alexa-tracking

Peluncur Roket Canggih Milik TNI AD ini Bisa Hancurkan Area Seluas 2 Hektar

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548af80114088dd3258b4577/peluncur-roket-canggih-milik-tni-ad-ini-bisa-hancurkan-area-seluas-2-hektar
Peluncur Roket Canggih Milik TNI AD ini Bisa Hancurkan Area Seluas 2 Hektar
Peluncur Roket Canggih Milik TNI AD ini Bisa Hancurkan Area Seluas 2 Hektar

Jakarta - Kekuatan pertahanan Indonesia sudah semakin maju seiring dengan koleksi alutsista yang dimiliki TNI. Seperti peluncur roket baru milik TNI Angkatan Darat yang bisa menghancurkan sasaran yang ditujunya hingga cakupan 2 hektar.

Adalah Multiple Launcher Rocket System (MLRS) milik Pusdik Armed (Pusat Pendidikan Artileri Medan) TNI AD yang tak bisa dipandang sebelah mata. Bentuknya yang besar seperti mobil-mobil pada film Transformer cukup mencolok di pameran Alutsista peringatan Hari Juang Kartika TNI AD di Monas, Jakarta Pusat.

Artileri ini merupakan buatan Avibras Aerospacial Brazil dan memiliki kecepatan tembak hanya dalam waktu 16 detik saat melemparkan amunisi roketnya. Sekali tembak, MLRS dapat menghancurkan 400x520 meter atau sekitar 2 hektar terhadap sasarannya.

"Kecepatan daya luncur roket 16 detik sekali lepas amunisinya. Daya hancurnya 2 hektar, sekali tembak bisa menghancurkan setara kompleks Monas atau Gelora Bung Karno," ujar prajurit Armed yang menjaga MLRS di stand pameran, Serka Rusmiyanto, Jumat (12/12/2014).

MLRS yang memiliki panjang 9,9 meter dan tinggi 3,2 meter serta lebar 2,8 meter dapat mengangkut 4 orang awak dalam sekali operasi. Memiliki berat 24 ton membuat artileri yang juga dikenal dengan sebutan Astros (Artilery Saturation Rocket System) tak bisa dianggap enteng. Terutama karena MLRS memiliki daya jangkauan sejauh 85 km, setara dengan kurang lebih jarak Jakarta-Bogor.

"Untuk sekarang yang kita punya daya jangkaunya baru sekitar 80 km. Kita lagi pesan untuk yang bisa sejauh 300 km. Astros biasanya disimpan di Pusdik Armed di Cimahi, Bandung untuk pelatihan prajurit," kata Rusmiyanto.

Roket yang digunakan pada MLRS ini adalah jenis SS-80 untuk jangkauan jarak 85 km. Sementara dengan Caliber 450 mm Guided (Tactical Missile), artileri ini mampu menjangkau musuh hingga 300 km. MLRS dilengkapi dengan radar trajectography untuk kendali akurasi perkenaan sasaran dengan sistem Navigasi GPS dan INS.

Untuk kendaraannya, MLRS berjenis Tatra (6x6) yang bisa digunakan di segala medan. Untuk on road, kendaraan bisa dipacu hingga 100 km/jam dan untuk off road 50 km/jam. Daya jelajah kendaraan yang baru saja di Indonesia pada bulan Oktober lalu ini adalah 600 km.

"Baru sampai di kita bulan Oktober terus langsung dipamerkan di Surabaya 5 Oktober (HUT TNI). Habis ini besok pameran di Papua," tutur Rusmiyanto.

Beberapa pengunjung pameran di Monas tampak terkagum-kagum melihat MLRS. Seperti Agung (21) yang terlihat penasaran dengan artileri tersebut. Tak henti-hentinya ia memegang body MLRS, termasuk ban-ban nya yang sangat besar.

"Emang keren pertahanan kita. Alutsistanya canggih dan keren-keren. Ini kayak Transformer," ucap Agung sambil memfoto MLRS.

Sumur

Nah lo 2 hektar, sepertinya persiapan buat perang nihh. Atau nanti dikira mau produksi nuklir juga sama negara laen? ngerilaahhh..
masa??,g yakin aneemoticon-No Hope...coba test drive di perbatasaan sonoemoticon-Big Grin
bermula dari panzerwerfer dan katyusa.
sudah ada sejak ww2. selain gps dan trajectory, canggihnya dimana ya?
ati ati diincer am riffle.
kirain rudal, kalo rudal bakal lebih greget tuh
baru punya MLRS sekelas ASTROS aja kok kesannya heboh banget ya? emoticon-Nohope

Gimana kalo punya MOAB atau Tomahawk emoticon-Big Grin

============
btw, itu beneran pake varian ss-80? bukannya varian ss-80 cuma bisa muat 4 roket per launcher mengikat ukuran diameternya yang mencapai 30cm .. yang muat 16 buah itu varian ss-40, diameter 18 cm ?

dibilang lagi pesen yang jarak tembak 300km? ASTROS juga? lah bukannya roket ASTROS yang jarak 300km belum jadi ya? emoticon-Nohope
trus mesen kemana? emoticon-Big Grin

lagipula yg 300km bukan unguided rocket kan? emoticon-Big Grin

=================
EDIT:
Setelah ane google, ternyata bener.. kemungkinan pake SS-80.. launcher isi 4 roket.
Tapi 4 roket bisa ngancurin 1 luas monas? apa gak lebay tuh? emoticon-Nohope
Quote:


siap2 mau perang, musuhnya sapa....?

Emang perang enak ya.....??

Peralatan tempur untuk menjaga wilayah NKRI bukan buat cari musuh
nunggu pendapat anak formil dimarih emoticon-Big Grin
Sayang buatan Brazil
Coba buatan lokal pasti lebih bangga
Malaysia udah punya lama keles emoticon-Big Grin
astros udah lama lah itu di indonesia
klo belum di tes di tengah kota blm percaya aneemoticon-Big Grin
Quote:


semua karena media.. emoticon-Big Grin biar naikin citra lah... emoticon-Big Grin
astor sakti
emoticon-Ngakak
Quote:


nah itu dia, ane juga bingung. maksudnya 16 detik ini apa? ane sampe salahj kira 16 roket, makanya ane nyangkanya pake roket yang varian ss-40.
Taunya pake launcher yang isi 4, jadi kemungkinan bener pake ss-80.. tapi buat ngeluncurin semua roket (4 buah), di Youtube gak nyampe 3 detik udah ngeluncur semua tuh roket2nya..
SEKEDAR SARAN ,BAIKNYA DI LETAKAN DI BATAM MENGHADAP KE SINGAPURA DAN MALAYSIA...KLU MACAM2 TINGGAL CABUT AJA REMOTE PELUNCURNYA
ujicoba ken aja ke kapal nelayan asing dlu pak emoticon-Big Grin
mantaplah tni kalo perlu diperbanyak
wow peluncurnya saja bisa menghancurkan area seluas 2 hectare apalagi roketnya...
Quote:


emoticon-Ngakak ane juga bingung gan dgn judul ts
maju terus TNI untuk menjaga NKRI