alexa-tracking

Pengikut Sapta Darma Bukan Musuh Kita

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5487243298e31b30608b4568/pengikut-sapta-darma-bukan-musuh-kita
Pengikut Sapta Darma Bukan Musuh Kita
Pengikut Sapta Darma Bukan Musuh Kita
Mustholih - Okezone



SEMARANG - Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah menyatakan penganut aliran kepercayaan Sapta Darma tidak boleh mendapat diskriminasi sosial.

"Sapta Darma itu warga kita, bukan musuh kita. Itu orang Indonesia asli," kata Asisten Intelijen Kejati Jawa Tengah, Yacob Hendrik P, kepada Okezone, di Kejati Jawa Tengah, Semarang, Selasa (9/12/2014).

Yacob menyatakan, keberadaan Sapta Darma memang diakui oleh negara. Menurut dia, Sapta Darma termasuk salah satu aliran kepercayaan yang sudah masuk Forum Kerukunan Umat Beragama.

"Aliran Sapta Darma itu memang ada, tidak ada masalah pembedaan. Kita sudah punya data aliran itu. Itu semua dibina. Kita kan semua punya Forum Kerukunan Umat Beragama, termasuk pembinaan terhadap semua aliran," ungkap Yacob.

Aliran Kepercayaan Sapta Darma menjadi perbincangan setelah salah satu pengikutnya di Kabupaten Brebes, Daodah, meninggal. Namun, jenazahnya ditolak warga untuk dikuburkan di tempat pemakaman umum (TPU) setempat. Jenazah Daodah sempat telantar selama 12 jam sebelum akhirnya dikebumikan di pekarangan rumahnya di Desa Siandong RT 01 RW 04, Kecamatan Larangan, Brebes.

Atas peristiwa ini, Yacob menyatakan akan menindaklanjuti kasus tersebut dengan membuat pembinaan dan penyuluhan warga yang bersinggungan dengan Sapta Darma.

"Gesekannya kan itu adalah masalah sosial yang memicu seolah-olah ini dari Sapta. Ideologi itu kan banyak. Padahal, masalah ideologi itu kan enggak ada. Nanti kita akan ada penyuluhan ke masyarakat semua kalangan," terang Yacob.

(hol)

http://m.okezone.com/read/2014/12/09...kan-musuh-kita

Setuju, yang jadi musuh itu, orang yang menyalahgunakan agama untuk berbuat kekerasan seperti kelompoknya FPI, apalagi sapta darma itu produk asli negeri kita yang tersebar sampe ke luar negeri
Budaya sendiri di tentang, budaya import di puja" emoticon-Ngakak

Padahal budaya import tsb adalah alat propaganda ( di susupkan ke negara yg penduduknya goblok") untuk memecah belah dan melemahkan sebuah bangsa
Sapta Darma Memiliki Jumlah Pengikut Terbesar Kedua di Jateng
Mustholih - Okezone


SEMARANG - Meninggalnya pengikut Sapta Darma di Kabupaten Brebes, Daodah, membuka sisi lain fakta yang belum banyak terungkap soal persebaran para pengikut aliran kepercayaan di Jawa Tengah.

Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah mencatat, sebagian aliran kepercayaan memiliki ribuan pengikut, Selasa (9/12/2014).

Seksi Penerangan Hukum Kejati Jateng, Eko Suwarni, mengatakan, para pengikut aliran kepercayaan ini berada dalam pengawasan kejaksaan.

"Kalau sudah mengarah penodaan agama, pelanggaran hukum dan memecah belah persatuan bangsa tentu akan diambil tindakan hukum. Sejauh ini ratusan aliran kepercayaan itu belum mengarah ke situ (pelanggaran)," kata dia di Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Semarang.

Eko menambahkan aliran-aliran kepercayaan di mata hukum diakui keberadaanya. "Aliran kepercayaan itu bukan agama yang disahkan pemerintah, tapi itu diakui, salah satunya di UU Kependudukan," ujar Eko menegaskan.

Berikut aliran-aliran kepercayaan di Jawa Tengah yang memiliki ribuan pengikut:

Paguyuban Ngesti Tunggal

Aliran ini telah menyebar ke Solo dan Semarang. Di kota batik, pengikut sebanyak 7.979 orang dan di Kota Lumpia pengikutnya berjumlah 7.000 orang.

