alexa-tracking

Pengusaha Tak Sanggup Bayar UMP, Sofjan Wanandi: Ya Sudah Tutup Saja!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548a103c96bde6c4708b4570/pengusaha-tak-sanggup-bayar-ump-sofjan-wanandi-ya-sudah-tutup-saja
Pengusaha Tak Sanggup Bayar UMP, Sofjan Wanandi: Ya Sudah Tutup Saja!
Pemerintah mendorong para pemilik pabrik di sektor padat karya seperti sepatu, garmen, dan lainnya untuk membuka pabrik baru di luar Jabodetabek untuk menghindari Upah Minimum Provinsi/Kota/Kabupaten (UMP/UMK), yang mencapai Rp 2,7-2,9 juta. Wilayah atau provinsi yang direkomendasikan adalah Jawa Tengah dan beberapa kabupaten di Jawa Barat.

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) Sofjan Wanandi mengatakan, bagi pabrik yang sudah lama berdiri di Jabodetabek, namun tak berencana pindah atau relokasi dan tak sanggup bayar UMP yang tinggi, maka opsinya adalah menutup pabrik, dengan konsekuensi pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Yang kita minta pindah itu adalah industri-industri baru yang mau ekspansi. Yang sekarang sudah saja lah, kalau nggak bisa bertahan sudah tutup saja. Mau apa lagi, tidak bisa juga kan kalau perusahaan rugi," tegas Sofjan di Kantor Wapres, Jakarta, Kamis (11/12/2014)

Menurut Sofjan, mengarahkan para pemilik pabrik untuk relokasi ke daerah UMP/UMK yang masih rendah menjadi pilihan yang realistis. Opsi ini lebih baik, daripada membiarkan mereka memindahkan usahanya ke luar negeri seperti Bangladesh, Vietnam, Kamboja, dan lain-lain.

"Jadi kita tidak mau mereka pindah ke luar negeri. Kalau bisa ke Jawa Tengah saja. Karena upahnya masih setengahnya Jakarta," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah sudah melakukan penjajakan komunikasi dengan pemda seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. UMP/UMK di wilayah-wilayah ini relatif masih rendah. Dari sisi pemerintah, berjanji akan membangun infrastruktur seperti perumahan buruh dan lainnya.

"Jawa Timur selatan, Jawa Barat selatan juga ada sebagian yang masih miskin-miskin. Jadi kita pindah ke sana, tapi jangan sudah pindah heboh lagi," katanya.

http://finance.detik.com/read/2014/1...-saja?f9911023

Mau gimana lagi...











Quote:
Iya dipindahkan aja ke jawa n orang orang disana terkenal rajin n giat pula kalo kerja jd lebih produktip
Quote:



emamg perusahaanya di sumatera ya
Quote:


emang selama ini jabodetabek ada di mana emoticon-Bingung (S)
gampang toh, tinggal bikin surat perjanjian dengan gubernurn dan aparat setempat supaya daerahnya tidak akan menaikkan UMP seenak udelnya selama beberapa tahun

saya kira mereka nggak akan nolak, wong investasi agar mengurangi pengangguran didaerahnya kok nolak
malah bagus menurut gw, jadi pemerataan. Ga jabodetabek mulu yang ada industrinya.
lah ditempat ane 1,2 juta saja udah UMK kok

pasti banyak yg minat kalo buka pabrik disini emoticon-Big Grin
Betul, zaman sekarang infrastructur sudah merata kok. Internet uda masuk ke pedesaan emoticon-Big Grin

Nanti ada masa barang2 di jakarta jauh lebih mahal dibanding barang di daerah emoticon-Big Grin

Pindah pabrik itu kan juga butuh biaya. Apa lagi buruh di daerah sekarang juga sudah mulai ikut2an demo seperti buruh Jakarta. Jangan2 pabrik pindah kedaerah tapi kemudian UMP daerah juga mencekik.
Quote:



Memang tapi memiliki ROI yang menjanjikan blur.
Dengan upah buruh murah berarti kan biaya operasional murah, klo barang2 yg di jual laku di pasaran. ROI pindah ya cepet baliknya dong emoticon-Big Grin


Supaya ga ada pesangons gede, pabrik yg di jkt. Ga ditutup tapi di non produksikan. Enak kan, masuk dibayar tapi kagak kerja apa2 wkwkwkkw
orang mau kerja itu dipikir-pikir dulu. Dari awal kan pasti sudah kesepakatan dengan perusahaan bakal di gaji berapa.
Kalau pikiran nya bener , ga sembarangan terima pekerjaan , giliran uda masuk nuntut perusahaan minta gaji naik dan fasilitas banyak.
setuju bro, itu daerah selatan masih banyak lahan dan juga masih murah umpnya
Pindah juga boleh, tapi yg namanya ump biasanya dinaikin
Quote:


Quote:


kalo orang jakarta dan jawa barat nyebut Jawa, yg mereka maksud daerah Jawa tengah dan jawa timur emoticon-Big Grin
bener di pindahke luar jawa, biar kalo mau demo ke HI ato istana presiden kan jadi jauh




kaos TV Sampah, Ayam mati di lumbung padi, Filosofi semar, dll
Antek Jongoswi mulai ngancam. Dikiranya buruh bisa dikibuli dgn ditakut-takuti nutup pabrik.
emoticon-Ngakak
Quote:


oh udah dijelasin emoticon-Big Grin
tiwas tak kuwot mau ane bales emoticon-Hammer
Quote:


wah berati sofyan wanandi ngibul ya
Kepemimpinan Jokodok Memusuhi :
1.PNS
2. Pengusaha dalam negeri


Mendukung :
1. Buruh
2. Investor asing

emoticon-Najis (S)
Quote:


loh bukanya emang beberapa pabrik sudah ada yang relokasi?
kalo tutup sih juga ada kok emoticon-Big Grin
dan kalo gak relokasi dan tutup biasanya mesinisasi
itu emoticon-Ngacir