alexa-tracking

Artis untuk bisnis Online?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54ae3eb298e31b55238b456b/artis-untuk-bisnis-online
Artis untuk bisnis Online?
Iklan untuk tujuan meningkatkan omzet perusahaan juga diperlukan di bisnis online, kini semakin marak yang mencoba menekuni usaha melalui internet. Tidak heran jika persaingan pun semakin ketat, mulai dari kualitas barang, harga yang bersaing, pengunaan jasa SEO untuk menjadi website top search, bahkan untuk kegiatan promosi. Promosi memiliki peranan penting dalam suatu usaha, sebab bertujuan untuk membangun sugyesti kepada masyarakat akan produk yang dijual. Baik itu berupa barang maupun jasa, dengan panasnya persaingan banyak media promosi dilakoni pebisnis.


Dalam bisnis online agar sukses diperlukan trik khusus, mengingat usaha ini menyampaikan sesuatu memanfaatkan dunia maya. Tanpa interaksi tatap muka langsung antara pebisnis dengan klien atau konsumennya. Adapun trik yang bisa diaplikasikan ketika memulai usaha online ialah:

Fokus pada tujuan yang ingin dicapai.

Suatu hal dilakukan pasti memiliki tujuan begitu pula dengan bisnis online, meskipun sifatnya lebih fleksibel. Bahkan bisa dijadikan pekerjaan sampingan, sudah semestinya memiliki tujuan yang jelas sebagai motivasi untuk terus berkembang. Semisal anda memiliki tujuan untuk mampu membeli mobil, ketika tujuan tersebut belum tercapai pastinya anda akan terus berjuang hingga titik penghabisan. Dalam bisnis tidak ada istilah mudah, motivasi dari tujuan amat penting untuk dimiliki.

Melakukan survey

Survey penting untuk dilakukan, untuk mengetahui perkembangan dari produk yang dijual terhadap target merketing. Megetahui perkembangan ini akan memudahkan langkah selanjutnya yang perlu ditempuh untuk mendongkrak omzet penjualan. Jika di pasaran ternyata masuk kategori gagal produk, ada baiknya anda beralih ke produk lain agar tidak mengalami pailit. Kondisi seperti ini pastinya tidak ada pebisnis manapun yang menghendaki, termasuk anda.

Perluas jaringan anda

Penting sekali menjalin hubungan yang baik dengan teman dan keluarga bahkan dengan kompetitor. Kompetitor patut dijadikan kawan untuk keselarasan harga jual agar saling tidak menjatuhkan, yakinkan diri bahwa setiap pebisnis memilliki trik sendiri untuk sukses. Sukses didapatkan tidak harus saling sikut, jika anda memberikan kemudahan toh nantinya anda akan mendapatkan kemudahan. Meksipun sifat hati-hati perlu untuk dimiliki, mengingat tidak semua orang bisa relevan dengan persaingan.

Lakukan promosi

Promosi secara online memang lebih memakan biaya yang sedikit dibanding pemasangan iklan di media cetak atau televisi. Iklan adalah persoalan yang cukup penting meskipun jika diamati adalah hal yang sepele. Produk apabila tidak dikenalkan kepada khalayak, maka tidak akan ada yag tahu produk tersebut ada. Melakukan strategi pemasaran dari mulut ke mulut tentu jangkauannya hanya terbatas orang tertentu. Anda perlu melakukan persiapan matang perihal promosi ini agar memiliki faedah sesuai harapan untuk meningkatkan usaha anda ke tahapan lebih maju.

Berbicara perihal promosi anda bisa menggunakan media yang cukup beragam, mulai dari memasang iklan di koran atau majalah. Anda bisa pula melakukan branding mobil, pada kendaraan perusahaan. Bisa pula memasang billboard, namun kesemua itu akan lebih fektif jika iklan yang dibuat lebih variatif agar lebih menarik. Salah satu cara menambah daya tarik dari iklan yang dibuat ialah menggunakan wajah yang familiar di mata masyarakat. Melakukan hubungan kerja sama dengan para artis tentunya bisa dijadikan pilihan untuk kelancaran usaha promosi anda.

