alexa-tracking

[Gara2 Kartun ISIS] Pemred Jakarta Post Jadi Tersangka Penistaan Agama Islam

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548a4ae3902cfeef388b4575/gara2-kartun-isis-pemred-jakarta-post-jadi-tersangka-penistaan-agama-islam
[Gara2 Kartun ISIS] Pemred Jakarta Post Jadi Tersangka Penistaan Agama Islam
Quote:


Kamis, 11 Desember 2014
Pemred Jakarta Post Jadi Tersangka Penistaan Agama

TEMPO.CO, Jakarta - Kepolisian Daerah Metro Jaya menetapkan Pemimpin Redaksi The Jakarta Post Meidyatama Suryodiningrat sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama. Penistaan agama yang dimaksud terkait dengan gambar karikatur ISIS yang dimuat di Jakarta Post edisi 3 Juli 2014.

Karikatur itu menggambarkan bendera berlambang tengkorak dengan kalimat tauhid di atasnya. "Penetapan status tersangka setelah penyidik memeriksa saksi ahli pidana, ahli agama, dan Dewan Pers," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto di kantornya, Kamis, 11 Desember 2014. (Baca: Dilaporkan ke Mabes Polri, Jakarta Post Santai)

Menurur Rikwanto, Maidyatama dijerat Pasal 156 huruf a KUHP tentang Penistaan Agama dengan ancaman hukuman di atas 5 tahun penjara. "Yang bersangkutan baru akan diperiksa sebagai tersangka pada awal pekan depan," ujarnya.

Pada pemeriksaan pekan depan itu, penyidik baru memutuskan, apakah akan dilakukan penahanan terhadap tersangka atau tidak. "Nanti, penyidik yang memutuskan dengan berbagai pertimbangan," tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Tabligh dan Dakwah Korps Mubaligh Jakarta Edy Mulyadi melaporkan harian The Jakarta Post ke Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia dengan tuduhan penistaan agama. Menurut Edy, permintaan maaf Pemimpin Redaksi Jakarta Post saja tak cukup, jadi tetap harus dibawa ke ranah pidana. "Biar ada efek jera, agar media lebih berhati-hati," kata Edy, Selasa, 15 Juli 2014.

Menurut dia, langkah pelaporan itu dilakukan secara mandiri, tanpa rekomendasi dari pihak mana pun. Karikatur ISIS yang dimuat oleh Jakarta Post, tutur dia, telah menimbulkan keresahan di kalangan warga muslim.

Tempo

Quote:


Komen Ts, tidak setuju pemred Jakarta Post jadi tersangka, karena karikatur tersebut mengkritik kelakuan ISIS bukan Islam.

Pendapat para agan, aganwati bagaimana?

Tolong, andai berdebat dan diskusi lakukan dengan sehat, terima kasih.

emoticon-I Love Kaskus
AJI: Cabut Penetapan Tersangka Kasus Karikatur Jakarta Post, Kembalikan ke Dewan Pers !

[Gara2 Kartun ISIS] Pemred Jakarta Post Jadi Tersangka Penistaan Agama Islam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia Suwarjono menolak keras langkah Polda Metro Jaya menetapkan Pemimpin Redaksi Jakarta Post MS menjadi tersangka terkait karikatur ISIS yang diterbitkan harian Jakarta Post. AJI juga meminta Polri untuk mencabut penetapan tersangka yang telah dilakukan terhadap MS

"AJI menolak keras penetapan Pemred Jakarta Post sebagai tersangka karikatur pada edisi Kamis 3 Juli 2014," tulis Suwarjono dalam rilis yang diterima Tribunnews.com, Kamis (11/12/2014).

AJI juga mendesak Polri untuk tidak menggunakan KUHP untuk menangani kasus-kasus yang terkait dengan karya jurnalistik. "Polri harus kembali menggunakan UU Pers sebagai cara untuk menyelesaikan sengketa pemberitaan atau produk pers," lanjut Suwarjono.

Atas tindakan Polri tersebut, AJI juga mendesak Kapolda Metro Jaya segera mencabut status tersangka MS dan mengembalikan kasus ini sesuai UU Pers yang bersifat lex specialis.

"Kami mengajak masyarakat pers, baik media massa, Dewan Pers, dan stakeholders lainnya untuk bersama-sama menjaga kebebasan pers dan menegakkan kasus ini dalam koridor kasus pers bukan kasus pidana," tambah Suwarjono.

Kasus ini bila dibiarkan akan menjadi ancaman serius bagi kebebaaan pers dan akan bisa terkena kepada siapapun. Untuk itu, AJI mendesak kepolisian mengembalikan kasus ini seperti yang sudah tertuang dalam kesepakatan Dewan Pers dan Kepolisian dalam menangani kasus pers.

