alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Studi Bahasa Daerah Diusulkan Dihapus dari Mata Pelajaran Wajib
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548d39c0118b465e368b456d/studi-bahasa-daerah-diusulkan-dihapus-dari-mata-pelajaran-wajib

Studi Bahasa Daerah Diusulkan Dihapus dari Mata Pelajaran Wajib

JAKARTA, Menurut Teguh Juwarno, anggota DPR Komisi X, pelajaran bahasa daerah dinilai sudah tidak perlu dijadikan mata pelajaran wajib. Bahkan, dia mengusulkan agar mata pelajaran itu ditiadakan dari mata pelajaran wajib.

“Kita sudah masuk era global sebentar lagi kita masuk masyarakat ekonomi ASEAN, persaingannya sudah semakin terbuka untuk apa kita masih berkutat dengan persoalan bahasa daerah,” sebut Teguh, seperti dikutip liputan6.com.

“Untuk anak-anak usia sekolah dasar, justru lebih penting mereka ditanamkan bahasa global sehingga kita bisa menjadi bangsa yang kompetitif,” sambung anggota Fraksi PAN tersebut.

Teguh memberi contoh, dipolmasi internasional bangsa Indonesia kerap kalah. Ini karena kemampuan bahasa asing bangsa Indonesia tidak sebagus negara lain.

Selain soal diplomasi, TKI juga banyak bermasalah karena faktor bahasa ini. Lebih lanjut, Teguh menyebut, dengan adanya contoh tersebut, sehingga ia menginginkan peningkatan pembelajaran bahasa asing mulai dari tingkat dasar.

Namun, pria 41 tahun ini tak ingin pelajaran bahasa daerah dihapus sepenuhnya dalam kurikulum. Hanya saja, lebih baik bahasa daerah dijadikan opsi bagi siswa. “Bahasa lokal tetap akan ada tapi bukan pilihan wajib seperti ekstra kulikuler,” tandas dia.

baca beritanya jangan tanya siapa dia
Quote:


Websitenya
Quote:
Diubah oleh shoeshelho
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Quote:


saran paling tolol emoticon-DP
Lah kebudayaan daerah kok dihapus ?? pekok emoticon-Big Grin
Ingsinyur tolil, kebudayaan kok mau di punahkan?
G usah banyak bacot utk hapus mapel bahasa daerah. Bikin pendidikan menjangkau seluruh pelosok indonesia dlu. Perbaiki infrastruktur sekolah2 di daerah pinggiran. Ini boro2 mw bikin anak2 indonesia berpikir secara global. Tai banget.
Kasian tiap ujian nasional, pendidikan yg g merata jd dilema bagi anak2 di daerah pinggiran emoticon-sad:

Klo pun anak2 indonesia nyampe ke penggung internasional, mereka yg g tw apa2 soal kebudayaannya jd g punya kepribadian. G bisa nunjukin "keindahan" indonesia. Padahal kan budaya yg bikin orang2 jd unik.
Diubah oleh ninogreyhusky
aksara jawa punah kalo kalo bahasa daerah dihapuskan

pelajaran bahasa daerah ada aja masih susah buat lancar kromo inggil, ini mau dihapuskan emoticon-Nohope

bahasa daerah = bahasa ibu/bapak
bahasa nasional = bahasa Indonesia
bahasa internasional = bahasa linggis, eh Inggris

lah kok mau di hapus emoticon-Cape d... (S) mau jadi apa budaya indonesia
di daerah ane gak ada tuh mata pelajaran bahsa daerah emoticon-Malu
Mending yang ngusulinnya dihapus emoticon-Embarrassment
Kalau jaman ane sih bahasa daaerah itu muatan lokal, bukan mata pelajaran wajib
Di Jabar belajar Bahasa Sunda
Di Jateng belajar bahasa Jawa
muke gile. mabok roti keknya..
Anggota dewan semprul. Pikirannya kok seolah" klo melestarikan bhs daerah berarti anti globalisasi. Justru di era globalisasi butuh identitas & karakter yg kuat utk dikenal. Bukan menghilangkan identitas sendiri & ikut"an bangsa lain.

Kekuatan diplomasi bukan masalah bahasa, tapi ketegasan pemimpinnya. Zamannya Bung Karno Indonesia malah lebih berpengaruh daripada zaman reformasi. Padahal era sekarang yg menguasai bhs asing jauh lebih banyak daripada dulu.
emoticon-Big Grin

Jepang maju tuh, padahal mayoritas rakyatnya gak bisa bhs Inggris. Ketemu orang asing saja cenderung menghindar, takut ditanya gak ngerti.

Turki zamannya Mustafa Kemal Pasha malah melakukan gerakan pemurnian bahasa Turki. Mengembalikan Turki ke identitas & budayanya sendiri. Krn zaman Ottoman terlalu byk menyerap kosakata bhs Arab, padahal mrk bukan orang Arab.
emoticon-Big Grin

Ciri khas orang Indonesia itu BILINGUAL, bisa ngomong pake bhs daerah & bhs Indonesia klo berinteraksi dgn suku lain. Klo udh kehilangan jatidiri baru nyesel.
emoticon-Big Grin
Diubah oleh k.fear
Post ini telah dihapus oleh KomodoJogging
Post ini telah dihapus oleh KomodoJogging
Post ini telah dihapus oleh KomodoJogging
Quote:


emoticon-Angkat Beer
Bahasa daerah bisa musnah kalo gitu emoticon-Big Grin
Apalagi di rumah ngomong bahasa Indonesia emoticon-Big Grin
Apalagi anak orang kaya sekarang sekoalhin anak di sekoalh internasional
Di ruamh ngomng ama anak sok pake inggris
Padahal inggris ortunya aja jelek bgt kyk inggris orang pasar emoticon-Big Grin

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
bukannya dari dulu juga bukan mapel wajib..
jaman gw SD dulu disebutnya muatan lokal
Post ini telah dihapus oleh KomodoJogging
dulu mungkin dapet nol terus ye om pas pelajaran ini
ato gurunya galak
Studi Bahasa Daerah Diusulkan Dihapus dari Mata Pelajaran Wajib Studi Bahasa Daerah Diusulkan Dihapus dari Mata Pelajaran Wajib
Bikin repot orang tua ngajarin kalo ada PR atau lagi semesteran..

Ortu jawa, di sekolahan ada pelajaran bahasa sunda..

Bahasa sehari-hari yang dipake bahasa Indo..

Mau dapat nilai berapa coba?

emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin



Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di