alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54a10b94de2cf2b76d8b456e/swiss-german-university
Swiss German University
Welcome to SGU, saya sebagai alumni lulusan 2014 hendak membuat wadah baru karena entah kenapa trid yang lama kok diclosed oleh momod.

Herzlich Wilkommen in Swiss German University
Swiss German University

http://www.sgu.ac.id/

Spoiler for Sekilas SGU:


Spoiler for Program Studi:

Mekanisme studi (based on TS experience)
Sem 1: inclass diakhiri ujian akhir
Sem 2: inclass diakhiri ujian akhir
Sem 3: magang lokal diakhiri paper report & assessment paper
Sem 4: inclass diakhiri ujian akhir
Sem 5: inclass diakhiri ujian akhir
Sem 6: magang di Jerman diakhiri assessment paper
Sem 7: inclass diakhiri ujian akhir
Sem 8: inclass (seminggu 1 atau 2 hari saja non full day) & skripsi diawali dengan OFSE, ujian kompre, diakhiri sidang skripsi

Lokasi
Swiss German University

Fasilitas-Faslitas Kampus
Lapangan parkir mobil dan motor
Perpustakaan
Kelas-kelas bernuansa kampus Jerman
Student Lounge (SL)
Lapangan basket dan futsal indoor
Gym
Lapangan bola outdoor
Ruang-ruang uji coba ilmiah dengan mesin-mesin
Eskul bahasa Jerman
dan masih ada lagi karena sedang dalam tahap pembangunan

SHARING PENGALAMAN TS
SGU adalah kampus elit dengan mahasiswa-mahasiswa yang sopan dan tidak anarkis. Kehidupan sosial di sini normal tergantung kembali ke pribadi masing-masing dan cara membawa diri. Lokasi kampus sangat strategis dengan banyak pilihan makanan dan hiburan di daerah sekitar maupun kafe untuk belajar.

Semester 1 terasa agak berat karena backgound SMA TS bukan bahasa inggris. Kelas Jerman terasa mudah karena pernah belajar sebelumnya. Semester 2 lebih mudah karena lidah mulai lancar ngoceh Inggris dan pelajaran tidak banyak berubah dalam level kesulitan. Semester 3 cari magang tidak susah di Indonesia dan banyak banget perusahaan yang sudah sering menerima anak magang dari SGU. Semester 4 dan 5 tidak berbeda dengan semester 2. Semester 6 kerja magang di Jerman namun tantangan hidup terasa saat apply-apply kerja di semester 5 dan menjalani petualangan indah di Jerman. Semester 7 cenderung lebih berat daripada sebelumnya mungkin karena kita kelamaan kerja sebelumnya tidak in class study. Semester 8 dibuka dengan OFSE (Oral Final Sem Exam) yang cukup menegangkan dan susah karena kita harus menguasai konsep 3 mata studi yang ditentukan dari kampus untuk diuji secara lisan. Jarang ada kelas (subjek Kewarganegaraan, Filosofi dan Bahasa Indonesia) sebagai materi wajib dari DIKNAS. Sedangkan waktu banyak habis di skripsi dan konsultasi thesis. Ujian sidang tidak berat selama kita serius dari awal.

Suasana belajar mengajar on time tidak banyak dosen yang telat dan teman-teman juga ada kesadaran belajar namun itu semua kembali ke pribadi masing-masing. Kehidupan organisasi di kampus juga ada beberapa pilihan namun tidak fully habis di sana waktunya. Kepengurusan dokumen untuk semester 6 di Jerman semua diurus oleh kampus.

Sekian sharing dan info dari saya untuk trid pembuka. Mohon koreksi bila ada update fundamental di kampus.
SUMBER: Pengalaman, situs resmi dan Wikipedia

FAQs about SGU

*UNDER CONSTRUCTION*
baca rules di trit yang di stiki

setelah itu rekues unlocked trit sebelumnya