Tribun News

Tanggapan dari Aliansi Jurnalis Independen, Indonesia.
mampus. emoticon-thumbsup:
KASKUS Ads
akhirnya kena juga nih koranemoticon-Ngakak
image-url-apps
Opor rakyat, psk payungan, voa islam aman2 aja pemrednya. Ada udang di balik sempak kah
ternyata yg menistakan agama itu yg mengkritik isis
bukan isis-nya
image-url-apps
Petugasnya lebay, ah sudahlah......
The Jakarta Post Bantah Sangkaan Menistakan Agama

[Gara2 Kartun ISIS] Pemred Jakarta Post Jadi Tersangka Penistaan Agama Islam

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Daerah Metro Jaya menetapkan Pemimpin Redaksi The Jakarta Post Meidyatama Suryodiningrat sebagai tersangka kasus penistaan agama. Namun, melalui penyataan yang disampaikan kepada CNN Indonesia, Kamis (11/12) malam, Meidyatama menyangkal segala sangkaan tindak pidana terhadap dirinya.

"Kami merasa sangat terkejut karena faktanya kami tidak melakukan tindak pidana seperti yang dituduhkan," kata Meidyatama dalam pernyataannya.

Kasus ini bermula ketika The Jakarta Post edisi 3 Juli 2014 mempublikasikan sebuah karikatur bertulisan Arab yang sebenarnya mereka kutip dari sebuah media internasional, Alquds. Namun rupanya, karikatur tersebut membuat Majelis Tabligh dan Dakwah Korps Mubaligh Jakarta (KMJ) merasa tersinggung dan melaporkan Meidyatama selaku Pemimpin Redaksi The Jakarta Post ke polisi pada 15 Juli lalu.

Untuk pemuatan karikatur itu, masih dalam pernyataannya, menurut Meidyatama The Jakarta Post sebagai sebuah media massa, telah melakukan kerja jurnalistik yang justru mengkritik eksistensi gerakan Negara Islam Iraq dan Suriah (ISIS). Gerakan itu, menurutnya, bahkan telah menjadi organisasi yang dilarang pemerintah Indonesia.

"Kami sudah menerima pendapat Dewan Pers yang menyatakan bahwa masalah ini sebenarnya hanya terkait kode etik jurnalistik. Itu berarti seharusnya tidak termasuk tindak pidana," ujar Meidyatama.

Meidyatama sebelumnya pernah diperiksa sebagai saksi dalam proses penyelidikan atas dugaan pidana penistaan agama. Kepolisian juga pernah meminta keterangan saksi ahli, Dewan Pers, dan mengantongi sejumlah dokumen lainnya. Saat ini The Jakarta Post sedang mempelajari persoalan ini, tapi Meidyatama memastikan bakal menghormati dan mengikuti proses hukum yang bergulir di Polda Metro Jaya.

Atas persoalan ini, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto menyatakan Meidyatama merupakan penanggung jawab karya jurnalistik di harian nasional berbahasa Inggris itu. Meidyatama dijerat Pasal 156 ayat (a) KUHP tentang penistaan agama dengan ancaman penjara lima tahun.

CNN Indonesia

Sanggahan dari Jakarta Post.
Lho katanya ISIS itu tidak mencerminkan Islam, khawarij atau apa lah...
Tapi mengkritik ISIS kok dianggap menista agama?
Berarti ISIS itu memang Islam emoticon-shakehand
mungkin tengkorak nya harus di tulis tulisan isis instead of lafadz allah
image-url-apps
Quote:


Pandangan yg bijak dan netral.
image-url-apps
Quote:


Ohhh..........

itu sudah lama mas bro, klo VOA mah kadang agak gimana gitu
image-url-apps
undang ahli semiotika lah
Biar netral, itu maknany apa..
Jurnalis berlindung di bawah dewan pers dan kebebasan pers, tapi media2 sekarang semakin diluar kendali, sekali2 memang perlu ditindak tegas pemred media The Jakrta Post ini, udah bberpa kali buat stereotype jelek ttg Islam
Quote:


isis itu emang islam kaliemoticon-Cape d... (S)
Quote:


Bisa saja karikatur tersebut Jakarta Post mencomot dari karikatur LN, gan. emoticon-Sorry
wow.. salah satu media pendukung jokoplak dan juga bos panastak dajal laknatullah akhirnya kena.. tapi mungkin ngga bakal lama kali ya, secara dia ini pendukung die hard jokoplak, pasti bakal di backup emoticon-Big Grin

buat panastak dajal laknatullah, pks piungan,voa islam dll ngga bermain di pelecahan simbol agama, coba elo liat di gambar, itu ada kalimat syahadat umat islam tapi dibawahnya ada gambar tengkorak.
Quote:


Tapi ISIS adalah Islam.
Terbukti sudah ....................................................... emoticon-Ngacir

image-url-apps
Quote:


hmmm emoticon-Smilie
hebat nih agan
image-url-apps
Quote:


Nah justru itu kan, sh author yg bikin karikatur itu kan susah dikonfirm mksudny apa..
Makany coba panggil ahli semiotika biar kliatan makna tersiratny apa..
Gk bisa cm diliat sepotong2.. Mesti sesuai konteksny..
×