alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
(Efek Enclothed Cognitition) Atribut Natal, MUI: Pakaian Dapat Pengaruhi Psikologi
3 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548bdedd902cfe1b0c8b4578/efek-enclothed-cognitition-atribut-natal-mui-pakaian-dapat-pengaruhi-psikologi

(Efek Enclothed Cognitition) Atribut Natal, MUI: Pakaian Dapat Pengaruhi Psikologi

(Efek Enclothed Cognitition) Atribut Natal, MUI: Pakaian Dapat Pengaruhi Psikologi
Pekerja sebuah restoran cepat saji di Banten, Ahad (7/12), mengenakan atribut Natal berupa tanduk rusa sebagai bagian seragamnya.

Pemaksaan dalam pengenaan atribut keagamaan pada karyawan beragama lain dikhawatirkan dapat merusak hubungan baik antarumat beragama yang sudah terbangun selama in.
Selain itu, Majelis Ulama Indonesia menyatakan pakaian yang dikenakan seseorang akan berpengaruh pada psikologisnya.

"Pasti akan terpengaruh dan dipengaruhi oleh pakaian dan simbol-simbol yang dia pakai," ungkap Ketua Bidang Pendidikan MUI Anwar Abbas pada Republika, Sabtu (13/12).

Pernyataan Anwar ini didasari penelitian bertajuk Enclothed Cognitition yang dilakukan dua orang pakar bernama Hajo dan Galinsky. Kedua orang ini meneliti tentang pengaruh pakaian terhadap proses psikoligis seseorang.

Kesimpulan dari penelitian tersebut ialah pakaian dapat memengaruhi perasaan, pikiran serta respon pemakainya. Karena itu, dikhawatirkan pengenaan atribut keagamaan terhadap pemeluk agama lain dapat mempengaruhi psikologis orang tersebut.

Selain itu, Anwar juga mengkhawatirkan adanya pemaksaan pengenaan atribut Natal pada karyawan Muslim dapat berdampak negatif terhadap kerukunan beragama. Jika pemaksaan terjadi, akan ada potensi kerusakan dalam hubungan baik antar umat yang sudah terbangun selama ini.

Bukan tidak mungkin timbul kecurigaan akan adanya maksud-maksud tertentu di balik pengenaan atribut tersebut. "Akan mengundang kecurigaan akan adanya usaha dan upaya kristenisasi terhadap mereka yang sudah beragama Islam," jelas Anwar.

Karena itu, Anwar menghimbau agar tidak ada lagi pemaksaan terhadap karyawan untuk mengenakan atribut keagamaan yang tidak diyakininya untuk menjaga kerukunan beragama.

Bagi umat Kristiani, Anwar menghimbau agar tidak ada pemaksaan atau penganjuran dalam pengenaan atribut Natal pada pekerja Muslim dalam rangka menyambut Natal.
Begitu pula sebaliknya, umat Muslim diharapkan tidak memaksa atau menganjurkan pekerja non Muslim untuk mengenakan atribut-atribut keislaman dalam menyambut hari-hari besar Islam. "Agar di tengah-tengah masyarakat tercipta kerukunan dan kedamaian," ujar Anwar.(Sumber)
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 6
Absen dulu sembari nunggu wakil tuhan komen
Diubah oleh nubi.asli
Quote:


Jangan saling memaksa
walah capek urusan beginian emoticon-Cape d... (S)
menurut gw tindakan mui sudah tepat, menghimbau tidak memaksakan perihal isu ini, kalo udah gitu kewajiban mui udah lepas jd terserah mau ikut2 nyanyi2 pake kupluk merah, ngucapin selamat apa kek, suka2 lah.
emoticon-Cool
Bener juga
Berarti yg pakai baju arab pasti tingkahlakunya kayak orang arab
nunggu himbauan sejenis dari MUI pas menjelang idul fitri,


emoticon-Big Grin
NASTAK PASTI BERHARAP SINTERKLAS DATANG NGASIH HADIAH KIS, KIP, BPJS
NASBUNG KALO SINTERKLAS DATANG DI FENTUNGI, KARENA CUMA KASIH MIE INSTAN emoticon-Big Grin
Takut amat kehilangan member emoticon-Big Grin

Setau gue ga ada yg maksa, tapi diwajibkan, kalo kerja itu ya nurut aturan disitu, ga suka? Yaudah kuar cari tmpt lain, jgn mewek2 kek panasbung emoticon-Ngakak
ga ada yg maksa

contohnya waktu tahun barunan ga ada yg maksa...
tapi tetep banyak muslim ngerayain...

majelis gaje
Quote:


ngakak berat emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Fuihhhhh... sekarang udah baca paper juga (judulnya doang?) emoticon-Ngakak (S)


Ndak bisa dibandingkan sebenernya
di penelitiannya Adam & Galinky
yang dipakai itu jas lab
respon pemakai terhadap jas lab akan beda dengan pemakai atribut natal oleh pemeluk agama non-kristen

efek yang dijumpai dalam penelitian juga "cuman" peningkatan perhatian dan kehati-hatian bukan berubahnya cita-cita menjadi seorang dokter. emoticon-Big Grin

Makanya silakan MUI bikin penelitian sendiri
efek memakai atribut natal bagi pemakai itu apa:
1. Berubah kepercayaan
2. Menjadi menjunjung tinggi pluralitas
ataukah
3. Justru malah menimbulkan kebencian karena merasa dipaksa
yg korupsi sapi pasti kelakuannya seperti sapi

yg suka jonru pasti mukanya seperti babi
emoticon-Stick Out Tongue
Gak suka ya tinggal pindah kerjaan . gitu aja kok repot emoticon-Big Grin

MUI seharusnya juga menyarankan untuk tidak menerima hadiah natal dan memberi solusi jika orang yg menolak pake atribut natal resign dari kerjaannya emoticon-Ngacir

Tiap tahun kok ini mulu yg diomongin.... kalo gak atribut ya ucapan emoticon-Big Grin
sebaiknya hindari semua produk kafir seperti facebook, komputer, dan kaskus, krn dapat mempengaruhi psikologi emoticon-Belo
pengaruh yang bagaimana

ga semua bego dalam mengartikulasikan pesan
emang haram gan emoticon-Big Grin
kecuali diskon akhir taun, kalender libur merah itu halal emoticon-Big Grin
kalo pakaian fpi tuh gmana hubungan nya ama psikologi? emosian ngamuk2 dan fentung kiri kanan
Hean gua
dari dulu gak masalah
jùstru di blowup itulah sekaranh bermasalah
koq ya ada org yg mengusik atribut segala saya kira kalau gak di blowup ejoy enjoy aja tuh dari dulu gak ada yg ngeributin
baik natal idul fitri nyepi dll tuh
Berita kaya gini nih yang mengusik kerukunan ber agama
suatu kali gw pakai helm jerman kenang-kenangan kakek jaman ww2. tiba-tiba tanpa sadar gw sudah berdiri di depan rumah tetangga sebelah. mak gw liat gw berdiri di pintu sambil bawak golok. ngapain lu tong? tanya mak gw.

gw jg heran ngapain berdiri di depan rumah orang sambil bawak golok. usut punya usut ternyata tetangga sebelah rumah namanya pak WAHYUDI.

hmmmm begitu ya

#cerita

toleransi beragama masih mahal harga nya di Indonesia, kalah sama negara Barat, dimana Muslim bisa jadi walikota tanpa protes/demo, padahal mayoritas di sana Kristen
ironis nya, Indonesia dijuluki mayoritas Muslim terbesar sedunia yg suka jelek2xin barat kafir dll
Halaman 1 dari 6


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di