alexa-tracking

Kunjungi Korea Selatan, Jokowi Pesan 3 Kapal Selam

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548a2b8a138b463b078b456d/kunjungi-korea-selatan-jokowi-pesan-3-kapal-selam
Kunjungi Korea Selatan, Jokowi Pesan 3 Kapal Selam
Jumat, 12/12/2014 04:08 WIB
Laporan dari Korea Selatan

Mega Putra Ratya - detikNews

Kunjungi Korea Selatan, Jokowi Pesan 3 Kapal Selam

Jokowi berkeliling untuk melihat sejumlah replika kapal di Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). Istimewa/Dedin Putra/Setpres/detikFoto.
Busan, - Selain menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-Korea, kunjungan Presiden Joko Widodo ke Korea Selatan juga untuk mempererat kerja sama bilateral kedua negara. Salah satu kerjasama yang akan dijalin yaitu di bidang maritim.

"Negara lain juga ngantri yang mau kerjasama dengan kita, Rusia pengen, masuknya juga industri pertahanan, maritim. Malam tadi presiden Park (Park Geun-Hye) juga ingin kerjasama di industri maritim, China juga ingin," kata Jokowi dalam dialog dengan WNI, di Universitas Kyusung, Busan, Korsel, Kamis (11/12/2014) malam.

Jokowi menegaskan, ke depan jika Indonesia membeli barang buatan luar negeri, tidak asal beli. Namun harus diketahui bagaimana membuatnya dan dari mana asal usulnya.

"Tadi saya masuk ke perusahaan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME), begitu kita masuk, kita pesan kapal selam di situ tiga. Saya bicara kepada Presiden Park, tidak hanya kapal selam, tapi kapal lain, dan hal lain terkait industri pertahanan," ujar Jokowi.

"Ini kesempatan kita, jangan hanya beli beli beli, uang kita lari ke negara lain, kita hanya pakai tidak produksi. Ini kesempatan bagi mahasiswa dan pekerja kita, sekarang kementerian perguruan tinggi dan riset sudah digabung. Nanti basic riset, inovation riset tempatnya ada, dikoneksikan dengan dunia bisnis dan swasta hingga nyambung, ini perlu waktu, saya juga jadi presiden baru 2 bulan," lanjutnya.

Sumber : http://m.detik.com/news/read/2014/12/12/040817/2775190/10/kunjungi-korea-selatan-jokowi-pesan-3-kapal-selam

TS : beli 3 atau 3 lagi?
image-url-apps
Quote:


image-url-apps
Kalo pemerintah sebelumnya dah bikin kerja sama alih teknologi Daewoo dan PT PAL buat bikin kapal selam.. Kl jadi n sukses, ga perlu pesen lagi ke sono, cukup PT Pal ajah.. Agak telat nih Jokowi.. emoticon-Cool
KASKUS Ads
image-url-apps
kalo beli drone kapan Pak? emoticon-Embarrassment
image-url-apps
Quote:


mgkn belom ada yg bisikin ke Pak Presiden gan emoticon-Embarrassment
image-url-apps
buate di indonesia lbh manteb enjar buruhnya nasbung n nastak di marih
image-url-apps
semoga ada kerjasama alih teknologi kaya di bidang pesawat tempur (proyek kfx/ifx)
image-url-apps
bukannya ini pengadaan udah dr jamannya babe beye,,,kalo nambah 3 cbg lg baru joko stloooong, kalo klaim proyek babe, yah ...no comment lah
image-url-apps
dari jaman SBY perasaan emang udah pesen 3,
image-url-apps
Quote:


Drone buat intip kita mak emoticon-Malu (S)
image-url-apps
mungkin maksudnya kita (sudah)pesan 3 disana emoticon-Big Grin
kalo berdasarkan judulnya brarti nambah lagi dong jadi 6.
karena jaman beye sudah pesen kapal selam 3, 2 dibikin korsel 1 di ikin oleh PAL.

mungkin detik mabok air kobokan

Kunjungi Korea Selatan, Jokowi Pesan 3 Kapal Selam
image-url-apps
Si tukang claim mulai bertingkah


Mana detik lagi, astaga

Media suci
image-url-apps
Hebaaat pak jokowii hoorang kayaaaah

begitu datang ke toko langsung nunjuk beli 3 kapal selam.

braavooooo

saluuttttttttt

presiden mantapp

mangnya beli kuda laut doang....


godain panasbung
image-url-apps
Masa sih gan di korea ada kapal selam, bukannya adanya di palembang gan?
Eh itu sih pempek kapal selam ya emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
image-url-apps
sebagian subsidi bbm dialihkan ke rakyat korsel ternyata emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


harusnya beli drone dulu donk emoticon-Embarrassment
katanya dgn drone masalah selesai semua dan multifungsi emoticon-Embarrassment

"gampang itu.. 3 hari selesai.. sing penting kerjo kerjo kerjo.. emoticon-Embarrassment "


yakin nih jokower nambah 3....lah nambah 3 di korsel emoticon-Ngakak sia sia donk TOT kemaren emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

ini mah kapal selam yg tt kontrak waktu jaman SBY

image-url-apps
http://dmc.kemhan.go.id/post-kemhan-ri-dsme-korea-selatan-tandatangani-kontrak-pengadaan-kapal-selam.html

