (S)
ane dipanggil pak dhe sama ponakan ane gan, padahal dia umurnya diatas ane 10 taun, ya terima nasib aja deh daripada melanggar adat emoticon-Cape d... (S)
hahaha gk di jawa aja gan di daerah2 laen juga punya kaya gini...
btw ane juga wong solo... karena orang tua paling tua di masing2 keluarga so biar pun sepupu ane lebih tua manggilnya mas... cmn kadang kadang sih ane agak risih, so kalo di depan orang tua aja kaya gtu, kalo dah ngbrol masing2 sih normal aja panggil nama... hahahah
Jadi wong jowo itu pasti mudeng kalo ada yg ngomong pake bahsa jawa, tapi bingung gimana cara ngomongnya emoticon-Ngakak (S) takut2 salah.. ane mudeng sih kalo buyut ngomong pake krama inggil, tapi bales ngomongnya itu lho.. mungkin karena ga pernah belajar speaking emoticon-Ngakak (S)
jadi inget waktu SMA ikut kumpul keluarga besar yang bener2 kumpul besar, istilahnya "trah" kali ya.

ternyata buanyak bgt temen SMA ane yang masih keluarga, nggak cuma satu ato dua orang tapi PULUHAN temen SMA ane ternyata keluarga. emoticon-Ngakak
ternyata bukan cuma ane yang ngrasa ribet jadi orang jawa...
emoticon-Hammer2
Mantap gan. Trit ginian nih yang ane tunggu. Soalnya jaman sekarang sistem panggilan keluarga seperti yang dipaparkan pada bagian latar belakang tadi emang mulai ditinggalkan.
Wah berarti ane masih termasuk cucu emoticon-Malu
Quote:

iya gan emang artinya itu, seperti istilah le atau thole itu aslinya dari kon+thole emoticon-Ngakak

Quote:

thx ya gan.

Quote:

astaga. rupanya sampe 18 tingkat
emoticon-Matabelo
Diubah oleh pisangkaramel
Quote:


bwakakakakak itu bahasa surabaya jangan di gabung sama bahasa jawa kulonan gan emoticon-Ngakak (S)
jelas gak sinkron Koe Tho Le jadi Koen Tho Le emoticon-Ngakak (S)
Quote:

hahaha sama, itu nasib agan mirip tetangga ane. Ada anak SMP kelas 3, disuruh panggil Om (Paklik) ke anak TK. emoticon-Ngakak (S)

Quote:

Iya, ane sendiri juga suka gitu. aneh dan risih. emoticon-Big Grin

Quote:

Iya ane juga pernah gitu. Tapi cuma satu orang. Pas ketemu kaget rupanya masih sodara. emoticon-Big Grin

Quote:

Iya, itu kalau ane di keluarga dari pihak bapak, kuat tradisinya. Kalau dari keluarga pihak ibu malah ane panggil adik ibu ane mbak. Bukan tante/bulik. emoticon-Ngakak (S)

kurang ajar bener kan?

Quote:

nggak gan. emang aslinya itu.
ane aja nggak percaya pas dikasih tau sama simbah. emoticon-Ngakak (S)

terus disodori deh kamus bahasa jawa emoticon-Ngakak (S)

Halaman 1 dari 80


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di