alexa-tracking

[INI YG BENAR] Rakyat njerit, DPR ‘berantem melulu’, dana blusukan hampir Rp1 triliun

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54895f91902cfead768b4567/ini-yg-benar-rakyat-njerit-dpr-berantem-melulu-dana-blusukan-hampir-rp1-triliun
Thumbs up 
[INI YG BENAR] Rakyat njerit, DPR ‘berantem melulu’, dana blusukan hampir Rp1 triliun
[INI YG BENAR] Rakyat njerit, DPR ‘berantem melulu’, dana blusukan hampir Rp1 triliun

lensaindonesia..com: Seluruh anggota DPR RI mulai minggu awal Desember ini memasuki masa reses. Anggota DPR ‘pulang kampung’ alias ‘blusukan politik’ atau melakukan tugas kedewanan di luar Gedung DPR RI Senayan untuk menampung aspirasi rakyat di daerah-daerah, khususnya di Dapil (Daerah Pemilihan)-nya.

Pengamat Anggaran Politik, Uchok Sky Khadafi mengritisi anggaran reses DPR RI ini, mengungkapkan anggaran reses DPR RI 2014 ini jauh membengkak dibanding reses anggota DPR periode sebelumnya untuk tahun 2012 dan 2013.

Baca juga: FITRA ungkap anggaran reses DPR 2014 yang sangat bombastis

Kali ini, menurutnya, para anggota dewan yang dilantik baru tiga bulan berjalan itu menyerap uang rakyat Indonesia dari APBN hampir Rp 1 triliun, yaitu RP 994.9 miliar.

Menurut Uchok, ini sangat ironis, karena DPR sejak dilantik belum menghasilkan pekerjaan besar yang bisa dirasakan rakyat Indonesia, khususnya puluhan juta rakyat miskin yang kini sedang dilanda kesulitan harga-harga naik dampak kenaikan BBM. Sebaliknya, di DPR terus terjadi konflik antara KIH (Koalisi Indonesia Hebat) dan KMP (Koalisi Merah Putih). Masih lagi ditambah dalam internal KMP terjadi lagi konflik yang menimpa Partai Golkar dan PPP.

“Pada tahun 2012, anggaran reses DPR dalam bentuk “rangka penyerapan aspirasi DPR” sebesar Rp539.481.045.000, dan pada tahun 2013 sebesar Rp678.431.305.000. Jadi, alokasi anggaran reses dari tahun 2012 ke 2013 mengalami kenaikan sebesar Rp138.950.260.000.,” kata Uchok kepada Licom, di Jakarta, Senin (8/12/2014).

Karena alokasi anggaran reses tahun 2014 ini sebesar Rp994.904.572.000, praktis dari tahun 2013 ke 2014, ada kenaikan anggaran reses sebesar Rp316.471.267.000, atau kenaikan alokasi anggaran dari tahun 2013 ke 2014 cukup tinggi dan mahal, sebanyak 44 persen atau sebesar Rp316.4 miliar.

Menurutnya, dibanding kenaikan alokasi anggaran reses dari tahun 2012 ke 2013, masih lebih rendah hanya sebesar Rp138.9 miliar.

“Bila disimulasikan, alokasi anggaran reses sebesar Rp.994.9 miliar dibagi sebanyak 560 orang anggota dewan, maka setiap orang akan menerima sebanyak Rp1.7 miliar pertahun,” kata dia.

Dan, setiap tahun ada 11 reses, maka setiap reses atau berkunjung ke dapil masing-masing, maka anggota dewan akan membawa uang kegiatan reses sebesar Rp.161.510.158 juta pergiatan.

“Untuk saat ini, Tinggi dan mahal biaya reses ini hanya akan menambah mubazir anggaran pajak rakyat ini. Dikatakan mubajir karena, tujuan dan fungsi reses itu sudah mandul,” kritik Uchok.

“Karena kegiatannya juga membosankan konstituen (masa pendukung). Dewan tidak bisa membawa aspirasi rakyat ke tingkat nasional, lantara bagimana mau memperjuangkan , faktanya aantar fraksi atau partai di DPR RI, dan kelompok kerjanya hanya berantem melulu,” tandas Uchok, mengritisi.

Uchok pun melontarkan kritikan sarkasme. “Akan lebih baik pemerintah Jokowi menyediakan (bikin) sebuah “Ring Tinju” saja di DPR, agar pertarungan atau berantem melulu tidak liar, dapat ditonton seluruh rakyat, dan pemerintah Jokowi juga puas adu dombanya,” kata Fitri dengan nada gemas. @endang

[url]http://www.lensaindonesia..com/2014/12/08/rakyat-njerit-dpr-berantem-melulu-dana-blusukan-hampir-rp1-triliun.html[/url]
bukan menampung aspirasi rakyat, tetapi ke kantor partai pengusung untuk mendengar arahan atau membagikan 'kue'
emoticon-Ngakak
arti reses - masa dimana DPR melakukan kegiatan di luar masa sidang, terutama di luar gedung DPR. Misalnya untuk melakukan kunjungan kerja, baik yang dilakukan anggota secara perseorangan maupun secara berkelompok. Masa reses ditiadakan pada persidangan terakhir dari satu periode keanggotaan DPR.[1]
Masa reses ini kontroversial karena pada tahun 2009 tercatat setiap anggota DPR mendapat sekitar 70 juta rupiah selama masa reses, dan penggunaan anggarannya tidak harus dipertanggungjawabkan.[2]emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
klo urusan duit reses.. itu kmp ama kih kompakan ndak ya ??

dagelan maning dagelan maning emoticon-Ngakak
Quote:

emoticon-Ngakak
KASKUS Ads
keren nih para dhewan mulai panen duitemoticon-Cendol (S)
image-url-apps
HEBAT!!! emoticon-Recommended Seller emoticon-Recommended Seller
image-url-apps
Namanya juga Play Group.

emoticon-Ngacir
Berantem diadu domba, yg blusukan juga nga tau diri ngabisin APBN jadi rakyat menjerit

Itu Judul yang bener
niscaya akan ada perdamaian... ketika ada uang datang. emoticon-Cool
image-url-apps
Lumayan buat pulkam, dimodalin negara
DPR dibubarin aja,kalo kerja nya brantem doank...
image-url-apps
Namanya jg anggota DPR
Congornya doang yg digedein buat kritik kebijakannya pemerintah.sementara hasil kerja nol besar.persis kayak panasbung emoticon-Big Grin

Tapi luar biasa ya?hampir 1 trilyun habis cuma dalam tempo 3 bulan.all for nothing
Saatnya mengumpulkan dana untuk balik modal kampanye !!!!
Kira2 begitulah jeritan para anggota DPR.

Presiden dan kabinetnya sudah mulai mengubah cara kerja menjadi lebih efisien dan optimal.
Tapi DPR cara kerjanya masih begitu2 aja....
Dengan cara kerja yang masih sama ya jangan terlalu berharap kalo hasilnya bisa berbeda dengan para pendahulunya.....
gpp la gan, lom karuan itu bikin balik modal kampanye emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
image-url-apps
dana reses tuh buat bayar utang pas kampanye gan....kasian mereka didatengin debt collector ntar
image-url-apps
Quote:


1 triliun itu anggaran masa reses 2014, jadi seharusnya sih sudah mulai dipake sejak awal tahun kan? Oleh DPR periode sebelumnya di 3 masa reses sebelum yg Desember ini maksudnya.
image-url-apps
Quote:


Reses itu kegiatan akhir tahun gan.berarti hanya sekali dalam 1 tahun.dan dana hampir 1T itu ya hanya untuk reses desember 2014.DPR sebelumnya ya dana untuk resesnya beda lg
image-url-apps
Quote:


jadinya judul yg bener yg mana nih??
Quote:


siapa yg adu domba ?
bacot mulu lu ah
image-url-apps
Maklum kalo berantem terus .. wong namanya juga cah TK emoticon-Ngakak (S)
image-url-apps
itulah kenapa orang berlomba2 mau jadi anggota DPR gans... bikin aturan sendiri dan ga mungkin aturan yg ga enak dong pastinya hwehehehehhee..
×