alexa-tracking

Nah Inilah Yang Benar, Hukum Muslim Mengucapkan Selamat Natal

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548a3a91d44f9fe3268b4567/nah-inilah-yang-benar-hukum-muslim-mengucapkan-selamat-natal
Nah Inilah Yang Benar, Hukum Muslim Mengucapkan Selamat Natal
Ucapan Selamat Natal, Satu Kalimat Yang Fatal Akibatnya

Mengucapkan selamat Natal dari seorang Muslim kepada Nashrani jelas haram hukumnya. Orang yang berakal sehat pasti menolak hal ini. Logika mudahnya saja, tidak perlu dipersulit dengan bermacam-macam syubhat dan keraguan serta pelintiran ayat dan hadits. Perayaan Natal adalah kesyirikan dan kesyirikan adalah dosa terbesar karena menyekutukan Allah yang Maha Esa dalam ibadah. Jika kita ucapkan selamat, tentu kita ikut berbahagia atau minimal ridha terhadap hal tersebut.

Misalnya ada yang membunuh Ibu atau keluarga kita (dosa membunuh lebih ringan dari dosa kesyirikan), kemudian kita berikan selamat pada pembunuh tersebut? Apakah ini logis? Padahal ibu kita yang melahirkan, membesarkan dan mendidik kita dengan kasih sayang dan tidak akan bisa kita balas? Nah, bagaimana jika kita malah memberi selamat terhadap orang yang melakukan pelanggaran terhadap hak Allah? Padahal Allah yang menciptakan dan memberikan taufik kepada Ibu kita agar mencurahkan kasih sayang kepada kita? Allah yang telah memberikan segalanya kepada kita?

Belum lagi logika yang lain, bahwa ternyata Yesus tidak lahir pada tanggal 25 Desember, karena sumber dari kitab mereka sendiri, Yesus lahir pada musim panas. Atau dalil dalam Al-Quran bahwa Nabi Isa ‘alaihissalam lahir ketika musim kurma yaitu musim panas. Allah Ta’ala berfirman,

فَحَمَلَتْهُ فَانْتَبَذَتْ بِهِ مَكَانًا قَصِيا ﴿٢٢﴾ فَأَجَاءَهَا الْمَخَاضُ إِلَىٰ جِذْعِ النخْلَةِ قَالَتْ يَا لَيْتَنِي مِت قَبْلَ هَـٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَنْسِيا ﴿٢٣﴾ فَنَادَاهَا مِنْ تَحْتِهَا أَلا تَحْزَنِي قَدْ جَعَلَ رَبكِ تَحْتَكِ سَرِيا ﴿٢٤﴾ وَهُزي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيا ﴿٢٥﴾

“Maka Maryam mengandungnya, lalu ia mengasingkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh. Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia berkata: ‘Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan.’ Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.” (QS. Maryam: 22-25)

Dan berbagai dalil logika lainnya. Belum lagi dalil dalam syariat yang menyatakan agar kita berlepas diri dari perbuatan dan perayaan orang kafir. Dan masih banyak dalil-dalil lainnya yang MELARANG seroang muslim mengucapkan selamat natal.
Satu kalimat yang fatal akibatnya namun pelakunya merasa ringan dan biasa saja

Terkadang diucapkan kalimat yang terlarang dalam agama, yang bisa saja dianggap ringan atau biasa saja oleh pelakunya, namun di sisi Allah besar dan membuat Allah murka. Allah Ta’ala berfirman,

إِذْ تَلَقوْنَهُ بِأَلْسِنَتِكُمْ وَتَقُولُونَ بِأَفْوَاهِكُمْ مَا لَيْسَ لَكُمْ بِهِ عِلْمٌ وَتَحْسَبُونَهُ هَينًا وَهُوَ عِنْدَ اللـهِ عَظِيمٌ

“(Ingatlah) di waktu kamu menerima berita bohong (termasuk berita bohong kelahiran Yesus, pent ) itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit juga, dan kamu menganggapnya suatu yang ringan saja. padahal dia pada sisi Allah adalah besar.” (An-Nuur : 15)

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda,

إن الرجل ليتكلم بالكلمة من سخط الله لا يرى بها بأسا فيهوي بها في نار جهنم سبعين خريفا

“Sungguh ada seseorang yang mengucapkan suatu kalimat yang membuat Allah murka, ia menganggap perkataan itu biasa saja, padahal hal itu menjerumuskannya ke dalam neraka Jahannam sejauh 70 tahun perjalanan” (HR. Bukhari dan Ibnu Majah, dishahihkan oleh Al-Albani).

Jadi janganlah kita termasuk orang yang mendapat murka Allah karena kalimat Ucapan selamat Natal, dan kita merasa ucapan ini biasa saja dan ringan, ini biasa karena toleransi beragama. Padahal bisa jadi ucapan tersebut berakibat fatal, yaitu menjerumuskan kita ke api neraka.


Toleransi yang benar

Yang benar toleransi adalah membiarkan mereka beribadah dan kita tidak perlu ikut campur, tidak perlu mengucapkan selamat. Allah Ta’ala telah berfirman,

لَكُمْ دِينُكُمْ وَلِيَ دِينِ

“Bagimu agamamu, bagiku agamaku.” (Al-Kafirun: 6).

