rebleedingAvatar border
TS
rebleeding
[Baca nih Jon] "Pak Menteri, Jgn Marahi Kami karena Pakai Data Cuaca dari Internet.."
JAKARTA, KOMPAS.com -- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Jumat (2/1/2015), marah pada Direktur AirAsia begitu mendengar Direktur AirAsia mengatakan briefing pilot sebelum penerbangan adalah cara tradisional alias kuno. (Baca: Menteri Jonan Marahi Direktur AirAsia).

"Itu yang sudah berlaku secara internasional, mengambil info cuaca secara fisik dari BMKG itu cara tradisional," kata Staf Khusus Menteri Perhubungan, Hadi M Djuraid, menirukan kata-kata salah satu Direktur AirAsia yang memicu kemarahan Jonan itu.

Hadi yang mengikuti sidak itu pun bertutur, Jonan terlihat kesal mendengar pernyataan tersebut dan mengatakan, "Kalau ada aturan Anda harus patuh, jangan coba-coba melawan. Bisa saya cabut izin Anda!"

Berita soal kemarahan Jonan gara-gara briefing terkait data perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika itu ternyata mengusik pilot dari maskapai lain. Lewat surat terbuka, sang pilot bernama Fadjar Nugroho, mengulik aturan soal perkiraan cuaca dari BMKG tersebut berikut praktik dan penjelasannya.

Persoalan ini dipicu oleh temuan bahwa AirAsia tidak mengambil cetakan peta cuaca yang disediakan BMKG sebelum penerbangan QZ8501 yang kemudian hilang pada Minggu (28/12/2014). (Baca: Ternyata, AirAsia Tak Ambil Data Cuaca Sebelum Pesawat QZ8501 "Take Off").

Dalam surat terbukanya, Fadjar tidak menampik bahwa maskapai dengan registrasi Indonesia atau pesawat yang akan terbang di wilayah Indonesia harus mengambil data cuaca dari BMKG. Aturan soal itu, sebut dia, merujuk pada Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Nomor 121 Ayat 101.

BMKG sediakan situs


Aturan itu menegaskan bahwa tak satu pun penerbangan boleh menggunakan laporan cuaca untuk pengaturan penerbangan selain dari yang disediakan oleh BMKG atau sumber yang disetujui oleh Direktorat Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Dulu, kata Fadjar, memang para pilot dan maskapai mengambil cetakan atau salinan laporan cuaca itu dari BMKG. Namun, tegas Fadjar, BMKG sekarang telah menyediakan versi online dari laporan cuaca itu dalam website yang beralamat di http://aviation.bmkg.go.id/web/metar_speci.php.


http://aviation.bmkg.go.id/web/metar_speci.php Halaman muka situs BMKG untuk laporan cuaca penerbangan. Gambar diunduh pada Sabtu (3/1/2014).

Setelah BMKG menyediakan laporan cuaca versi situs ini, tutur Fadjar, banyak penerbang dan flight operation officer (FOO) tak lagi datang ke kantor briefing BMKG. "Di PKPS di atas tidak ditulis bahwa laporannya harus berbentuk kertas dari BMKG," tegas Fadjar.

Menurut Fadjar, terobosan BMKG menyediakan laporan cuaca untuk penerbangan lewat situs itu telah sangat membantu para FOO untuk lebih berkonsentrasi melepaskan penerbangan tanpa perlu berlari-lari atau berkendaraan demi mengambil fotocopy laporan cuaca terlebih dahulu.

"Selama ada listrik yang menyalakan komputer dan printer kami, dan internet, maka kami bisa mendapatkan laporan cuaca. Para FOO akan punya banyak waktu untuk melakukan briefing dengan penerbang," imbuh Fadjar.

Arti briefing

Fadjar melanjutkan, "Briefing (di sini) yang artinya berdiskusi antara FOO dan penerbang untuk menentukan bahan bakar dan urusan penerbangan lainnya yang dibutuhkan." Itu pun, kata dia, peringatan soal kebaruan informasi tetap dilihat, sebagaimana peringatan yang tertera dalam situs BMKG itu.

