alexa-tracking

KRI Sutlan Hasanuddin Tangkap 2 Kapal Thailand Sedang Curi Ikan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548d1e3c507410e9388b456d/kri-sutlan-hasanuddin-tangkap-2-kapal-thailand-sedang-curi-ikan
KRI Sutlan Hasanuddin Tangkap 2 Kapal Thailand Sedang Curi Ikan
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah terus meneguhkan sepak terjangnya memberantas illegal fishing di tanah air. Itu dibuktikan dengan langkah KRI Sultan Hasanuddin-366 menangkap dua kapal yang dioperatori nelayan Thailand.

Kapal-kapal itu tertangkap di perairan Natuna, Kepulauan Riau. Penemuan ini bermula ketika KRI Sultan Hasanuddin sedang melaksanakan Operasi Rakata Jaya di perairan Kepri. Salah satu kapal jenis Sigma Class di Bawah Kendali Operasi (BKO) Komando Armada Laut Barat (Koarmabar) itu mendeteksi kontak mencurigakan di radar kapal pada Kamis (11/12/2014) lalu. Setelah didekati lebih kurang jarak satu mil kontak tersebut berhasil diidentifikasi sebagai kapal ikan.

Ketika itu, KRI kebanggaan Indonesia ini tengah beroperasi di wilayah Laut Natuna. Perairan perbatasan antara Indonesia-Malaysia sekitar 60 mil sebelah barat Tarempa.

Bereaksi cepat, Komandan KRI Sultan Hasanuddin-366 Letkol Laut Heri Tri Wibowo memerintahkan bawahannya untuk turun. Sebelumnya ia berhasil memaksa kapal asing itu merapat ke KRI.

Ditemukan dalam kapal berukuran sedang itu ada dua palka penuh ikan hasil rampokan. Secara posisi melaut, kapal itu jelas melanggar daerah perbatasan karena berada di perairan pulau milik Indonesia.

"Saat itu posisi kapal ikan tersebut berada di 03 39 54 U-104 58 27 T, tepatnya di perairan barat Pulau Jemaja," kata Heri melalui keterangannya diterima Tribun, Minggu (13/12/2014).

Usai penggeledahan, ternyata dokumen kapal ternyata tidak lengkap. Keasliannya juga patut diragukan. Selain itu Anak Buah Kapal bernama KM Tanjung Pura 02 itupun seluruhnya warga negara Thailand. Ditemukan juga dua palka tempat penyimpanan ikan di kapal itu sudah penuh terisi ikan. Yang lebih parah, di tiang tertinggi KM Tanjung Pura 02 berkibar bendera Indonesia. Diyakini lambang negara itu digunakan untuk mengelabuhi petugas.

Armada laut pencari ikan itu kini sudah diamankan di Lanal Tarempa. Para nelayan terbukti sedang mencuri ikan di perairan Indonesia lantara tak bisa menunjukkan kelengkapan dokumen dan seluruh ABK nya adalah WNA. Tak menunggu lama, selang 1 jam 40 menit setelah penangkapan pertama, Heri dan krunya menemukan keganjilan di radar kapal. Sekitar dua mil dari posisi pemeriksaan kapal pertama ada kontak mencurigakan. KRI Sultan Hasanuddin segera mengejar dan mengidentifikasi objek yang ternyata kapal ikan.

Mengetahui ditarget TNI AL, kapal itu berusaha kabur. Terjadi aksi kejar mengejar, namun usaha kapal nelayan itu sia-sia. KRI Sultan Hasanuddin berhasil menghentikannya pada koordinat 03 32 48 U-104 49 36 T. Heri memerintah kapal asing segera merapat ke KRI untuk proses pemeriksaan. ABK KRI turun untuk menggeledah dan ditemukan ternyata dokumen kelengkapan kapal ikan itu tidak ada, alias bodong. Kapal kedua berhasil diringkus dan dikawal menuju Lanal Tarempa. Kapal bernama KIA Tawatesai (bahasa Thailand) berisi sembilan orang dari negara gajah putih. Sama seperti kapal sebelumnya, di dua palka penyimpanan ikan terisi penuh oleh hasil laut Indonesia.

Sekedar info, Perairan Kepulauan Riau memang tempat favorit bagi pencuri ikan. Pasalnya, ada pertemuan air hangat dan air dingin di wilayah itu.

Percampuran dua jenis air ini menyebabkan banyaknya organisme laut kecil atau yang biasa disebut plankton. Populasinya yang banyak menarik ikan-ikan untuk berburu di perairan itu sehingga jumlah ikan juga sangat melimpah.
sumur http://www.tribunnews.com/nasional/2...dang-curi-ikan
coment bossemoticon-Matabelo
thailand suruh curi dari peairan malon aja
image-url-apps
One of the most advanced ship of the fleet...Nangkep maling?Segera bentuk CG!!!
KASKUS Ads
image-url-apps
mau di Bakar apa goreng gan???
Quote:


secara teoritis, malon gak punya wilayah perairan. emoticon-Ngakak
Quote:


ya udah curi ikan dari sungai2nya malon aja.
baguslah kl dah ketangkap gitu
bisa dibakar kapalnya ato lebih baik
hibahkan saja ke nelayan kita. Lumayan dapat kapal gratis.
Asal jgn dipungli aja.
image-url-apps
Kirain berkelahi
image-url-apps
thailand suru bencong2nya nyebur kelaut pake kostum putri duyung biar ikan2 dari indonesia pergi ke tempat mereka emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


saos tiram emoticon-Request
Quote:


Sebelum ada "CG" ga papa kan yang bisa nangkep bantu dulu. Kalau ada real "CG" baru itu advanced ship of the fleet back to her role.
DIKEBIRI , jadiin wadam aja dulu sebelum dipulangin emoticon-Malu (S)
image-url-apps
wah syng ga ada pidio kejar-kejaranya emoticon-Big Grin
emoticon-Cool
image-url-apps
hajar terus emoticon-Big Grin

maling jangan dikasih ampun emoticon-Cool
image-url-apps
Sigma class cuy yang turun emoticon-Big Grin

image-url-apps
bentar lagi giliran bung tomo yang nguber2 nelayan
image-url-apps
Diarea perbatasan dipasangin ranjau aja, biar lgs mokademoticon-Big Grin
image-url-apps
thai gak ada ikannya
dilarang juga emang nekad karena selama ini damai di hati damai di bumi
image-url-apps
Buset dah turun derajat banget dulu waktu jamannya sby ditugaskan utk misi UN di lebanon
Sekarang Jamannya kodok cuma buat ngejar2 sampan nelayan doang emoticon-Ngakak
×