alexa-tracking

Arif Wibowo Banting Setir Garuda ke Bisnis Penerbangan Murah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548ae286dc06bdfc4c8b456d/arif-wibowo-banting-setir-garuda-ke-bisnis-penerbangan-murah
Ngakak 
Arif Wibowo Banting Setir Garuda ke Bisnis Penerbangan Murah
Jakarta, CNN Indonesia -- Arif Wibowo, Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) mengkhawatirkan persaingan bisnis penerbangan berbiaya murah atau Low Cost Carrier (LCC) di pasar domestik yang semakin ketat karena bisa mengancam kelangsungan bisnis perseroan. Untuk bisa bertahan, mskapai pelat merah itu akan menambah kelas ekonomi menjadi 60 persen pada setiap penerbangan agar bisa bersaing dengan maskapai lain yang banyak bermain di bisnis LCC.

"Rekonfigurasi di business class dan economy class. Kita coba expanding di economy class karena ini mampu memberikan peluang bertahan dari gempuran pesaing," kata Arif saat ditemui di Kementerian BUMN, Jumat (12/12).

Arif menilai selama ini tingkat keterisian kursi (seat load factor) di kelas bisnis Garuda rata-rata hanya 40 persen, jauh di bawah permintaan kelas ekonomi yang selalu tinggi.

"Kami akan mengurangi kelas bisnis dan menambah kelas ekonomi menjadi 60 persen di setiap pesawat sehingga bisa menambah seat sampai 50 kapasitas ke belakang, dan bisa menurunkan unit cost," jelasnya.

Menurutnya, kebijakan ini tidak ada hubungannya dengan kebijakan larangan penggunaan kelas bisnis bagi pejabat BUMN yang melakukan perjalanan dinas. Arif mengaku sudah memikirkan strategi ini jauh sebelum dirinya ditunjuk sebagai Dirut Garuda.

"Saya melihat sebelum ada peraturan Ibu Menteri BUMN itu. Itu data yang saya lihat selama dua-tiga tahun ini. Dari pada selama ini business class-nya kosong, lebih baik saya potong saja," kata Arif.

Arif merupakan pegawai karir di Garuda Indonesia, yang sejak 2012 menempati posisi sebagai Direktur Utama PT Citilink Indonesia. Arif tergolong sukses mengembangkan model bisnis penerbangan berbiaya murah dan berhasil membesarkan anak usaha Garuda itu menjadi perusahaan yang menguntungkan. Konsep ini akan langsung diterapkan di induk perusahaan Citilink begitu dia naik jabatan menggantikan Emirsyah Satar.

http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/...rbangan-murah/

saingan murah, jangan lupa juga saingan telat dan ganti ongkos 300rb atau klo bagasi rusak ma tas plastik emoticon-Ngakak
biar lebih merakyat ya
image-url-apps
Tenang Aja pak, kagak perlu kuatir per saingan, ntar Kalo merugi, ting gal di Jual jualin Aja...
KASKUS Ads
image-url-apps
Yang penting halal
atas ane ada kaum pesimistis nyinyir emoticon-Cape d... (S)
image-url-apps
penting ga murahan aja lah
image-url-apps
Bukannya udah mulai.....??? Milih kursi "hot seat" harus bayar......
image-url-apps
Quote:

garuda? Ngga ah...
web check in nya bisa milih dimana aja asal msh kosong yg dimau.
gw abis pulang dr surabaya sama palembang dpt di blkg bisnis persis berkat web check in.

image-url-apps
Quote:

Kalo web check-in, hot seat nya emang di block, Kayak LCC, apalagi yg dkt Emergency Exit emang gak pernah dibuka di web check-in. Check-in di counter minta hot seat yg sebelumnya bisa skrng harus bayar. Kecuali tiket penumpangnya class Y, gak perlu bayar. aturannya udh lama kok.
masa garuda mau ikut2an jadi "murahan" sih emoticon-Nohope
image-url-apps
yg penting pelayanan prima
murah kalo banyakan delay , ogah la yauw
mas beroh, ga ush ikut²an Penerbangan Murahan, bangun brand awareness Garuda justru karena menawarkan service lebih dari maskapai lain.

Kalo mau ikutan penerbangan murmer, mending pake brand Citilink.

Yang naik Garuda ga mikir soal harga lagi, dan umumnya mereka frequent flyer.
mungkin yang perlu ditambah adalah rutenya.. seperti lion..

kalau daerah terpencil kasi aja pesawat atr atau bombardir crj..
kalau kota besar dikasi boeing..

terutama masuk dikota kota yang jarak perjalanan darat/lautnya lama...
sing penting slamet emoticon-Big Grin
image-url-apps
Aku tak nyawang ae, soale durung tau numpak. Cuman tau krungu wae regane garuda luih larang timbang maskapai liyane
image-url-apps
Ntar saingan ama susi air bahaya loh bisa dibekukan surat ijinnya atau malah ditenggelamkan. Garuda hrus bisa eksis di premium class
image-url-apps
nyimeng ajah lah emoticon-Matabelo
image-url-apps
Sipp
Udah teruji di citilink gan (bukan itb dan ipb)
image-url-apps
kenapa low cost gak diserahin ke citilink?
apa udah minder kalah saingan ama singapore airlines ato MAS?
apa bagus brnad nya langsung diturunkan?
×