alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
(Tebakan ! Siapa yg akan mengklaim ini ) Ongkos telepon dan SMS bakal turun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548a665c6208817f5e8b456c/tebakan--siapa-yg-akan-mengklaim-ini--ongkos-telepon-dan-sms-bakal-turun

(Tebakan ! Siapa yg akan mengklaim ini ) Ongkos telepon dan SMS bakal turun

JAKARTA. Laju pesat pengguna data telepon seluler (ponsel) ibarat bara dalam sekam. Operator seluler kini kelimpungan setelah pengguna pesan singkat (SMS) dan telepon (voice) mulai menyusut.

Masalahnya, di tengah tren penurunan pengguna SMS dan telepon, operator seluler tetap harus membayar tarif interkoneksi. Ini adalah biaya yang dibayar operator kepada operator lain yang menjadi tujuan telepon atau SMS.

Sebagai gambaran, di laporan keuangan September 2014 terlihat, tarif interkoneksi ini jadi beban bagi operator. Rata-rata penerimaan jasa interkoneksi lebih kecil ketimbang beban yang ditanggung.

Lihat saja, pendapatan interkoneksi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Rp 3,63 triliun tapi bebannya Rp 3,68 triliun. Jadi total defisit Rp 44 miliar.

Sementara pendapatan interkoneksi PT XL Axiata Tbk Rp 2,32 triliun dan beban Rp 2,57 triliun sehingga defisit Rp 252 miliar. Kondisi PT Indosat Tbk lebih parah lagi. Dari beban interkoneksi Rp 1,93 triliun, pendapatannya cuma sebesar Rp 1,54 triliun, sehingga defisit Rp 381 miliar.

Kondisi inilah yang membuat operator menyorakkan agar pemerintah memangkas biaya interkoneksi. Presiden Direktur PT XL Axiata Tbk Hasnul Suhaimi menuding, tarif interkoneksi yang mahal membikin pelanggan beralih ke jenis komunikasi serupa berbasis data yakni instant messaging dan telepon internet (VoIP).

Sebagai gambaran, tarif interkoneksi pada 2012 sebesar Rp 23 per SMS. Awal tahun 2014 menjadi Rp 24 per SMS. Tarif interkoneksi kepada pelanggan sudah termasuk komponen margin operator.

Sementara bisnis data yang melaju pesat tak banyak memberikan cuan. Tarif data yang dijual di pasaran saat ini rata-rata Rp 15.000 per gigabyte (GB) sedangkan operator merogoh biaya operasional sebesar Rp 49.000 per GB.

Hitungan Hasnul, dari bisnis SMS dan telepon, operator seluler bisa mencuil margin hingga 16%. Sementara, bisnis data justru minus 5%-10%.
Karenanya operator mendesak pemerintah memangkas tarif interkoneksi. "Interkoneksi perlu ada, kalau bisa diturunkan setengahnya," kata Hasnul, Kamis (11/12).

PT Telkom juga sependapat. Namun, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Telkom Indra Utoyo belum bisa menyebut besar tarif yang diinginkan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara tampaknya tak keberatan dengan usulan ini. "Kami meminta laporan dulu dari para operator seluler dan dari ATSI (Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia) untuk merumuskan dan mengumpulkan data-data ini," ujar Rudiantara .

Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Nonot Harsono mengingatkan, tarif interkoneksi tetap diperlukan. Dengan tujuan untuk menghindari spamming di jaringan operator lain.

http://industri.kontan.co.id/news/on...ms-bakal-turun
Mau tanya ... tarif interkoneksi itu yang bikin siapa dan duitnya masuk ke mana?

Soalnya, kalo gak salah, interkoneksi kan dibayarkan antar operator ... jadi ngapain mesti tereak ke pemerentah? Bukannya langsung teken MOU dengan operator yang lain emoticon-Cape d... (S)

Cuma alasan untuk berlama-lama memeras pengguna .. emoticon-fuck2
Untungnya dibagi 2, baik outgoing maupun incoming. Kenapa teriak defisit? Padahal pelanggan sudah bayar mahal buat telepon antar operator
Aneh ya?? Kok bisa sih? Bisnis sms rugi, hisnis tlp rugi, bisnis data juga rugi.. Hasyu tenan.. emoticon-Hammer2
bicara rugi terus teriak undang media biar orang mendengar semua giliran untung sembunyi sembunyi kayak tokai tokai cina
Ko ga di sebut ya pelayanannya kepada rakayat RI
Pulsa di potong tanpa pemberitahuan
Sms premium tanpa persetujuan
Sinyal lemah
Abodemen paket naik seenaknya
Pulsa tercuri tanpa pengembalian....
Ga percaya...coba cek di forum surat pembaca kaskus..
Dah jarang telpon atau sms
Sekarang bisa pakai
Bbm
Whatsapp
Line
Kakao talk
Maksudnya mau naekkin Biaya internet?
kan mereka dapet duit interkoneksi juga dari operator lain
kok ribut rugi sih

misal telkom dapet duit interkoneksi dari operator xl, simpati dll, vice versa
itu duitnya dikemanain?
Diubah oleh Jack Cloning
tarif tambah mahal mah gak masalah. yang penting kualitas tambah oke
Quote:

Dimana2 memang gitu gan. Pas rugi koar2 ini itu. Giliran untung besar diem. Bahkan bs cenderug dimanipulasi biar ga keliatan untung gede. emoticon-Big Grin

Masa iya bisnis rugi melulu tp masih dijalanin emoticon-Big Grin
ongkos telpon ama sms rugi
ongkos data rugi
kalau rugi semua kenapa perusahaan seluler masih mencatatkan laba
Msh zaman telpon ama sms?
Gini aja biar adil, smua tarif di samakan (tlp, sms n data) baik sesama maupun antar oprtor....
Jd konsumen ga pusing2 lg plih krt apa, kdg ada embel2 murah tp ujung nya jebman...
three plg sip buat data dah
bisnis sms rugi drmana..
Dlu pelanggan dikibulin, data 0,1 kb dijual 350 perak emoticon-Ngakak (S)
Skarang gk laku teriak2.. Dlu untung gede anteng aj..
mau2an dikibulin operator...
namanya bisnis telekomunikasi,
jangka waktu pengembalian modal krn pembangunan infrastruktur sekitar 10-15 th..sisanya untung...,....
Apalgi yg jadi target di Indonesia khusus daerah metro/kota besar, mana bisa rugi..

Nih yg punya Indosat bilang:
Quote:
Diubah oleh jokohadiningrat
seandainya teknologi cdma gak digencet sama pengusaha gsm


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di