alexa-tracking

Gandeng China, Indonesia Akan Awasi Truk Pengangkut Batubara

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548abae212e257857b8b456a/gandeng-china-indonesia-akan-awasi-truk-pengangkut-batubara
Gandeng China, Indonesia Akan Awasi Truk Pengangkut Batubara
JAKARTA (HN) - Selama ini Indonesia banyak kehilangan batubara yang disebabkan pemantauan dan pengawasan lemah terhadap batubara di Indonesia.

Bekerjasama dengan Pemerintah Republik Rakyat China, pemerintah Indonesia membuat teknologi pengawasan dan pemantauan batubara.

Sistem pengawasan batubara ini merupakan sistem yang telah dipakai oleh Pemerintah China dan berhasil menekan angka kehilangan batubara didalam negerinya.

Sistem ini diharapkan juga akan mewujudkan pencatatan angka produksi dan ekspor batubara yang efektif melalui teknologi satelit, yang dapat meminimalisasi angka pencurian batubara selama ini.

Deputi Bidang Jaringan Iptek Kementerian Riset dan Teknologi Agus R Hotman mengatakan, saat ini sistem pengawasan dan produksi batu bara di Indonesia masih menggunakan sistem manual. Sistem yang dianggap konvensional tersebut riskan terhadap aksi kecurangan.

"Sekarang masih manual. Ada kecurangan dan missleading dalam penghitungan," katanya di acara Seminar Nasional Teknologi Sistem Pemantauan Batu Bara di Indonesia, di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (16/10).

Sistem teknologi menggunakan satelit ini sudah diterapkan di China. Menurut Agus, China berhasil menekan angka penyelundupan batu bara.

"Pemerintah RRC berhasil menekan angka kehilangan batu bara negerinya," kata Agus.

Dengan sistem pengawasan berteknologi satelit ini, angka penyelundupan batubara di Indonesia diharapkan semakin berkurang, karena semua sistem pencatatan produksi hingga distribusi akan tercatat secara online.

"Setiap truk pengangkut nanti akan pakai GPS," tuturnya. (ajg)

http://m.harnas.co/2014/10/16/gandeng-china-indonesia-awasi-batu-bara-dengan-satelit
asal transparan aja
×