alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Animasi /
yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548e1a62a2cb173c398b4567/yang-nunggu-maya-gan--silahkan-box-modeling-nya

yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...

halooo gan ... ketemu lagi di "Bayu Animation Online Class" semoga selalu tetap semangat ... dan nga akan berhenti ...

buat agan agan yg nungguin tuts Maya, silanhkan ditengok gan ...
masih dr Box Modeling, semoga agan agan enak ngikutinnya ... emoticon-thumbsup

utk tools compare nya bisa dgn tuts 3DS Max nya di ...
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
Basic Modeling - Attach Detach and Merging
buat pesawat pakai Box Modeling !!!

yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
BAYU Animation Online Class - Maya 2013
Basic Modeling /Box Modeling - Coffee Table 01

yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
untuk awal kita menggunakan Maya ... dan utk membuat coffee table dgn isinya ... cangkir dengan tatakan piring kecil, cake dgn piring kecil dan garpu ...

yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
Poly Extrude Teknik
01. utk piring kecil kita akan mulai dengan - create /polygon primitive /cylinder
jangan takut utk menjadi terlalu besar atau terlalu kecil ... krn selalu bisa utk di adjust di sebelah kanan ... di INPUTS /polyCylinder1 attributes ...
02. utk mode selection antara vertex, edge, dan face cukup click hold kanan, lalu bisa pilih mana sub object yg akan kita pakai kerja ...
03. utk modeling piring kita bisa dengan face mode component, lalu extrude di edit mesh /extrude.
04. lalu scale down spy mengecil, dan extrude dan scale down lg sehingga membentuk lekukan kedalam seperti gambar.
05. utk tatakan penyanggah bawah piring bisa dibuat dgn extrude juga, agan bisa lihat bgmn profile extrude kalau dr samping, seperti di gambar sebelah kiri ya gan ... warna hijau ...

yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
Surface Revolve Teknik
01. utk teknik ini yg perlu dilakukan adalah membuat profile object line nya, lalu membutnya menjadi melikar dengan baik dgn surface revolve.
02. yg pertama kita buat dulu profilenya seperti pada gambar, yg digunakan surface /CV curve tool, tetapi kita perlu settng CV curve tool nya dulu, di kotak sebelah kanan dr menu CV curve tool tersebut.
03. CV curve tool setting ... rubah curve degree nya ke 1 linier. supaya bisa straight kaku garis yg kita buat nanti.
04. lalu agan bisa buat dr tengah seperti garis profile paga gambar.
05. setelah agan rasa cukup rapih agan bisa ambil surface /revolve supaya profile nya yg agan buat menjadi melingkar membentuk piring.
06. utk settingnya agan bisa pakai defaultnya saja, atau pastikan star sweep angle nya 0, dan end sweep anglenya 360, atau satu putaran penuh ...

yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
Smoothing and Refining
01. utk smoothing kita bisa gunakan mesh /smooth, yg perlu diperhatikan adalah division level, ini sebagai level smooth, atau intencity nya
02. atau kita bisa pakai proxy / subdiv proxy, bagus nya dr tool ini adalah meninggalkan object aslinya dalam bentuk proxy object, yg mana masih berhubungan dengan hasil object smoothing nya, dengan kata lain dgn tool ini kita mendapatkan 2 object, yatu proxy object sebagai low polynya, dimana masih ada connection terhadap object smoothingnya, sehingga apapun yg dirubah di proxy object akan diikuti pula perubahannya di smooth object nya, hanya smooth object nya sdh dgn tambahan smooth effect nya.
03. utk mengecek yg kadang terjadi vertex yg tidak menyatu, kita dapat gunakan edit mesh /merge vertex, dengan menselect vertex yg akan distukan, lalu gabungkan dengan edit mesh /merge.

yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
01. utk refining terakhir biasanya utk menjaga mana surface yg perlu benar benar smooth dan mana sureface yg hrs sedikit sharp. utk membuat sharp kita cuku menambahkan alur edge tambahan di dekat bagian yg terlalu smooth, sehingga membuat bagian surface tersebut lebih sharp krn double edge.
02. utk menambah vertex atauedge kita akan gunakan edit mesh /insert edge loop tool, agan hanya perlu click hold pada edge yg akan agan tambahkan edge nya, setelah dirasa yakin posisi nya tinggal agan lepaskan.

kira kira begitu 2 teknik utk membuat piringnya, dgn extrude dan revolve, semoga dgn tuts ini bisa menambahknowledge tool agan agan semua ... emoticon-thumbsup

utk gelas dan cake ny akan menyusul pada post thread di bawah ini, begitu juga TIPs n TRICKs nya ... selamat mencoba gan ...




jangan lupa juga tengok threads INDEXSF Animasi nya, utk list tuts yg lebih lengkap ...

emoticon-I Love Indonesia MAJU TERUS ANIMASI INDONESIA emoticon-I Love Indonesia


semua tuts Animation Online Class ada di FB PAGE atau YOUTUBE Channel ...
yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...

Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2

yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...

utk tools compare nya bisa dgn tuts 3DS Max nya di ...
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
Basic Modeling - Attach Detach and Merging
buat pesawat pakai Box Modeling !!!

yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
BAYU Animation Online Class - Maya 2013
Basic Modeling /Box Modeling - Coffee Table 02

01. Cake
yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
01. agan bisa buat box seperti gambar di Polygon /create /Polygon Primitive /Cube /setting -- width 8, height 8, depth 13, width divisions 3, height divisions 3, depth divisions 3.
02. gunakan lattice utk mengecilkan bagian depannya di Animation /Create Deformer /Lattice /Setting -- Divisions 2,2,2, lalu click kana pada Lattice pilih menu Lattice Point
03. lalu kecilkan bagian pinggirnya ...

yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
01. select vertex bagian yg di kecilkan dengan lattice lalu merge Edit Mesh /Merge.
02. rubah sedikit bbrp bagian vertex nya spy terlihat lebih organik.

yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
01. contoh rendering setelah bump, texture, dan node shader nya, akan kita bahas lebih detail kemudian ...


02. Cup Glass
yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
01. tuts ini mirip banged dgn 3DS Max Basic Modeling - Attach Detach and Merging ... bisa jd perbandingan ni gan ...
02. pertama tama pasti buat cylinder, extrude bagian dalamnyaa bbrp kali sehingga membentuk seperti cup di atas.
03. utk handle nya hanya dibuat dr box yg agak memanjang ke atas dengan sekitar 5 sampai 7 divisions nya ...
04. edit dgn vertex ... click kanan saja lalu pilih vertex ... lalu edit seperti pada gambar.
05. delete bagian yg berhimpitan dgn click kanan pilih face, select face yg berhimpitan lalu delete.
06. Merge dengan select kedua nya ... cup dan handle nya ... lalu combine dgn Mesh / Combine. lalu select vertex yg berhimpitan satukan dgn Edit Mesh /Merge.
07. utk smoothing gunakan SubDiv Proxy di Proxy /SubDiv Proxy, spy kita masih bisa edit lagi dan tetap bisa melihat hasil akhirnya ... emoticon-thumbsup




jangan lupa juga tengok threads INDEXSF Animasi nya, utk list tuts yg lebih lengkap ...

emoticon-I Love Indonesia MAJU TERUS ANIMASI INDONESIA emoticon-I Love Indonesia


semua tuts Animation Online Class ada di FB PAGE atau YOUTUBE Channel ...
yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
Diubah oleh bayu.indra

TIPs n TRICKs

utk tools compare nya bisa dgn tuts 3DS Max nya di ...
Gan ... yuk kita coba Box Modeling ... !
Basic Modeling - Attach Detach and Merging
buat pesawat pakai Box Modeling !!!

yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
BAYU Animation Online Class - Maya 2013
TIPs n TRICKs /Box Modeling - Coffee Table

01. EP versus CV
Quote:


sebenarnya yg ada itu cuma curve line aja ... EP atau CV itu cuma cara awal buatnya ... EP itu Edit Point ... CV itu Control Vertex, utk tracing itu bagus CV karena Control vertex nya menempel pada line, beda dengan EP yg Edit Point nya tidak menempel pada garis ... tapi itu cuma awalnya saja, baik di awal kita buat dengan EP atau CV, in the end yah tetap aja kita bisa edit dengan EP atau CV juga ...

awalnya agak aneh memang, ane juga kalau nga banyak ngobrol sama engineer nya Autodesk juga rancu ... ini lanjutannya asik ke NURBs ... Non-uniform rational B-spline

yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...

