alexa-tracking

Mulai 2016, PNS wajib iuran dana pensiun

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54891e5598e31b907f8b457f/mulai-2016-pns-wajib-iuran-dana-pensiun
Mulai 2016, PNS wajib iuran dana pensiun
JAKARTA. Pemerintah bakal mengubah mekanisme iuran pensiun bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun 2016 mendatang dari sistem pay as you go, yaitu mekanisme pembayaran pensiun yang langsung dibayar pemerintah, menjadi sistem fully funded atau mekanisme iuran yang harus dikeluarkan PNS bersama pemerintah per bulan.

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan kebijakan Pensiun SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Kumala Sari mengatakan, perubahan ini akan tertuang dalam penerbitan Peraturan Pemerintah tentang Pensiun PNS.

Calon beleid anyar ini merupakan aturan pelaksana Undang-Undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN) yang disahkan pada akhir tahun lalu.

Kumala mengatakan, dalam draf beleid ini, dana pensiun PNS akan diambil dari beberapa sumber. Pertama, dari gaji PNS yang setiap bulan dipotong 1% untuk iuran pensiun. Kedua, diambilkan dari iuran pemerintah.

"Pemerintah kontribusinya 10% dari gaji PNS dan akan diambil dari pajak penghasilan (PPh) PNS yang sebulan besarannya sekitar 15%, " kata Kumala kepada KONTAN Rabu (10/12) kemarin.

Selain mengatur mengenai skema iuran, dalam peraturan pemerintah yang sedang disusun tersebut, pemerintah akan mengatur beberapa ketentuan lain. Seperti soal hak pensiun para PNS.

PNS yang berhak menikmati pensiun adalah PNS yang masa pengabdiannya minimal sudah mencapai 10 tahun dan tidak berhenti karena adanya sanksi disiplin atau pidana. Bagi PNS yang berhenti karena sanksi disiplin atau pidana, tidak akan mendapat hak pensiun secara penuh. Mereka hanya memperoleh uang pensiun dari iuran 1% yang dibayar setiap bulan.

Ketentuan lain, mengenai lembaga yang akan mengelola. Kementerian PAN-RB akan berdiskusi dengan Kementerian Keuangan untuk menentukan apakah PT Taspen atau lembaga lain sebagai pengelola pensiun PNS. Keputusan ini sangat penting bagi pengelola dana pensiun pegawai negari seperti Taspen dan Asabri yang mengelola dana pensiun anggota TNI/Polri.

Direktur Utama PT Taspen Iqbal Latanro mengatakan Taspen ingin tetap mengelola dana pensiun PNS. "Sesuai UU No. 4 Tahun 2011 PT Taspen tetap diizinkan menambah jumlah peserta, jadi ini masih menjadi segmentasi Taspen," katanya. Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Chazali Situmorang mengatakan pemerintah perlu berhati-hati menetapkan lembaga pengelola dana pensiun PNS ini.

http://nasional.kontan.co.id/news/mu...n-dana-pensiun
pokoknya PNS harus di obok-obok
makin suram PNS di jamannya petugas partaiemoticon-Ngakak
KASKUS Ads
Quote:


kelihatannya ente girang banget om
Quote:


orang gue pns jugaemoticon-Malu (S)
Ya sudah, sekarang pensiun kalian yang PNS sama kyk pensiun karyawan swasta, potong gaji untuk iuran pensiun.
Quote:


mAAF OM kalau gitu
image-url-apps
hari gini masih mau jadi pns..??
image-url-apps
Bagus lah
image-url-apps
Bagus deh. Biar gak pada ngebet lg jd PNS, dan yg jd PNS jg harap diseleksi dgn benar bir kerjanya optimal
image-url-apps

Pns memang udah dipotong dari kapan tau buat iuran taspen emoticon-Big Grin
CUma pembayaran uang pensiun yanh diubah kaga 80% dari gaji pokok tiap bulan jadi sekaligus satu kali bayar emoticon-Big Grin

Konsep yang udah jadi rahasia umum di kalangan pns emoticon-Big Grin

emoticon-Traveller
bukannya ada taspen yah.....
ini dah ada lagi wacana baru emoticon-No Hope
taspen di kemanain??emoticon-Malu?
bukannya dari dlu dah dipotong emoticon-Bingung (S)
Quote:


setau gw jg begitu..
Quote:


emang di potong kok. terus masalahnya dimana?

emoticon-Cendol (S)
Quote:


aneh kemenpan dari kemaren gak ada yg jelas emoticon-Cape d... (S)
kebijkan lama dan masi berjalan malah di hebohin lg emoticon-Cape d... (S)
image-url-apps
lha bukannya selama ini juga dah dipotong buat taspen?

bingung ane
image-url-apps
Ada untungnya jg sih nantinya PNS dapet Dana pensiun miliar kaya sistem nya pensiunan BUMN tinggal si PNS bijak menggunakannya aj sih, selama ini memberatkan APBN karena pemerintah tdk membayar kewajibannya selama 60 tahun
image-url-apps
taspen di ganti sama kartu indonesia pensiun ceria.. emoticon-Embarrassment
×