alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Tips Menjaga Kesehatan TKI di Musim Dingin
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548aaea9a1cb17ba5e8b4567/tips-menjaga-kesehatan-tki-di-musim-dingin

Tips Menjaga Kesehatan TKI di Musim Dingin

Akhir hingga awal tahun seringkali Buruh Migran Indonesia (BMI/TKI) mengalami musim dingin di beberapa negara penempatan. Beberapa negara seperti Korea Selatan, Jepang, Hong Kong, Arab Saudi, bahkan Malaysia dan Singapura yang notabene beriklim tropis juga mengalami musim dingin/penghujan. Suhu dan kelembaban yang berbeda dengan musim panas memaksa tubuh untuk beradaptasi.

Menghadapi musim dingin atau musim penghujan, daya tahan tubuh perlu kita siapkan baik-baik. Daya tahan tubuh kuat akan membuat tubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Berikut ini adalah beberapa cara agar kondisi tubuh tetap sehat dalam beraktivitas di musim dingin :

1. Perbanyak cairan tubuh
Banyak orang yang abai mengkonsumsi air putih ketika musim dingin atau penghujan. Suhu udara yang dingin membuat tubuh jarang merasa haus, dan ini membuat kita melewatkan konsumsi air putih dalam jumlah cukup. Padahal tubuh sangat memerlukan cairan untuk mengisi kembali cairan-cairan yang hilang. Konsumsi cairan yang seimbang membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Menjaga asupan makanan
Asupan makanan yang seimbang akan membuat tubuh tetap sehat di musim dingin atau penghujan. Makanan hangat dan berkuah sangat direkomendasikan untuk membuat tubuh tetap hangat dalam suhu udara yang dingin.

3. Memperhatikan pola tidur
Tidur dan istirahat secukupnya. Udara dingin akan membuat rasa kantuk datang, untuk itu jangan tidur dengan waktu dan porsi yang berlebih karena malah akan membuat tubuh menjadi lemas. Tidur yang seimbang akan membantu memulihkan stamina dan memperbaiki kekebalan tubuh.

4. Gunakan pakaian hangat dan tebal
Pakaian akan sangat mempengaruhi suhu tubuh dan kesehatan selama musim dingin. Baju dengan bahan yang tipis tidak cocok dipakai di musim dingin, terlebih jika banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Cobalah menggunakan pakaian tertutup dan tebal seperti jaket atau sweater untuk menghangat tubuh dan menghindari masuk angin. Bagi negara-negara penempatan BMI/TKI yang suhu udaranya sangat dingin, bisa ditambah topi, syal, sarung tangan, dan sepatu bot yang membuat hangat.

5. Mengkonsumsi vitamin
Jika kekebalan tubuh menurun, penyakit akan dengan mudah datang menyerang. Konsumsilah vitamin untuk membantu menjaga kestabilan imun tubuh, misalnya saja dengan mengkonsumsi vitamin C yang bisa didapat dari buah-buah alami atau dalam bentuk tablet.

Sumber : http://buruhmigran.or.id/2014/12/11/...-musim-dingin/
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di