Perguruan Ilmu Sejati di Kajen Kabupaten Pekalongan

Di Pekalongan memiliki pengikut berjumlah 5.028 orang yang berasal se-Karisidenan Pekalongan.

Sapta Darma

Tersebar di sejumlah wilayah Jawa Tengah seperti di Kabupaten Pati dengan jumlah pengikut 5.000 orang. Di Kabupaten Klaten, jumlah pengikut 2.611 orang. Kabupaten Purworejo, memiliki jumlah pengikut 1.027 orang.

Kepribaden

Berkembang di Kabupaten Klaten memiliki 2.182 pengikut.

Paguyuban Kerukunan Sedulur Sikep

Tersebar di Kabupaten Blora memiliki 2.117 pengikut.

Paguyuban Kwaroh Kodrating Pangeran

Terpusat di Kabupaten Klaten, memiliki pengikut 1.441 orang.

Pangestu

Menyebar di Kabupaten Klaten dengan jumlah pengikut 1.265 orang.

Himpunan Penghayat Kepercayaan

Menyebar di Kabupaten Wonosobo memiliki pengikut berjumlah 1.043 orang.

(kem)

http://m.okezone.com/read/2014/12/09...edua-di-jateng
Quote:


bangsa kita suka yg import gan.. termasuk PSK yg ada di puncak juga emoticon-Kiss
aliran kuno tpi msh bnyk pengikutnya
saudara ane byk ikut paguyuban kawulo manunggal gusti dulu ane sering ikut ngumpul waktu msh kecil
baguss
Banyak yg merasa bisa tetapi tak bisa merasa
Bisa baca tulis arab n punya uang buat pergi kearab seolah merasa paling benar kalo ngomongin Tuhan..
Pengalaman hidup dan hikmah dari masalah adalah pelajaran berharga yg tidak semua orang dapat mengambil nilai2nya

Nulis opo ki aku
Quote:


dulu sih iya aja, kan ga ngerti huruf ma bahasanya. cuman janji muluk aja ktm si cantik 'ayu ashari' emoticon-Ngakak
kalo yg ky gini, meninggal,
dikuburkannya secara bgm nih..?
penasaran, pengen tau ane.. emoticon-Bingung (S)

udah ada yg pernah liat blm ?
Quote:


Sama saja semua budaya import pertama kali itu bertujuan untuk melemahkan sebuah bangsa. Sekutu terutama Amerika sudah tahu dr jaman Ibrahim namanya anak"nya Ibrahim ( beda keyakinan beda mamak )kagak ada yg bs akur. Ini senjata yg di manfaatkan Amerika untuk memecah belah bangsa, di pecah dr dalam
Kasihan Daodah... emoticon-Berduka (S)
Quote:


budaya sendiri silitmu sempal kuwi!
sapto darmo itu agama campuran, islam, hindu, budha, plus kejawen
sapto darmo itu budaya oplosan mas'e, mudeng ora karepku???
Quote:

budaya manakah itu ?? emoticon-Matabelo
Quote:


Goblok klw ada kejawen berarti budaya luar kah? emoticon-Ngakak

namanya steak amerika klw kena kuah berbumbu ya di bilang rendang blok. masakan tradisional
Quote:


Budaya pulau jawa, kejawen.
Quote:


maksudnya yang impor gan emoticon-Malu (S)
Quote:


Masa kagak tahu? Dulu sekolah di mana?
Quote:


ya udah kalo ga mau kasitau emoticon-Malu (S)
Quote:


Quote:


tuh yang ane bold,
islam, budha, hindu = agama plus budaya yang anda bilang import

( di susupkan ke negara yg penduduknya goblok") untuk memecah belah dan melemahkan sebuah bangsa
di dalam sapto darmo ada budaya yang anda bilang telah di susupkan oleh budaya import untuk memecah belah dan melemahkan sebuah bangsa

kalo menurut anda sendiri budaya import berakhir pada perpecahan bangsa, lalau kenapa sapto darmo harus di bela???, jelas jelas sapto darmo mengandung budaya import

udah ah, takut ketularan guoblok emoticon-Traveller
Quote:


Sapto di sdh di sesuaikan dgn Indonesia kagak?
Di beri mulustrasi pemahaman bahasa yg mudah pun masih saja goblok

Steak amerika lebih di iris tipis kemudian di beri kuah berlebih dgn rempah" khas Indonesia sehingga menjadi masakan khas Indonesia. Harus di buang kah rendang tsb?