alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[Bukan Jokowi, KMP, KIH] Bupati Banyuwangi Jadi Marketer Of The Year Pemerintahan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548c2218118b464b5c8b4567/bukan-jokowi-kmp-kih-bupati-banyuwangi-jadi-marketer-of-the-year-pemerintahan

[Bukan Jokowi, KMP, KIH] Bupati Banyuwangi Jadi Marketer Of The Year Pemerintahan


JAKARTA - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyabet gelar Indonesia Marketing Champion 2014 untuk kategori kalangan pemerintahan (Government) karena dinilai cukup berhasil memasarkan kabupaten di ujung timur Pulau Jawa itu. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya kepada Anas di Jakarta, Kamis (11/12). Ajang penghargaan tahunan ini diselenggarakan oleh MarkPlus Inc.

Pendiri MarkPlus yang juga pakar pemasaran Hermawan Kartajaya mengatakan, beragam strategi pemasaran yang dilakukan Bupati Banyuwangi mampu mengangkat pamor daerahnya. Selain menjadi destinasi wisata unggulan, Banyuwangi juga mulai dilirik sebagai tempat berinvestasi.

"Dari ratusan kepala daerah, Pak Azwar Anas adalah salah satu yang inovatif dan sadar marketing. Banyuwangi juga mampu menyinergikan pengembangan destinasi wisatanya dengan pihak lain, termasuk dengan BUMN," ujar Hermawan.

Dewan Juri dalam penghargaan ini adalah sejumlah tokoh, antara lain, Menteri Pariwisata Arief Yahya, mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, CEO MarkPlus Hermawan Kartajaya, dan Direktur Telkom M. Awaluddin.

Sejumlah kriteria dalam penilaian penghargaan ini antara lain pengaruh dan integritas personal, inovasi, kinerja, dan dampak komunitas. "Bupati Banyuwangi menunjukkan spirit marketing dalam kesehariannya," ujar Hermawan.

Salah seorang dewan juri, Dahlan Iskan, mengatakan, salah satu keunggulan Bupati Banyuwangi adalah kemampuan mengelola external customer dan internal customer sama baiknya. "Ada kepala daerah lain yang hebat programnya, tapi tidak mampu mengelola para PNS-nya yang sesungguhnya adalah internal customer. Nah, Pak Azwar Anas ini hebat marketing untuk external marketing dengan kemampuan mendorong perubahan PNS secara baik," kata Dahlan.

"Pak Azwar Anas ini juga melakukan segala cara untuk memasarkan Banyuwangi. Saya tahu betul usahanya," ujarnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemasaran daerah adalah hal strategis yang harus dilakukan untuk memajukan daerah. Bahkan, Anas memosisikan dirinya sebagai seorang salesman bagi Banyuwangi. "Setiap ada kesempatan, saya selalu promosi. Di gadget saya lengkap tersimpan file presentasi data, foto, dan video tentang Banyuwangi. Ketemu orang di bandara, lewat Twitter, forum di mana-mana saya selalu pasarkan Banyuwangi," ujarnya.

Anas mengatakan, Banyuwangi memilki potensi besar yang belum tersentuh dengan maksimal sebelumnya. "Butuh niat kuat, diplomasi tepat dan kerja cerdas untuk menggali potensi itu demi kemajuan daerah. Strategi pemasaran yang tepat dengan mengandalkan banyak saluran distribusi, mulai media konvensional, media sosial, hingga beragam aktivasi, menjadi kuncinya,” kata Anas.

Sebelumnya, Banyuwangi memiliki image yang kurang positif sebagai daerah yang terkenal dengan aktivitas kleniknya. Selain itu derah ini juga dikelilingi oleh kawasan hutan dan pegunungan yang membuatnya sulit dijangkau. Kini, Banyuwangi semakin mudah diakses dengan adanya bandara yang tiap hari sudah diterbangi Garuda Indonesia dan Wings Air.

"Kami juga mendorong ekowisata yang mengandalkan wisata budaya dan wisata alam yang punya diferensiasi kuat dibanding daerah lain," tuturnya.

Tiap tahun di Banyuwangi digelar event kreatif bertajuk Banyuwangi Festival yang banyak mengandalkan kerja sama dengan dunia usaha alias private partnership. “Ini salah satu cara mengasah lahirnya birokrasi yang punya jiwa entrepreneurship. Dengan anggaran APBD minimal, kita berupaya menghadirkan berbagai event wisata berkelas, seperti International Tour de Banyuwangi Ijen, Jazz Pantai, dan Festival Gandrung Sewu," tuturnya.

“Terjadi perputaran ekonomi yang dinamis selama Banyuwangi Festival. Banyak orang yang datang, menginap di hotel-hotel, makan dan berbelanja oleh-oleh. Dengan berbagai event ini juga menunjukkan kalau Banyuwangi adalah daerah aman untuk daya tarik bagi masuknya investasi. Ibaratnya, menembak tiga burung dengan satu peluru,” cetus Anas.