Dan kita diperintahkan agar berlepas diri dari segala sesuatu yang mendukung penyembahan selain Allah.

Allah Ta’ala berfirman,

قَدْ كَانَتْ لَكُمْ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ فِي إِبْرَاهِيمَ وَالذِينَ مَعَهُ إِذْ قَالُوا لِقَوْمِهِمْ إِنا بُرَآءُ مِنْكُمْ وَمِما تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللـهِ كَفَرْنَا بِكُمْ وَبَدَا بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةُ وَالْبَغْضَاءُ أَبَدًا حَتىٰ تُؤْمِنُوا بِاللهِ وَحْدَهُ

“Sesungguhnya telah ada suri tauladan yang baik bagimu pada Ibrahim dan orang-orang yang bersama dengan dia; ketika mereka berkata kepada kaum mereka: “Sesungguhnya kami berlepas diri daripada kamu dari daripada apa yang kamu sembah selain Allah, kami ingkari (kekafiran)mu dan telah nyata antara kami dan kamu permusuhan dan kebencian buat selama-lamanya sampai kamu beriman kepada Allah saja.” (Al Mumtahanah: 4)

Masih banyak dalil yang lainnya lagi akan tetapi kami cukupkan lagi dengan hadits larang mendahului ucapan selamat kepada orang Yahudi dan Nashrani. Maka ucapan “selamat natal” termasuk dalam larangan ini. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لاَتَبْدَءُواالْيَهُودَوَلاَالنصَارَىبِالسلاَمِ

“Janganlah kalian mendahului Yahudi dan Nashara dalam salam (ucapan selamat).” (HR. Muslim no. 2167).

Demikian semoga bermanfaat.



@Perpus FK UGM

sumber
yg di bawah jangan memulai sara yah....


momod galak lho yg sekarang iniemoticon-Malu (S)
Nah kan akhirnya muncul juga trid seperti ini biasa tiap taun emoticon-Embarrassment
tradisi taunan di BP nih.
siklus tahunan
marhaban ya natalan
Bukan urusan saya
emoticon-Blue Guy Peace emoticon-Hi

emoticon-No Sara Please
Marry Christmas's Eve emoticon-heart emoticon-Wowcantik emoticon-Peace

Dengan nama Tuhan, maha pengasih dan penyayang;

Siapakah yg lebih jahat dari (manusia) yg memfabrikasi (suatu) kebohongan dan 'conjecture' (sesuatu yg belum (pasti) benar) dengan mengatasnamakan 'Tuhan'??

Sesungguhnya (manusia) yg demikianlah (telah) berbuat (menyebar) kerusakan dimuka bumi.
aq ga ikud2 kalo ginian ga asik

agamaku ya agamaku agamamu ya agamamu tkud dibilang sara
puji Tuhan bray
Wah, udah mulai yah? Gelar tiker ah. Sapa tau seru kaya tahun kemaren
dan kita masih bertanya kenapa Indonesia ga maju2? emoticon-Ngakak

istilahnya sih... ente mau percaya kalau pengemis jadi motivator di seminar? emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

dah jelas dia ngelanggar peraturan di BP, masih percaya ma org yang suka ngelanggar aturan + id klonengan? emoticon-Ngakak
Selamat natal bwt yg merayakan!

Nah Inilah Yang Benar, Hukum Muslim Mengucapkan Selamat Natal

emoticon-Selamat
Quote:


Nice impoh. Logikanya ketika mengucapkan selamat hari lahir Yesus, sementara yg mengucapkan dan mendapatkan ucapan malah planga-plongo gak tau kapan Yesus dilahirkan.
ikut juga gelar tikar ah,,,
basa-basi biar ga bisu,asal jangan masukin hati emoticon-Big Grin

Si ulil sih mmg bego. di Islam itu
dilarang menjerumuskan ke
neraka, jadi HARAM mengucapkan
selamat
hari raya untuk kafir. krn itu BOHONG.
sudah tahu tidak bakal selamat,kok
diucapi
selamat, itu sama saja menjerumuskan
ke
neraka, itu adalah perbuatan DOSA.
seharusnya kafir, kaum sesat ini,
dibimbing, ditunjukkan pada kebenaran,
bukan malah semakin dijerumuskan ke
jurang neraka. Tolerasi itu adalah
dengan membiarkan mereka
merayakannya, tapi tak perlu hingga
mengucap selamat dan/atau ikut
merayakan hal yng jelas keliru dan sesat
spt itu, hal ini adalah menjerumuskan
kepada kesesatan makin dalam bukan
sekedar membiarkan mereka dalam
kesesatan tapi sudah
menjerumuskan,mendorong makin
dalam kesesatan, kasihan kaum kafirun
ini.
menurut bahan yg pernah sy baca.
~Yesus Lahirnya : 17 april.
~Muhammad SAW Lahirnya : 20 April

Berarti Yessus dan Muhammad SAW sama2 berbintang ARIES.
emoticon-Ngacir
gimana kalo sekalian dibikin kompilasinya,drpd repot bikin edisi natal,tahun baru,imlek,valentine,paskah,halloween,hari kartini,17 agustus,dll
Mantap TS emoticon-Ngakak


Lanjutkan!! emoticon-Cool


Ane page one aja emoticon-Cool