alexa-tracking

Dampak Klik PPC Iklan dari Blog dengan Template Responsive

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54ae6a9a0e8b461632000005/dampak-klik-ppc-iklan-dari-blog-dengan-template-responsive
Dampak Klik PPC Iklan dari Blog dengan Template Responsive
Saat ini website atau blog dengan template responsive sedang populer bagi pemilik website atau blog. Selain karena memang saat ini banyak netizen yang menggunakan ponsel atau tab sehingga blog bisa diakses dengan lebih cepat juga karena tidak merepotkan pengunjungnya (harus scroll kanan kiri) dan konon katanya berpengaruh pada SEO yang otomatis berdampak pada meningkatnya visitor.

Tak heran jika banyak blogger yang ingin merubah templatenya agar blognya bisa responsive, termasuk ane tentunya gan..he..he...dan berdasar pengalaman ane, blog dengan template responsive dan tidak responsive berbeda jauh dalam pengunjung. Blog saya yang udah berumur 2 tahun dengan blog yang baru satu bulan aja dilihat dari visitornya masih banyakan yang responsive. Padahal dalam hal SEO (baik onpage atau offpage) saya lakukan dengan cara yang sama. Begitupun dalam update posting dan niche-nya sama.

Namun, berdasar pengalaman saya juga, ketika sebuah blog itu menggunakan template responsvie, laman posting kita akan selalu berada di atas untuk ukuran tertentu misalnya 320x480 atau 480x320 (saya memberi contoh dengan ukuran screen ini karena berdasar google analitik, jumlah terbanyak pengunjung blog saya itu berasal dari ukuran layar tersebut) Sedangkan posisi sidebar akan berada dibawah posting.

Nah hal ini tentunya akan berpengaruh pada klik iklan PPC yang ada dalam blog responsive jika ada script iklan yang dipasang pada sidebar. Dan di sidebar itulah sebenarnya jumlah klik iklan paling banyak di blog saya, dibandingkan dengan yang berada di posting. Karena tempalatenya responsive dimana sidebar akan berada di bawah posting, tentunya pengunjung akan pergi (Close X) setelah membaca habis postingan itu. Dan apapun yang ada di sidebar gak akan dilirik oleh pengunjung, dan akibatnya, jumlah iklan PPC iklan di sidebar menurun drastis !!!. Ini juga mengakibatkan jumlah tayangan iklan PPC berkurang, karena sepinya peminat yang ingin pasang iklan lewat situs PPC iklan tersebut.

Saya sendiri bingung, pengunjung meningkat karena templatenya responsive, tapi disisi lain penghasilan saya turun karena jumlah klik iklan PPC yang ada di blog berkurang, terutama di sidebar. Selain itu bounce ratenya juga naik, dari sekitar 43 % ke 56%, karena memang hanya tersisa satu atau 2 buah link tautan internal saja dalam posting, sementara menu seperti Post Terbaru, Post Terpopuler, Artikel terkait dan arsip, jarang disentuh pengunjung, karena ya itu, setelah baca postingan langsung minggat (Close X), tanpa lirik sidebar yang posisinya ada di bawah...hmmmmm

Ingin kembali ke template sebelumnya, takunya kena 'sanksi' atau hukuman dari mbah google yah meskipun ringan juga he..he...alangkah baiknya bagaimana ya gan..mohon solusinya atau yang ingin curhat di sini dan mengalami hal yang sama dengan saya juga silakan...