Usaha online apabila menggunakan wajah salah satu artis terbukti sangat ampuh meningkatkan rasa ingin tahu masyarakat. Artis atau public figure sangat dikenal luas, terlebih artis memiliki image yang dibangun sendiri oleh artis tersebut. Sehingga memilih artis dengan image yang positif akan mampu menjadikan penjualan perusahaan lebih melambung. Mengapa bisa demikian? Berikut alasannya:

Menggunakan wajah artis dalam iklan terbukti mampu menarik minat masyarakat untuk melihat, dan membaca iklan yang dipajang
Nama artis yang sudah dikenal akan menjamin kepercayaan masyarakat dari usaha anda yang memberikan kesan profesional
Artis memiliki wajah yang fotogenik sehingga seseorang akan lebih tertarik untuk mendengarkan apa yang disampaikan
Para artis memahami bagaimana cara menyampaikan informasi produk dengan baik kepada masyarakat luas.
Seperti yang kita ketahui ketika melihat iklan di televisi dan mendapati bintang iklan yang ada tidak begitu dikenal. Terkadang membuat kita menjadi kurang antusias, hal yang berbeda bisa terjadi ketika wajah yang sedang naik daun yang terlihat menghiasi layar kaca. Demkian pula untuk iklan yang dimuat di media internet, daya tariknya memang lebih istimewa. Meskipun melakukan kerja sama dengan artis cenderung memakan biaya yang lebih besar. Hal ini akan sepadan dengan hasil yang didapatkan. Bandingkan dengan memillih orang awam sebagai bintang iklan, sama-sama membutuhkan biaya namun hasilnya akan berbeda. Akan jauh lebih tepat jika mengeluarkan biaya lebih besar sedikit, namun hasil akhirnya bisa membuat anda bernafas lega.

Pemilihan salah satu artis tentunya tidak bisa dilakukan secara sembarangan, agar poduk yang dijual tidak hanya naik daun untuk sesaat saja. Penting sekali memperhatikan point berikut:

Pertimbangan dari segi fisik (jika produk untuk rambut, pilih artis dengan rambut panjang, dll)
Pertimbangan dari segi kredibilitas, merupakan kualitas atau kemampuan yang dimiliki oleh seorang artis
Pertimbangan dari segi expertise, merupakan pengetahuan yang mendalam yang dimiliki seorang artis dari pengalamannya dalam dunia hiburan tanah air.
Pertimbangan tersebut harus dapat dipenuhi oleh seorang artis untuk menjadi seorang brand ambassador.

Artis ini nantinya yang akan menyampaikan keunggulan dan kelebihan dari produk yang anda pasarkan kepada khalayak. Sehingga penting sekali memilih personal yang memiliki pengetahuan dasar mengenai hal tersebut. Masyarakat kini semakin cerdas, mampu menilai mana yang kompeten atau sebaliknya anda sebagai pebisnis harus bisa menentukan hal tersebut dari awal. Memilih artis yang memiliki fisik sempurna saja kadang bisa menjadi boomerang untuk usaha anda.

Artis untuk iklan atau yang dikenal dengan istilah Celebrity Endorses, haruslah memiliki pengetahuan yang memadai dari produk yang diusungnya. Baik dari bahan, cara penggunaan, manfaat, dan lain sebagainya yang terkait produk tersebut. Sehingga bisa menyampaikan kepada masyarakat akan manfaat apa saja yang bisa dinikmati ketika menggunakan produk anda bukan produk lain yang sejenis. Jadi, memilih artis memang efektif menaikkan pamor usaha anda termasuk usaha online. Namun ada hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan pilihan artis mana yang akan diajak bekerja sama.
×