alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[ASK] apakah selama ini ane salah? Ucapin selamat hari raya ke saudara kristen kita?
1.04 stars - based on 1018 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54912d21c3cb17363c8b4568/ask-apakah-selama-ini-ane-salah-ucapin-selamat-hari-raya-ke-saudara-kristen-kita

[ASK] apakah selama ini ane salah? Ucapin selamat hari raya ke saudara kristen kita?

Tampilkan isi Thread
Halaman 5 dari 26
Quote:


betul gan , apalagi kita berteman dgn tidak pandang status di KTP begitu juga dgn teman kita emoticon-Recommended Seller

Quote:


Otak kerdil banget emoticon-Matabelo
salah gan.. kalo kita ngucapin sama aja kita merayakan apa yang mereka rayakan.. kata guru agama ane sih gtu.. jadi gausah ngomong apa-apa..
Quote:


Betul, Gan emoticon-2 Jempol

Dan saya juga toleran terhadap teman akrab saya yg tidak mengucapkan selamat hari raya kepada saya.
Kalau ts beneran ingin jawaban yang memuaskan. Silahkan tanya ulama yang berkompeten.
Jangan sekedar pakai logika dan pemikiran sendiri.
Karena agama sudah ada rules nya. Nggak bisa diubah ubah sekehendak hati
ga papa gan ,, wong kalo kita hari raya juga saudara kita juga memberi selamat,, jadi apa bedanya? emoticon-Cool
Quote:


yang bisa menjamin iman ente selalu kuat siapa gan??? sementara Allah yang maha membolak-balik kan hati manusia..
Quote:


Inti dari perayaan Natal adalah perayaan akan lahirnya Nabi Isa yang diyakini sebagai Anak Allah oleh kaum nasrani. Keyakinan nabi Isa sebagai anak Allah ini dicap sesat dan kufur di berbagai tempat di dalam al-Quran tak terkecuali di surat Maryam. Di dalamnya digambarkan betapa buruknya dan besarnya nilai kemungkaran keyakinan tersebut. Allah berkata di dalam surat Maryam,
تَكَادُ السمَاوَاتُ يَتَفَطرْنَ مِنْهُ وَتَنْشَق الْأَرْضُ وَتَخِر الْجِبَالُ هَدا (90) أَنْ دَعَوْا لِلرحْمَنِ وَلَدًا (91)
“Hampir saja langit pecah, dan bumi terbelah, dan gunung-gunung runtuh, (karena ucapan itu), Karena mereka menganggap Allah yang maha pengasih mempunyai anak” (Qs: Maryam, 90-91).
Ayat ini menegaskan kepada kita betapa ucapan dan keyakinan bahwasanya Isa adalah anak Allah dapat membuat bumi luluh lantah layaknya hari kiamat. Hal ini -sebagaimana yang diutarakan oleh Ibnu Katsir (ulama tafsir abad kedelapan hijriah), “dikarenakan gunung-gunung, langit, dan bumi merupakan makhluk yang mengesakan Allah azza wa jalla, maka ketika mendengar perkataan yang bermuatan syirik dari manusia mereka hampir saja hancur sebagai bentuk pengagungan mereka terhadap Allah ta’ala” (tafsir surat maryam ayat 88-95).
Alhasil, melihat kerancuan-kerancuan di atas maka sudah barang tentu keyakinan kaum Nasrani ini tidak dapat diterima di dalam agama Islam. Maka segala hal yang mengarah kepada dukungan ataupun apresiasi yang di praktikan dengan ucapan selamat, memakai atribut natal, dan sebagainya tidak dapat dibenarkan.
Selain itu, ayat-ayat di atas juga memberi kita pelajaran akan pentingnya membaca dan mendalami makna al-Quran agar kita terhindar dari berbagai penyimpangan sebagaimana yang kita dambakan dan kita pinta selalu ketika shalat “Ihdinassiratal Mustaqim” tunjukilah kami jalan yang lurus.
Quote:


bukan melarang tapi mengingatkan emoticon-Smilie mengucapkan selamat natal artinya kan memberi selamat atas kelahiran yang kata kepercayaan agama kristen "anak Tuhan" berarti si orang Islam dgn mengucapkan selamat lahir tsb tadi mengakui bawa Tuhan "mempunyai anak" dgn memberikan selamat atas kelahiran 'anak Tuhan' tsb, sedangkan dalam agamanya sudah jelas pernyataan bahwa Tuhan (Allah) tidak beranak dan tidak pula di per-anakkan serta tidak ada satu pun yang setara dgn-Nya (Allah) artinya ke-esaan Tuhan itu absolut (the one and only God)
urusan orang tsb tetap mengucapkan ya itu sudah masuk urusan masing2 individu emoticon-Smilie tapi kalo di agama Islam sih sangat dianjurkan untuk saling mengingatkan
pengucapan 'selamat natal' tentu berbeda derajatnya dgn pengucapan salam 'assalamu'alaikum' atau 'Syalom/shalom/oom swastiastu dsb' hal ini di lihat dari makna yang terkandung dari ucapan serta salam itu sendiri

tapi ya balik lagi sih kalo kita menggunakan logika Kristen untuk menilai perilaku beragama umat Islam pasti gak masuk pun begitu sebaliknya ketika kita menggunakan logika Islam untuk menilai perilaku bergama orang kristen, hal ini juga berlaku kpd agama2 lainnya
oleh karena itulah di butuhkan sikap saling toleransi antar umat bergama, tapi ingat toleransi itu bukan berarti ikut merayakan segala cukup biarkan mereka melaksanakan hari Rayanya masing2 dan tidak mengganggu pelaksanaannya juga sudah toleransi yang amat baik

CMIIW
Diubah oleh the veritas
copas dari BC BBM seorang kawan gan, semoga bisa mencerahkan bagi agan2 yang baca emoticon-Salaman

Spoiler for MENGUCAPKAN SELAMAT NATAL:

Quote:


Bener banget gan..
Quote:


Berarti berat jg yah kalo kita kerja di tempat kerja yg pimpinannya beragama nasrani. Nanti kita tdk ngucapin disangka tdk sopan dan tdk menghargai pimpinan
makanya sering2 dengerin pengajian gan
jgn sampe ilmu agama ente cuma sebatas sampai SMA doang
Quote:


ane lebih memilih otak kerdil tapi selamat dunia dan akherat gan.

"sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli kitab dan orang-orang musyrik akan kembali ke neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Mereka adalah seburuk-buruk mahluk" (QS. Al Bayyinah : 6)

itu ada di dalam kitab suci ane. dan sudah menjadi kewajiban ane utk tunduk dan patuh pada apa yg tertuang di kitab suci. kalo di dalam kitab suci ente ada ayat begitu..yg ngatain orang diluar agama ente itu kafir dan masuk neraka..ya monggo.

agama saya ya agama saya..agama situ ya agama situ.
Quote:


dan akhirnya dia menuduh orang lain kafir.. hahaha
kasian banget gan
setuju aja deh
Cuma ngucapin selamat sih biasa aja emoticon-Cool

kecuali kalau ente mukulin orang tanpa alasan jelas karena beda agama terang aja ntu salah emoticon-Matabelo
kalo menurut ustad2 ane nih dari jaman ane sd sih ga boleh gan emoticon-Matabelo apapun alesannya
pelajari lagi tentang agama ente. udah itu aja bebhh
Halaman 5 dari 26


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di