alexa-tracking

Pesawat Air Asia ditemukan!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54a14000bfcb1759378b456e/pesawat-air-asia-ditemukan
CLOSED
closed drpd menimbulkan masalah yg lebih besar
image-url-apps
kagak ada pic nya gan emoticon-Hammer2
image-url-apps
Hmm .. Kirain beneran .. Wkwkwk
KASKUS Ads
image-url-apps
seumpama agan keluarga dari salah satu korban pesawat tersebut, bagaimana perasan agan
saat baca thread ini?
image-url-apps
Quote:

atas nama kemanusiaan tolong jangan jadikan musibah air asia jadi bahan lawakan.

sumber : http://health.detik.com/read/2014/12...tal?l992206755

Pesawat Hilang Jadi Candaan? Psikolog: Bisa Jadi Pelakunya Gangguan Mental


Jakarta, Dalam banyak kesempatan, selalu saja ada segelintir orang yang menjadikan musibah sebagai bahan candaan. Tidak terkecuali saat pesawat AirAsia QZ8501 dinyatakan hilang kontak, dan sampai saat ini belum diketahui keberadaannya.

Di jejaring sosial, beberapa lelucon bertema pesawat hilang banyak bermunculkan. Sebagai contoh, ada yang membandingkan pesawat dengan pacar yang 'hilang kontak'. Meski banyak dikecam, rupanya tidak sedikit pula yang menganggapnya lucu kemudian menyebarkannya lagi.

"Hal ini disebabkan karena orang-orang itu tidak cerdas dalam menggunakan media sosial," ujar Untung Subroto Dharmawan M.Psi, seorang psikolog klinis dari Universitas Tarumanagara saat dihubungi Senin, (29/12/2014).

Untung menilai, orang-orang seperti itu tidak berpikir terlebih dahulu saat menulis dan melontarkan lelucon di media sosial. Dampaknya, akan menyinggung perasaan pihak lain. Dalam hal ini, korban maupun keluarga korban musibah yang mungkin akan tersinggung dengan lelucon tersebut.

"Yang nulis lelucon itu pasti orang yang nggak punya empati. Tapi belum bisa kita pastikan orang itu gangguan atau bukan. Karena harus diobservasi dulu lebih lanjut," lanjut Untung.

Adanya kemungkinan gangguan kejiwaan disampaikan oleh psikolog lain, Debora Basaria, M.Psi. Meski memang butuh observasi langsung untuk memastikan, orang-orang yang tidak bisa menunjukkan empati bukan tidak mungkin punya masalah secara psikologis.

"Orang-orang yang terus menerus tidak berempati, jika terus menerus berlaku seperti itu bisa memicu gangguan psikologis," kata Debora.

Akibat lelucon tersebut kesedihan yang dialami keluarga korban semakin parah. Tugas psikolog saat ini adalah melakukan pendampingan terhadap keluarga korban. Menurut Untung, tugas tim dari HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia) ialah menjadi teman bicara bagi keluarga korban yang sedang berduka.

Selain itu, para psikolog juga sebisa mungkin mendengarkan segala kesedihan dan ketakutan yang dialami oleh para keluarga korban. Jika kondisi psikologis memerlukan penanganan lanjut karena trauma, maka psikolog akan memberikan terapi lanjutan.
bikin jokes sih boleh boleh aja gan
tapi kalo musibah jangan dijadiin jokes
emoticon-Berduka (S)
ini trit paling lucu gan
image-url-apps
Waduh, musibah jangan dibuat bercandaan gan, g baik emoticon-Hammer2
emoticon-Ngakak TS ganguan mental
image-url-apps
emoticon-Berduka (S)
image-url-apps
Quote:


Kagak lucuk sumpah, emoticon-Blue Guy Bata (S)
image-url-apps
Mna pict nya..?
image-url-apps
hmmmm kurang greget gimana gitu gan...keep posting ya gan...
wah kena closedemoticon-Berduka (S)
×