alexa-tracking

Menteri Susi: Lele itu produk impor, ekornya saja yang lokal

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5488815e108b46da298b456b/menteri-susi-lele-itu-produk-impor-ekornya-saja-yang-lokal
Menteri Susi: Lele itu produk impor, ekornya saja yang lokal
Sumber ;
http://m.merdeka.com/uang/menteri-susi-lele-itu-produk-impor-ekornya-saja-yang-lokal.html

Merdeka.com - Kebijakan pemerintah lama membuat Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti geleng-geleng kepala. Dia merasa, selama ini rakyat Indonesia justru tidak bisa menikmati hasil perikanannya yang begitu melimpah.

Menurutnya, selama ini rakyat hanya makan ikan budidaya. Bahkan ikan budidaya ini bisa juga dibilang produk impor. Pasalnya, 85 persen komponen produksinya berasal dari impor. Contohnya adalah ikan lele.

"Ikan lele itu kelihatannya saja lokal, tapi ibu-ibu tahu komponennya itu impor, pakannya," kata Susi saat menjadi pembicara dalam dialog Perempuan Anti Korupsi di Hotel Grand Tjokro, Yogyakarta, Rabu (10/12).

Susi menilai jika pakannya impor itu sama saja ikan lele adalah produk impor. "Kepala sama dagingnya jadinya impor, yang lokal tinggal ekornya saja," ujarnya.

Padahal seharusnya rakyat Indonesia bisa menikmati ikan laut yang jauh lebih besar. Sayangnya, karena banyak pencurian ikan, para nelayan hanya mendapatkan sisa ikan-ikan laut yang kecil-kecil, sementara ikan besar sudah dicuri kapal-kapal asing.

"Paling apa? Ikan asin doang yang kita makan, iya kan?" ungkapnya.

Dia melihat pencurian ikan tersebut berdampak pada perubahan pola makan orang Indonesia, yang dahulu biasa makan ikan laut kini hanya bisa menikmati ikan budidaya.

"Pencurian ikan itu berimbas pada pola makan orang Indonesia, benarkan? Lele impor saja yang dimakan," tandasnya.




===============================

Kalo gitu makan ekornya saja biar ga disebut pro asing......
selama ini ane makan lele impor emoticon-Mewek

ekornya ga gw sentuh malah emoticon-Hammer2
image-url-apps
Kalau g salah emang lele aslinya ikan dari amerika selatan, masuk sini karena kuat jadi pasaran dikali kali lokal
KASKUS Ads
image-url-apps
Cuk , nih orang sebenernya realistis banget emoticon-Big Grin sayang pencitraannya bikin banyak hater emoticon-Big Grin
image-url-apps
Kalo ane sih lebih doyan ikan laut gan emoticon-Big Grin
Cuman kadang susah dapat yg seger2
image-url-apps
Awas ada yg terguncang egen emoticon-Matabelo
image-url-apps
Memang lebih enak ikan laut. Tapi mau bagaimana lagi , lele itu murah , cemplungin ke empang aja hidup , di pinggir jalan banyaknya pecel lele.
image-url-apps
Bener juga ya, gua baru kepikiran hahahaa asu tenan
image-url-apps
lele? emoticon-Ngakak
mnding ikan sepat goreng garing emoticon-Cool
image-url-apps
sebenernya ane penggemar ikan laut, terutama tongkol
tapi kalo makan tongkol di warteg lumayan mahal Bu
mudah2an dengan berkurangnya pencurian ikan, harga ikan laut bisa lebih terjangkau emoticon-Embarrassment
lele lokal rasa impor dikasih makannya pakek pelet dr luar
lele lokal rasa lokal dikasih makan pakek hasil orang nongkrong.
emoticon-Ngacir
Quote:


masa lele makan lele...
emoticon-Berduka (S)
image-url-apps
pakan impor darimane, di tempat ane lele di kasi makan tai
image-url-apps
Ane biasa makan ikan gabus hasil mancing d rawa, disini lele ga ada, jarang yg budidaya. Klo ikan laut mahal beut dah. Seumur-umur blm pernah makan daging kakap. klo kepala kakap udah sering, apalagi pari bakar.
image-url-apps
makan ikan plastik aja gan emoticon-Ngacir
image-url-apps
Ane di warteg sebelah makan sotong seporsi, dan es teh manis kena 18rb emoticon-Mad:
apa mungkin klo harga sotong turun, harga makanan di warteg ukutan turun emoticon-Bingung
image-url-apps
pantesan lele ekornya garing emoticon-Ngakak

ada" aja perkataan mertua ane ini :capede
image-url-apps
Quote:


sedep mbah klo yang asli lokal emoticon-Recommended Sellerl
Quote:


Quote:


Mungkin maksudnye diimpor dari perut anak nongkrong MTV gitu
emoticon-Najis

Tapi bener juga sih si Ibu Menteri....... pola makan kita berubah gara2 illegal fishing

Ironi banget ikan lautnya berlimpah tapi kita kebanyakan makan ikan budi daya emoticon-Hammer
Ane pernah nyoba budidaya lele, tapi ngga berlanjut karena harga pakan naik terus. Tapi harga jual hasil panennya tetap ngga beranjak naik. Lagian pasar pakan itu dikuasai pemodal besar yang (kayaknya) tidak dikendalikan oleh pemerintah. Jadi kalau naikin harga pakan seenak udelnya sendiri.