alexa-tracking

KPK Indikasikan Kurikulum 2013 Kacau

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548966145a51633c468b4572/kpk-indikasikan-kurikulum-2013-kacau
Thumbs up 
KPK Indikasikan Kurikulum 2013 Kacau
KPK Indikasikan Kurikulum 2013 Kacau

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menganggap implementasi Kurikulum 2013 sudah tidak beres dari sisi fasilitas penunjangnya. Itu sebabnya KPK segera menganalisis ketidakberesan itu, termasuk anggaran yang terbuang sejak Kurikulum 2013 diberlakukan tahun lalu.

"BPK (Badan Pemeriksa Keuangan) sudah mengamati dan mendalaminya (anggaran dan penyerapan Kurikulum 2013). Kami (KPK) pun menjadi tertarik melihat kesiapan implementasi kurikulum dan pengadaan buku yang selama ini terlambat. Itu artinya ada indikasi tak sejalan antara pencanangan dan realisasi," papar Wakil Ketua KPK Zulkarnain saat dihubungi Media Indonesia, kemarin.

Menurut dia, selama ini Kurikulum 2013 tidak dirancang matang. Buktinya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak mempersiapkan tenaga pendidik (guru) yang menguasai kurikulum.

Maka itu, sudah seharusnya kurikulum yang diinisiasi mantan Mendikbud M Nuh itu dievaluasi. "Kenapa? Sebab, mestinya guru dipersiapkan dulu di seluruh Indonesia, bukunya pun harus ada dan sampai ke sekolah-sekolah, mungkin juga alat peraga serta kelengkapan lainnya."

Zulkarnain menambahkan selain anggaran Kurikulum 2013 yang mencapai Rp3,8 triliun itu terbuang sia-sia, yang juga penting ialah asas manfaatnya.

Apabila Kurikulum 2013 dipaksakan berlanjut dengan segala ketidakberesan, dipastikan akan menimbulkan banyak masalah.

Permintaan audit anggaran Kurikulum 2013 sebelumnya disampaikan aktivis guru Retno Listyarti. Menurutnya, KPK harus menyelisik anggaran untuk Kurikulum 2013 karena banyak kejanggalan.

Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) dan Indonesia Corruption Watch (ICW) pun mendesak Kurikulum 2013 yang menghabiskan anggaran Rp3,8 triliun terdiri dari anggaran pengadaan buku sekitar Rp2,5 triliun dan pelatihan guru sekitar Rp1,3 triliun itu diusut karena diduga ada penggelembungan anggaran.

Anggota Persatuan Pengusaha Grafika Indonesia M Nasir membenarkan ada pihak percetakan buku yang menjual buku melebihi plafon dari ketentuan kontrak pengadaan buku Kurikulum 2013. "Memang, fakta itu ada. Itu jelas melanggar aturan dan harus diberi sanksi," papar Nasir.

Madrasah menunggu
Secara terpisah, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin menyatakan madrasah mulai dari MI, MTs, hingga MA tetap menjalankan Kurikulum 2013 sampai ada kepastian dari Kemendikbud tentang penghentian Kurikulum 2013. Hal itu telah dituangkan dalam surat edaran kepada madrasah di seluruh Indonesia.

"Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pun sudah mengirimkan surat kepada Mendikbud Anies Baswedan untuk meminta penjelasan, apakah penghentian itu dilakukan sementara, selamanya, atau diperbaiki. Hal itu dilakukan agar kegiatan belajar para siswa tidak terganggu," kata Kamaruddin.

Senada dengan itu, anggota DPR dari Fraksi Partai Hanura Dadang Rusdiana menyampaikan Mendikbud harus segera membuat surat untuk mengatur lebih lanjut penghentian Kurikulum 2013 agar dalam masa transisi ini tidak menimbulkan masalah rumit di daerah. (Bay/Vei/H-2)

sumber

=========

emoticon-siul

reserved
reserved
KASKUS Ads
image-url-apps
biarkan Fahri yg menanggapi..

Ngueeeeng___ emoticon-Ngacir
hm nunggu berita lanjutannya deh
kpk stlong
KPK Indikasikan Kurikulum 2013 Kacau KPK Indikasikan Kurikulum 2013 Kacau
Quote:


apa gak dibahas dulu ya?
padahal sebagian sekolah2 ada dibawah kemenag

emoticon-Amazed
ayo periksa..periksa emoticon-army
image-url-apps
Berarti tender buku nya kurang lama ini ya.. Mestinya sejak 2012 harus sudah ditenderkan nih.. Biar pas 2013 dah tersebar diseluruh wilayah Indo.. emoticon-Cool
kok KPK nggak mendalami juga kartu indonesia sehat, dari mana dananya itu juga belum dipersiapkan di tingkat daerahnya juga kan? hayo....
ane tgg menterinya di karungin kpk emoticon-Ngakak
image-url-apps
Dari penamaan juga sudah buruk, kurikulum 2013, seolah2 ga bisa nyari nama kurikulum yg lebih bagus apa ya ampe pake tahun buat jd nama. Udah kayak indonesian idol aja gara2 udah terlalu banyak jdnya pake tahun buat kasih nama acara.

Untung sinetron tersanjung ga dibikin tersanjung 2013.
image-url-apps
lebih bagusan KTSP kalo menurut gw, jam belajarnya juga gak sebanyak kurikulum 2013. sepatutnya dihapuskan lah emoticon-Big Grin
image-url-apps
Mentri gak tnggjwb kurikulum 2013 baru diterapkan dah lengser kacau!
kader sapi kerjanya mana ada yg bener......... emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
image-url-apps
duit kebuang. kurikulum gak jelas. guru aja bingung jelasin materi ke murid. apalagi orang tua yg ngajarin anak di rumah emoticon-Bata (S)
waduh bisa merambat ke kpk juga nih akhirnyaemoticon-Ngakak
ada yang deg-degan ini... KPK udah terjun ke kurikulum 2013. Kemarin ada anggota DPR yang menentang keras penghentian. Pakai kata-kata "Stake Holder" pula...
image-url-apps
Penasaran jg ane nih emoticon-Embarrassment
image-url-apps
guru yg dr profesi TIK jadi guru ekonom... emoticon-Amazed
image-url-apps
Kl kpk msk sebentar lagi ada yg dag dig dug
Nunggu aja ada yg nyangkut ke kpk
×