Jakarta, DMC - Kementerian Pertahanan
Republik Indonesia telah menandatangani
kontrak pengadaan tiga unit kapal selam dengan
perusahaan galangan kapal asal Korea Selatan,
Daewoo Shipbuilding Marine Enginering
(DSME). Kontrak tersebut ditandatangani
kedua belah pihak yang dalam hal ini pihak
Kemhan RI diwakili oleh Kepala Badan Sarana
Pertahanan Kemhan RI Mayjen TNI Ediwan
Prabowo, sedangkan pihak DSME diwakili oleh
President & CEO DSME Sang-Tae Nam, Selasa
Malam (20/12) di kantor Kemhan RI, Jakarta.
Hadir menyaksikan penandatanganan kontrak
tersebut, �Duta Besar Korea Selatan untuk
Indonesia Young Sun Kim, Atase Pertahanan
Korea Selatan di Jakarta Kolonel Moo Dae
Cheol, serta sejumlah pejabat di lingkungan
Kemhan, Mabes TNI dan Mabes TNI Angkatan
Laut.
Pengadaan tiga unit kapal selam baru ini untuk
melengkapi armada tempur TNI Angkatan
Laut. Dengan kehadiran tiga kapal selam baru
ini, diharapkan daya tempur dan daya tangkal
TNI Angkatan Laut semakin kuat.
Sebelumnya, untuk pengadaan kapal selam TNI
AL ada beberapa negara yang menjadi pilihan
seperti Jerman (U-209), Korea Selatan
(Changbogo), Rusia (Kelas Kilo), dan Prancis
(Scorpen). Setelah melalui tender dan
disesuaikan dengan spesifikasi teknis dan
kebutuhan operasional serta anggaran yang ada,
akhirnya diputuskan pengadaan dilakukan dari
Korea Selatan.
Kabaranahan Kemhan RI dalam sambutannya
mengatakan, pembahasan atas penyiapan
kontrak kapal selam ini merupakan hal yang
cukup rumit. Namun demikian kedua belah
pihak bersama - sama telah bekerja keras
dapat mewujudkannya dan diharapkan nantinya
dapat berkelanjutan secara baik.
Lebih lanjut Kabaranahan Kemhan RI
mengatakan, dengan penandatanganan kontrak
ini masih ada hal � hal yang perlu dibahas lebih
lanjut oleh kedua belah pihak yaitu tentang
Transfer of� Technology (ToT) yang
diharapkan dapat segera dituntaskan dan
nantinya dapat menguntungkan kedua belah
pihak.
Mengakhiri sambutannya, Kabaranahan Kemhan
RI berharap penandatanganan kontrak ini
menjadi momen yang bersejarah bagi
Pemerintah Indonesia khususnya Kemhan RI,
DSME maupun bagi Pemerintah Korea Selatan.
Sementara itu, President & CEO DSME Sang-
Tae Nam, mengatakan, �kontrak pembangunan
kapal selam ini diyakininya akan memberikan
kontribusi dalam memperkuat dan
meningkatkan hubungan kerjasama kedua
negara.
Sebelum kontrak pengadaan kapal selam ini,
dijelaskan bahwa DSME telah menandatangani
dua kontrak terpisah untuk meningkatkan
kinerja dan perbaikan kapal selam milik
Indonesia yaitu KRI Cakra dan KRI Nanggala.
Untuk kapal selam yang pertama yaitu KRI
Cakra telah diserahkan kembali ke Indonesia
pada April 2006. Sedangkan kapal selam kedua,
KRI Nanggala sudah selesai perbaikannya dan
sekarang sedang dalam percobaan, dijadwalkan
pada Januari 2012 akan serahkan kembali
kepada Indonesia.
Sedangkan dalam kontrak yang baru ini, DSME
President & CEO DSME menjelaskan DSME
akan membangun tiga Kapal selam DSME209
Kelas Diesel-Electric pesanan Kemhan RI. Dari
ketiga kapal selam ini, kapal selam pertama dan
kedua akan dibangun di Korea dengan
melibatkan perusahaan galangan kapal
Indonesia yaitu �PT.PAL di Surabaya.
Sedangkan untuk kapal selam ketiga nantinya
akan diproduksi di PT. PAL.
Lebih lanjut President & CEO DSME Sang-Tae
Nam berharap, proyek kerjasama ini akan
meningkatkan kerjasama kedua negara, tidak
hanya untuk industri pertahanan tetapi juga
untuk pembuatan kapal dan industri lepas
pantai melalui upaya bersama dari perusahaan
galangan kapal Indonesia dan DSME.
Menurutnya, pembuatan kapal dan industri
lepas pantai memiliki efek yang besar untuk
industri terkait, menciptakan lapangan
pekerjaan dan mempromosikan pembangunan
seimbang sektor manufaktur secara
keseluruhan. �Saya berharap kerja sama ini
akan memberikan kontribusi bagi
pengembangan industri perkapalan kedua
negara�, tambahnya.
Dijelaskan bahwa DSME memiliki track record
yang kuat dari operasi proyek - proyek
kerjasama dengan galangan kapal luar negeri.
Sekitar 20 tahun yang lalu, DSME
mendapatkan Transfers of Technology dari
Jerman dan telah berhasil membangun delapan
kapal selam untuk Angkatan Laut Republik
Korea Selatan. Dengan pengalaman ini, pihaknya
yakin ini akan sangat membantu DSME dalam
bekerjasama dengan baik dengan PT. PAL.
(BDI/SR)
image-url-apps
Quote:


Iya bray emang udah rencana beye dari tahun kapan udah mau pesan kapal selam, jkw cuma eksekusi nya doangemoticon-Smilie

Bahkan beye juga udah buat rencana suatu saat akan ngirim astronot ke bulan dan planet lain nya, nanti kalo suatu saat entah tahun kapanpun kalo ada astronot indonesia ke bulan atau ke planet lain itu semua emang udah rencana nya beye disaat beye masih jadi presidenemoticon-Smilie