alexa-tracking

Kritik Pemerintah, Mahasiswa ITB Gelar Pasar Murah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548ba4311a9975a1548b456d/kritik-pemerintah-mahasiswa-itb-gelar-pasar-murah
Kritik Pemerintah, Mahasiswa ITB Gelar Pasar Murah
TEMPO.CO, Bandung - Keluarga Mahasiswa Institut Teknologi Bandung mengkritik pemerintah dengan menggelar pasar murah. Dari hasil survei mereka, daya beli masyarakat miskin terbukti menurun setelah pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak bersubsidi sebesar Rp 2.000 per liter.

Mahasiswa pun beraksi dengan menjual empat jenis kebutuhan pokok, yakni beras, telur ayam, gula pasir, dan minyak goreng dengan harga miring. Pasar murah itu akan dihelat pada Sabtu, 13 Desember 2014, di lapangan Jalan Gelap Nyawang, belakang Masjid Salman, ITB, pukul 08.00-14.00 WIB.

Mahasiswa telah mendata 550 target pembeli dari kalangan kurang mampu di sekitar kampus ITB. "Mereka memegang surat keterangan tidak mampu dari ketua rukun warga," kata Menteri Sosial dan Politik Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB Luthfi Anshari kepada Tempo, Jumat, 12 Desember 2014. Warga tersebut tinggal di RW 04-08 Kelurahan Lebak Siliwangi dan RW 12-13 Kelurahan Dago.

Barang pokok yang dijual itu lebih murah 40-60 persen daripada harga pasar. Beras per kilogram dihargai Rp 4.500, lebih murah dari harga normal Rp 9.500. Sedangkan telur ayam dibanderol Rp 10 ribu per kilogram sementara harga pasar Rp 18 ribu.

Adapun gula pasir per kilo dan minyak goreng per liter yang di pasaran dijual Rp 10 ribu di sini hanya dilepas dengan harga Rp 6.000. "Kami mencari dana subsidinya Rp 35 juta dari CSR perusahaan dan alumnus," ujar Luthfi.

Keluarga Mahasiswa ITB termasuk kelompok penolak kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi. Salah satu alasan mereka adalah pemerintah dinilai belum menjamin kesiapan 28 juta masyarakat Indonesia di lapisan ekonomi terbawah dalam menghadapi kenaikan harga BBM. Kartu Keluarga Sejahtera yang dibagikan pemerintah kepada 15,6 juta keluarga prasejahtera di Indonesia, menurut mereka, hanya akan menyejahterakan masyarakat secara semu.

"Pemerintah pusat dan daerah harusnya mengusahakan lapangan pekerjaan yang sesuai," kata Luthfi. Tujuannya, masyarakat memiliki aktivitas produksi dan pendapatan yang lebih menyejahterakan, sehingga daya beli masyarakat akan meningkat.

Setelah melakukan pendataan lapangan ihwal harga kebutuhan pokok masyarakat dan pengaruhnya terhadap daya beli, kata Luthfi, pelemahan daya beli masyarakat terbukti benar. Harga-harga kebutuhan pokok hampir semua komoditas mengalami kenaikan. Harga hasil ternak mengalami kenaikan Rp 3.000-4.000, sementara hasil tani rata-rata mengalami kenaikan dua kali lipat. "Pada akhirnya masyarakat tidak punya banyak pilihan untuk memasak."
telor doang..kirain sama ayamna....emoticon-Nohope
Kampus nasbung emoticon-Mad

Pake kritik2 pemerintah segala lagi emoticon-Mad

Nasbung dasar emoticon-Mad

emoticon-Traveller
Perjelas dong TS. Itu pasar murah atau pasar rugi ??. Pasar murah itu umunya jual dengan harga mendekati modal atau harga modal. Pasar rugi itu harga di bawah modal.
mbok ya dibikin setaon begetcho.. emoticon-Peace
tapi ya tetep diapresiasi cara mengkritiknya, moga2 jadi masukan bagi pemerintah.










Quote:

kalo ada ayamnye ane juga mau gan

Quote:

sabar gan emoticon-Ngakak
kritik kan wajar, sapa tau pemerintah ga mau kalah n bikin pasar murah juga


Quote:

bagi yg membutuhkan mah ga peduli dibawah modal atau kaga gan, yg penting murah emoticon-Ngakak
cangcut ma beha naik ga ? emoticon-Bingung (S)
kalau demonya kayak gini ane dukung deh , baru ini yg namanya benar benar kaum intelektual , bukan model mahasiswa bego yg demo demo dengan ngerusak dan bikin macet dijalanan emoticon-Najis , ini baru yg namanya benar benar menolong rakyat kecil secara nyata emoticon-2 Jempols
bagus cara kritiknya alasan penolaknya juga logis emoticon-2 Jempol
panastak bakal buat pasar tandingan nichemoticon-Big Grin
pemerintahnya mau di krtitik gak??
wih hari ini ya gan
boleh jg tuh potongan 40-60%
sekalian survey jg kyknya
Ini namanya carmuk, kalo kritik itu, harga pasar berapa, dia bisa nyediain barang secara berkala dgn harga murah secara konsisten.

Kalo itumah duit emaknya dipake buat ngurangin harga telor, ama beras. Dampaknya cm harga murah buat segelintir org dan cm sekali doank, tujuannya bkn kritik ini, tujuannya carmuk, pemerintah jg kalo cm bkn pasar rugi begitu bisa, cm gada manfaat jangka panjangnya, kalo mau ada efeknya ya energi alternatif selain bahan bakar fosil, atau bisa jd penyediaan pakan ternak dan pupuk yg murah lwt subsidi.
Quote:


beda kampus beda otak beda cara demonya ya gan emoticon-Ngakak
Subsidi swasta namanya
pake dana bantuan sponsor buat ngurangin harga sembako nya.
ya sama aja dong dengan pemerintah selama ini? yg dibutuhkan kan menaikkan nilai mata uang supaya sembako juga turun harganya.
Quote:


Panasbung konsumennya emoticon-Ngakak (S)
Quote:


contoh overdosis air kobokan, gerakan positif kayak gini di bilang camuk n macem2, yg gk camuk ya cuman jongoswow kan

emoticon-Ngakak
jahat.. rakyat sedekah aja diributin

emoticon-Ngakak
berarti emgnkritik jawa barat emoticon-Ngakak
Quote:


lu yg kebanyakan minum kobokan tolol!
bantah tulisan dia goblok!
jgn asal bacot, goblok!!!!!!!