Hasilnya, pada 2013, investasi yang masuk di Banyuwangi mencapai Rp 3,2 triliun, meningkat hingga 175% dibanding tahun 2012 yang sebesar Rp 1,1 triliun. Jika dibandingkan dengan 2010 yang investasinya baru Rp 272 miliar, investasi di Banyuwangi melonjak drastis hampir 1.100%.

Citra Banyuwangi juga mulai bergeser menjadi kabupaten yang terdepan di Indonesia dalam bidang teknologi dengan menjadi kabupaten Digital Society di mana 1.300 titik wi-fi telah terpasang di berbagai tempat. Layanan publik juga mulai berbasis teknologi informasi.

"Tahun depan kami akan memperkuat brand Banyuwangi sebagai destinasi ekowisata dan investasi. Sudah ada beberapa strategi yang kami siapkan," pungkasnya.
sumber

Inilah produk pilkada langsung gan emoticon-thumbsup
Diubah oleh EconomicHitman
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
ini sih bener2 bukan PENCITRAAN emoticon-Ngakak
cuma 1 2.. yang real 86 % koruptor hsil pilkada langsung

tapi lumayan si anas.. lebih konkret hasilnya daripada hoktod


emoticon-Ngakakemoticon-Najisemoticon-Ngakak
bupatinya sudah masuk got belum? emoticon-Matabelo
nah kalau yang dah berprestasi kayak begini harus disorot media terus,biar dikenal masyarakat dan bisa naek pangkat jadi gubemoticon-Kiss

Kenapa Panastak ga masuk?

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ada yang sadar gak mentri dan bupatinya satu kampung emoticon-Malu (S)
tetangga ane semua tuh emoticon-Malu (S)
Quote:


yaelah, namanya juga demokrasi baru mulai.
pilkada langsung aja baru dua kali.
ameriki yg udah sukses demokrasinya pun perlu waktu lama.

kalau dibandingkan sama yg non-langsung busuknya jelas banyak non-langsung, orang penyebab dibikin pilkada langsung kan karena bobrok sistem pilkada dprd.


Quote:


setau ane yg kepala daerah ini belum pernah masuk got, marah-marah depan kamera, apalagi manggul-manggul beras.emoticon-Malu (S)
Timnya Pak Bup ini memang ke acara apapun pasti bawa buklet promo pariwisata Banyuwangi "Sunrise of Java", ane pernah dikasih satu. Keren, nggak kayak bayangan umum tentang brosur buatan pemerintah. Profesional banget dan bener2 bikin pingin tamasya ke Banyuwangi.
emoticon-Selamat
TS pilkada langsung cuma di banyuwangi kah?? emoticon-Bingung (S)
Ini kan Bupati yang mau keruk emas di alas purwo yang masuk cagar alam emoticon-Matabelo
dari dulu ga sempet muter2 Banyuwangi, mentok semalem itupun acara kondangan. Moga2 ada waktu balik sana lagi, penasaran sama Alas Purwo emoticon-Big Grin

btw, ga ada mulustrasi nih, biar makin semarak tritnya emoticon-Ngakak
Diubah oleh fujishiro
[Bukan Jokowi, KMP, KIH] Bupati Banyuwangi Jadi Marketer Of The Year Pemerintahan
ini orangnya, hayo yang mana istrinya?
emoticon-Ngakak

sepertinya Beliau terus berinovasi,
saat pusat berencana bikin e-desa, beliau sudah jauh jauh hari menyiapkan e-village budgetting.
hampir semua kementrian dan perusahaan BUMN yang potensial, dirayu untuk mengembangkan di banyuwangi.
pabrik gula senilai 1 trilyun semasa Dahlan Iskan
mengaktifkan bandara dengan menjamin kursi Wing Air dan Garuda oleh rekanan lokal/travel. bukan pakai uang pemda
menarik bosowa membangun pabrik
menarik pabrikan mobil listrik membangun disana
menarik telkom untuk memasang wifi ribuan titik, bahkan di kuburan aja dipasang wifi.
menarik sekolah penerbangan negri setelah curug
mengembangkan obyek wisata alam dengan bekerjasama dengan instansi terkait.
membuat even even sepanjang tahun,

kalo di daerah sih gak perlu pencitraan gan, kan dah saling kenal

emoticon-Matabelo
Quote:


ane juga pernah liat pas ke acara seminar yg ada bapakenya.

Quote:


udah ane beri tuh.emoticon-Big Grin

ketawan gak ngikutin Marketeer of The Year. Jokowi uda dapet Indonesia Marketing Champion tahun 2010 keleus emoticon-Big Grin
Quote:


maksudnya tuh trit ini gak ngebahas jokowi, kmp, atau kih, soalnya trit bertema kayak gitu udah terlalu mainstream di bp.


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di