alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tips Menghindari PHK Paksa atau Pemulangan Sepihak
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548ae3da14088d301a8b4573/tips-menghindari-phk-paksa-atau-pemulangan-sepihak

Tips Menghindari PHK Paksa atau Pemulangan Sepihak

Sejak November 2006, kebijakan baru Council of Labor Affairs (CLA) menyatakan bahwa Buruh Migran Indonesia (BMI) di Taiwan perlu ke Bureau of Labor Affairs (BLA) dan menandatangani dokumen pernyataan untuk pulang kampung. Jika tidak menandatangani, maka majikan atau agensi tidak bisa memulangkan buruh migran.

Jika majikan memanggil polisi, maka polisi tidak mempunyai hak untuk terlibat dalam kasus kerja tersebut. Mereka tidak punya hak untuk menangkap, memaksa kembali ke negara asal, jika Anda bukan kaburan atau melakukan kejahatan. Katakan pada polisi bahwa pemulangan Anda tidak sah dan menginginkan bantuan dari BLA. Jika polisi mengabaikan permintaan Anda, maka tulis nomor identitas mereka.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dicermati jika Anda mengalami pemulangan sepihak atau PHK paksa :

1. Jangan pernah mau menandatangani formulir PHK, kertas kosong, atau dokumen yang buruh migran tidak tahu isinya. Misalnya tulisan mandarin yang diberikan oleh agensi dan tidak diketahui artinya oleh buruh migran.
2. Jangan meninggalkan asrama atau rumah majikan.
3. Jika sampai di bandara, jangan memasukkan bagasi Anda di loket check in dan beritahu polisi bandara bahwa Anda membutuhkan bantuan pusat pelayanan CLA di bandara (No telepon konseling bandara 03-3989002).
4. Lari dan mintalah bantuan jika Anda dilecehkan atau di bawah ancaman pelecehan. Di dalam kasus seperti ini, Anda tidak digolongkan sebagai kaburan. Jika keselamatan tidak terjamin bisa menghubungi polisi di nomor 110 dan pelecehan seksual di nomor 113.
5. Hubungi 1955 untuk pengaduan, satgas ketenagakerjaan, atau Kantor Dagang Ekonomi dan Industri (KDEI) untuk meminta bantuan. Agensi, majikan, atau siapa pun tidak dapat menghalangi Anda untuk mendapat bantuan atau memulangkan Anda secara paksa lewat bandara.

Sumber : http://buruhmigran.or.id/2014/12/12/...angan-sepihak/
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di