alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
(Ada tapinya...) Menteri BUMN: Saham Pertamina Tidak Dijual
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548a402f118b46bc408b456f/ada-tapinya-menteri-bumn-saham-pertamina-tidak-dijual

(Ada tapinya...) Menteri BUMN: Saham Pertamina Tidak Dijual

Mau tahu apa tapinya? Silakan dibaca dulu analisa di link berikut:


Quote:


Kalau sudah baca, silakan cermati berita di bawah dan temukan benang merahnya emoticon-Big Grin

>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

Menteri BUMN: Saham Pertamina Tidak Dijual

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah memastikan tidak akan menjual saham PT Pertamina (Persero) kepada publik melalui penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Mariani Soemarno menegaskan opsi IPO tidak ada dalam pilihan pemerintah bagi Pertamina. "Yang kami lihat adalah bagaimana Pertamina bisa menjadi lebih transparan dan bisa memiliki standar global," ungkapnya, Senin (8/12/2014).

Untuk memenuhi standar tersebut, Rini menyarankan agar Pertamina dapat menerbitkan surat utang atau obligasi yang tercatat di PT Bursa Efek Indonesia maupun global bond yang tercatat di bursa New York Amerika Serikat.

Pemerintah tengah mengkaji penghapusan setoran dividen dari Pertamina dan penambahan penyertaan modal negara (PMN) bagi perusahaan minyak dan gas pelat merah itu. Target awal, Pertamina akan mendapatkan PMN sebesar Rp42 triliun.

PT Pertamina (Persero) baru saja meraih pinjaman valuta asing dari 12 sindikasi perbankan lokal dan asing dengan nilai US$1,8 miliar setara dengan Rp21,6 triliun.

Pertamina meraih pinjaman senilai US$1,8 miliar dengan jangka waktu 5 tahun pada Oktober lalu. Fasilitas pinjaman sindikasi 12 perbankan itu secara resmi ditandatangani pada 18 November 2014.

Pinjaman tersebut terbagi dua, yakni sebesar US$500 juta merupakan onshore, dan sisanya senilai US$1,3 miliar adalah offshore secara bertahap.

Rini mengungkapkan akan melakukan evaluasi secara menyeluruh utang valas maupun rupiah yang dimiliki oleh Pertamina. Dia berharap Dwi Soetjipto sebagai dirut, dan enam direksi lainnya mampu dan siap mengemban amanah tersebut.

"Saya meminta secara menyeluruh, yang sudah terpakai untuk apa saja, dan yang belum terpakai rencananya akan dipakai untuk apa saja, saya akan review semua," jelasnya..

Dalam laporan keuangan Pertamina per Juni 2014, disebutkan utang Pertamina melonjak 21,15% menjadi US$8,68 miliar, dari sebelumnya US$7,185 miliar. Aset Pertamina hingga 30 Juni 2014 mencapai US$51,91 miliar, naik dari sebelumnya US$49,34 miliar.

Total liabilitas Pertamina hingga paruh pertama tahun ini mencapai US$34,18 miliar, naik dari sebelumnya sebesar US$32,05 miliar. Sedangkan ekuitas tercatat mencapai US$17,72 miliar dari sebelumnya US$17,28 miliar. (Bisnis.com)

Sumber : Bisnis.com
Editor : Mia Chitra Dinisari

[url]http://m.bisnis.com/industri/read/20141208/44/380623/menteri-bumn-saham-pertamina-tidak-dijual [/url]


Ok gan, ayo dulu2an nih siapa yang bisa nemuin benang merahnya? Skalian di copas paragraf yg dimaksud... emoticon-Big Grin
Diubah oleh: php9juli
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Resepret

Pool komeng2 hal blkg yg bikin kita mikir:

Quote:


Diubah oleh php9juli
nunggu komen nastak n nasbung aja kalo begini'an
ane ga paham gan emoticon-Bingung
perusahaan ngutang aja heboh amit...emoticon-Cendol (S)
Quote:


Ayo gan, dikit lagi ketemu deh emoticon-Big Grin
Post ini telah di hapus oleh KomodoJogging
udah di baca dikit, tapi masih bingung gan, bukan bidang ane emoticon-Ngakak
coba TS jelasin pake bahasa sederhana aja emoticon-Malu (S)
maklum gak semua orang mampu memahami bidang laen
Quote:


Salahin yg ngalang2in pertamina utk dpt kontrak besar kayak di cepu ke exxon, conoco di indonesia timur, dsb. Mahakam kita liat nih bener ga mo dikasih. Juga natun, walau gw pesimis tekanan dr atas bawah gede banget.