Bagi Fadjar, kehadiran situs BMKG untuk penerbangan itu juga bermanfaat bagi para petugas spesialis peramal cuaca di kantor briefing penerbangan. "Beliau-beliau ini bisa berkonsentrasi mengirimkan produk cuaca penerbangan tanpa terganggu aktifitas fotokopi."

Fadjar menyarankan Jonan--daripada memarahi Direktur AirAsia gara-gara ramalan cuaca ini--untuk menyambangi fasilitas BMKG di daerah, untuk tahu betul keluhan para spesialis peramal cuaca itu.

Kabar gembira lainnya, kata Fadjar untuk Jonan, data BMKG yang diunggah lewat situs yang dibuat instansi itu sendiri untuk penerbangan, juga sudah didistribusikan secara global di dunia penerbangan. "Artinya, kalau kami buka website dari luar negeri pun, isinya akan sama dengan isi website BMKG. Kecuali kalau tidak diupdate oleh petugasnya."

Fadjar kembali menegaskan bahwa para pilot tahu tak boleh menggunakan website ramalan cuaca lain sekalipun data yang diunggah sama dengan milik BMKG. "Kecuali maskapai tempat para penerbang bekerja disetujui mengambil data dari sumber lain oleh pejabat di kementerian bapak."

Nyawa dan human error

"Pak Menteri, jangan damprat kami karena mendapatkan informasi cuaca dari internet karena informasi cuaca tersebut juga dari BMKG," lanjut Fadjar. Dia berharap Jonan mengunjungi maskapai penerbangan--tak hanya AirAsia--tanpa harus menunggu ada kecelakaan.

Bila Jonan beralasan masalah ramalan cuaca dari BMKG ini dalam konteks setiap nyawa adalah berharga, Fadjar tak menyanggah. Dia mengaku tahu betul rasanya kehilangan nyawa di dunia penerbangan, karena adik kandungnya yang juga penerbang meninggal.

Ketika menyinggung soal kehilangan nyawa di dunia penerbangan itu, Fadjar mengkritisi pertanyaan yang jamak diajukan para wartawan saat ada musibah, tak terkecuali musibah penerbangan.

Di bagian akhir surat terbukanya, Fadjar mengatakan cuaca di seluruh Indonesia pada bulan-bulan ini relatif sama, tak hanya di rute Surabaya-Singapura. Penghentian penerbangan rute Surabaya-Surabaya, menurut dia tak menyelesaikan masalah. (Baca: Izin AirAsia Rute Surabaya-Singapura Dibekukan).

Menutup surat terbukanya, Fadjar meminta maaf bila ada hal tak berkenan dalam suratnya, sembari menyisipkan prinsip human error dalam dunia penerbangan. "Kalau kami berbuat kesalahan, selain bisa mati kami (juga) akan didamprat dan dihujat oleh umat manusia sedunia. Kalau kami tidak salah, tidak ada yang ingat karena sudah bayar sebelum naik pesawat."

Fadjar adalah pilot aktif dan instruktur Airbus A330 di maskapai di luar negeri. Dia merupakan lulusan Southwind Aviation. Fadjar juga aktif menulis di situs ilmuterbang.com yang berisi beragam tulisan untuk belajar dan meningkatkan keterampilan personel penerbangan sekaligus menambah wawasan masyarakat umum tentang dunia penerbangan.KUUNOOO

Yang penting ambil fotokopian atau konsul dgn FOO nya, itu yang harus ditekankan, gitu loh Jon emoticon-Cape d... (S)
Kalo tetep bisa konsul dgn FOO dgn baik, pake data online lebih baik krn ini era moden boss, udah jamannya email, masak pake surat emoticon-Malu (S)
tien212700Avatar border
tien212700 memberi reputasi
1
24.1K
323
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan