alexa-tracking

Celetuk Politik Indonesia - Menteri Anies: Banyak Pungli di Sekolah di Daerah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54890f055a5163de498b457e/celetuk-politik-indonesia---menteri-anies-banyak-pungli-di-sekolah-di-daerah
Celetuk Politik Indonesia - Menteri Anies: Banyak Pungli di Sekolah di Daerah
Menteri Anies: Banyak Pungli di Sekolah di Daerah


Celetuk Politik Indonesia - Menteri Anies: Banyak Pungli di Sekolah di Daerah


TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan, mengakui ada banyak masalah yang ada di kementeriannya.

"Memang banyak," kata Anies kepada Tempo pada 10 Desember 2014 di kantornya.

Anies mengatakan hal yang wajar bila kementeriannya memiliki banyak masalah, karena jumlah sekolah yang perlu diawasinya juga banyak. "Bayangkan ada 200 ribu lebih sekolah yang harus kami pantau."

Sebelumnya, Ombudsman Bidang Penyelesaian Laporan Budi Santoso menjabarkan tujuh permasalahan utama yang terjadi di dunia pendidikan di Indonesia.

"Ini isu besar permasalahan pendidikan berdasarkan laporan masyarakat kepada kami selama 2011-2014," katanya di kantor Ombudsman pada Rabu 10 Desember 2014.

Ketujuh isu ini adalah penerimaan peserta didik baru (PPDB), ujian nasional, transparansi dan akuntabilitas pengelolaan dana bos. Kemudian ada pula isu tentang komite sekolah, kekerasan di lingkungan sekolah, problematika sertifikasi guru dan evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013.

Anies mempercayai banyaknya masyarakat yang melapor ke Ombudsman dengan berbagai keluhan. Anies sendiri mengalaminya. "Setiap hari saya dapat 200 sms, berisi keluhan masyarakat," katanya.

Banyak di antara keluhan yang diterima Anies berbicara tentang pungutan liar di berbagai sekolah. Menurutnya setiap sekolah memang berpotensi untuk melakukan pungutan liar yang dasyat. " Apalagi di daerah remote area."

Di daerah terpencil, menurut Anies, masyarakat, khususnya keluarga peserta didik memiliki posisi tawar yang lemah. Hal itu berbeda dengan masyarakat kota yang orang tua muridnya bisa meminta jaminan anaknya mendapat pengajaran yang baik di sekolah.

"Kalau di daerah, orang akan bilang 'Sudah syukur bisa sekolah'. Sehingga berbagai pungutan liar akan banyak terjadi."

Untuk mengawasi lebih ketat kegiatan belajar mengajar di sekolah, Anies pun berencana membagi zona pengawasannya ke dalam beberapa wilayah. Namun Anies belum memberi tahu sistem spesifik seperti apa yang akan diterapkan.


Sampai saat ini memang Sekolah sangat penting terutama untuk Rakyat-rakyat miskin yang membutuhkan Pendidikan di Indonesia. Indonesia membutuhkan Suply Moral dan pendidikan yang sangat banyak untuk memperbaiki Indonesia. Tidak jarang kan Mahasiswa bentrok dengan Polisi karena Demo dan Anarkis. Seharusnya, apabila memang berpendidikan mereka tidak perlu melakukan, cara pendekatannya beda antara orang berpendidikan dengan yang cuma "Modal dengkul & Otot".

Sayang nya saat ini faktor pendidikan masih banyak terbengkalai di Indonesia, tetapi Pak celetuk rasa hanya sampai saat ini saja. Pak Jokowi pasti sudah punya berbagai macam rencana untuk meningkatkan kinerja pendidikan di Indonesia. Waktu, tenaga, serta pikiran akan di curahkan untuk sektor tersebut, hanya perlu menunggu saja, selama Pak Jokowi tidak "Dijegal" ya..

Sekolah di daerah-derah kecil, memang sangat minim perhatiannya dan juga seringnya subsidi yang juga banyak di korupsi oleh DPRD dan menteri-menteri jaman Pak Esbeye. Akhirnya banyak terbengkalai serta serba kekurangan.. Disitulah lahirnya "Pungli" karena suply sekolah kurang, dan akhirnya meminta ke Masyarakat. Dengan cara pemerintahan serta alokasi dana Ala Pak Jokowi, pasti mengurangi celah-celah Korupsi.

Semoga saja saat ini Pak Jokowi bisa membawa perubahan, dan juga untuk Kubu "Penjegal" juga bisa Support Pemerintah untuk Indonesia Suksess..!!

Hidup Indonesia..!! Semangat Pak Jokowi..!!


Celetuk Politik Indonesia
image-url-apps
gak cuma di daerah, sekolah negeri di kota-kota juga. gw aja dulu pas SMP disuruh bayar lebih buat uang gedung dengan alasan gw masuk kelas unggulan emoticon-Berduka (S)
Quote:


Wahh.. Pak Mr.Android, Ternyata hingga di kota besar juga banyak terjadi ya..
emoticon-Berduka (S) emoticon-Mad (S) emoticon-Sorry
Seharusnya karena kelas unggulan, malah free uang sekolah dan gedung ya.. Bisa jadi untuk siswa-siswi nya malah ingin nilai nya bagus supaya bisa Free biaya sekolah..
emoticon-Ngakak emoticon-Matabelo
KASKUS Ads
calo, calo...Calo dimana2...
Kalau itu mah sejak orde baru dan selalu tumbuh selagi masih blm ada pemeratan pembangunan pendidikan..
×