kira kira begitu gan arungjeram25 ... emoticon-thumbsup

02. User Interface
yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...

03. Object Navigations
yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...

04. Polygon Editing
yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...


jangan lupa juga tengok threads INDEXSF Animasi nya, utk list tuts yg lebih lengkap ...

emoticon-I Love Indonesia MAJU TERUS ANIMASI INDONESIA emoticon-I Love Indonesia


semua tuts Animation Online Class ada di FB PAGE atau YOUTUBE Channel ...
yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
Diubah oleh bayu.indra
kalau ane seringnya pake EP Curve Tool untuk bikin profile curvenya, itu ada perbedaannya dengan CV nggak? Kadang juga mau bikin profile curve yang ada bagian yang tajam tapi ada bagian yang halus, pas pake settingan Cubic malah jadi....... gimana yah? yg tajem jadi halus
Post ini telah di hapus oleh babanbe

EP versus CV

Quote:


sebenarnya yg ada itu cuma curve line aja ... EP atau CV itu cuma cara awal buatnya ... EP itu Edit Point ... CV itu Control Vertex, utk tracing itu bagus CV karena Control vertex nya menempel pada line, beda dengan EP yg Edit Point nya tidak menempel pada garis ... tapi itu cuma awalnya saja, baik di awal kita buat dengan EP atau CV, in the end yah tetap aja kita bisa edit dengan EP atau CV juga ...

awalnya agak aneh memang, ane juga kalau nga banyak ngobrol sama engineer nya Autodesk juga rancu ... ini lanjutannya asik ke NURBs ... Non-uniform rational B-spline

yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...

kira kira begitu gan arungjeram25 ... emoticon-thumbsup
ane naikin ke TIPs n TRICKs ya gan ... keren pertanyaan nya ...



Diubah oleh bayu.indra

User Interface, Object Navigations, Polygon Editing ...

tengok TIPs n TRICKs utk tuts ...
User Interface, Object Navigations, Polygon Editing ... emoticon-thumbsup
Diubah oleh bayu.indra
baru sempet bkin nih om bayu emoticon-Big Grin mohon masukannya emoticon-Malu
ditunggu tuts maya lainnya emoticon-Big Grin

Spoiler for 1:


pengguna Maya lainnya mana nih, kmren di tuts 3ds Max rame. emoticon-Big Grin
Quote:


hahaha keren ... layer cake ... kopinya asik ... emoticon-thumbsup
ane mau beralih ke maya nih emoticon-Big Grin

getting started dlu deh hehe
Quote:


gan pas bkin cakenya, latticenya bisa bikin vertexnya berhimpit, tapi kok pas di merge ga ngaruh apa" ?

kwkw hancur ane pakai maya, modellingnya beda jauh ma 3ds max emoticon-Hammer2
baru dpt segini emoticon-Peaceyang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...
Diubah oleh denilson0090
Quote:


klo ane sih ane naikin threshold nya gan, coba aja gan di merge/'option'

coba kasih lighting sama background nya di ganti putih gan, biar lebih keren emoticon-Jempol

Quote:


kemarin ke gramedia buat beli buku maya ga ada -_-
nantilah saya coba emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:


Quote:


manteb gan tutorialnya, klo ngasi texture gimana ya emoticon-Bingung (S)

Spoiler for :
Quote:
wah nyimak nih,tambahin modeling character ya om yg low poly dulu ajaemoticon-Request
Quote:


charater yah ... pasti !! ditunggu yah
materi subject yg seru kalau character

emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
Quote:


Quote:


setelah lattice nya berhimpitan sebelum di merge vertex nya sebaiknya select object nya lalu edit /delete history, spy object nya tetap tapi lattice nya di delete

Quote:


udah agak bisa maya gan, kemarin nyari tutorial udah bisa buat kyk gini yang nunggu Maya gan ... silahkan Box Modeling nya ...

Quote:


mantafff gan ... lanjut yg lain juga gan denilson0090

om bayu, kenapa ga bikin tutor nya lewat video aja?
ane liat untuk tutorial maya yang bhasa indonesia susah banget nyarinya di banding max sama blender.
kalo yang kuliah fokusnya ke animasi kaya ane ini cuma ngandelin tutor video dosen sendiri khusus maya+tutor maya yang bahasa inggris. kalo kemarin2 pake 3dsmax sih bejibun tutornya.

ayo om, bikin tutor video aja. atau om punya web, kursus online. share dong om. ane demen nih pake Mayaemoticon-Cendol (S)
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di