Jadi inget dirut pertamina mundur gara2 ga kuat tekanan mental. Anak buahnya pada ngedesak agar pertamina ambil penuh operator cepu, eh pemerintah ga kasi. Blom agi di kasih beban nanggung harga jual rugi, sama diutangin pln. 

Solusi pertamina, adalah perbanyak investasi artinya lahan basah balikin ke pertamina. Sdm nya mampu, dari dulu juga mereka bilang sanggup, bohong besar yg ngejelek2 sdm kita seakan ga sanggup. Gw eks migas, udah tau lama soal ini.

Serasa ada di negeri antah berantah,... sumberdaya alam diobral murah buat asing, dijual mahal ke rakyat sendiri

emoticon-Big Grin
Quote:


Ahaaa...

Bingo! :2thumbsup

Bagian paragrafnya gan?

Diubah oleh php9juli
lah kalau kebanyakan utang terus nanti dnyatain pailit sama kreditor gimana emoticon-Bingung (S) bukannya malah lebih aman opsi IPO karena jadi lebih transparan dan akuntabel pertaminanya emoticon-Malu (S)
Quote:


Cuma sekarang banyak yang usil karna lahan basahnya kena usik om
Dan merembet lah ke para 'pendukung' yang gelap mata
Entah bertujuan apa

emoticon-Traveller
Quote:


Nah agan harus bisa membedakan perusahaan negara dengan perusaaan swasta.

Logika yg absurd bila pemerintah enggan menanggung utang pertamina yg anak kandungnya sendiri dan utangnya karena kebijakan pemerintah sendiri. Lalu di sisi lain pemerintah mau2 saja menalangi utang para koruptor kakap melalui talangan BLBI dan bailout century. Kenapa justru pertamina yang selama ini menanggung beban rakyat Indonesia tidak mau ditalangi?

Lagipula awalnya karena pertamina tidak diberi hak penuh atas lahan basah, yg justru akses utamanya diberikan kpd asing. Dulu saat ramai soal blok cepu ramai2 di kaskus kita tolak operator asing dpt hak utama, jg ada trit yg jelaskan bahwa sdm pertamina sanggup dn qualified. Soal dana juga dijelaskan bs gunakan sindikasi bumn.

Lalu kenapa sekarang tiba2 berubah, mana suara2 yg dulu ingin pertamina maju dan jadi jagoan minimal di negeri sendiri?
emoticon-Bingung
Quote:


#bukan urusan saya
Quote:


Yang lagi tren:
EBoLa

emoticon-Big Grin
Kalau gua nangkepnya panasbung ngarep pertamina dijual biar ada bahan buat ngebully jokowi emoticon-Ngacir
Diubah oleh dj.mbut
Quote:


lah justru itu, dengan pola pengelolaan yang sekarang saja Pertamina lebih banyak menyatakan rugi. kalau pertamina mengutang pada negara tentunya tidak ada potensi untuk dipailitkan. tapi apabila mengutang ke pihak swasta maka sudah tentu potensi dipailitkan itu besar. bank swasta mana peduli dengan segala tetek bengek kewajiban pelayanan kepada masyarakat. pokoknya kalau tidak sanggup bayar ya sita aset. bukankah selama ini dengan skenario tidak mengutang saja pertamina bisa terus survive karena disokong pemerintah walaupun terus menerus merugi.

kalau resikonya seperti itu apakah tidak lebih baik IPO dimana saham mayoritas tetap dipegang pemerintah, masuknya investor swasta seharusnya dipandang sebagai peluang bagi pertamina untuk lebih berbenah dan transparan.

just my two cents
Quote:


Ebola apaan gan?
Quote:

Yang ane heran malah Dari dulu jokowi di bully panasbung, tetep Aja Ora urus Ora mikir emoticon-Big Grin
Apa emang bener2 kagak bisa mikir yak? emoticon-Big Grin
Quote:


Sempet rame kmaren karena jadi trending topic ke-3 di twitland.

#EhBohongLagi

emoticon-Big Grin

Btw momod lagi galak ya, trid bagus gw "Good Job Kami Untung Besar" sukses dilumat tadi, hilang ga berbekas, good job mod :2thumbsup
Trid satire tuh, dah mayan komplit bahannya.

Btw trid nya si troll "Heh sapa bilang..." kemarin jg di close (lagi)

Makin mantep kaskus dah ah... emoticon-Big Grin
Diubah oleh php9juli
Dipecah aja jadi 2. Yg urusi bbm bersubsidi dll
Ama yg disuruh murni bumn.
Nanti yg murni komersial pengen liat sejauh apa bisa lawan tetangga yg punya petronas.
Yg murni komersial ya ipo gpp dong
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di