alexa-tracking

Anies Baswedan Siapkan Aturan Berdoa di Sekolah Agar Tak Didominasi Islam

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5486b7f012e257dc718b4575/anies-baswedan-siapkan-aturan-berdoa-di-sekolah-agar-tak-didominasi-islam
Anies Baswedan Siapkan Aturan Berdoa di Sekolah Agar Tak Didominasi Islam
Selasa, 9 Desember 2014 (06:05) / Sekolah & Kampus
Anies Baswedan Siapkan Aturan Berdoa di Sekolah Agar Tak Didominasi Islam


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan kementeriannya sedang mengevaluasi proses belajar mengajar yang selama ini berlangsung di sekolah-sekolah negeri. Salah satu yang sedang dievaluasi terkait dengan tata cara membuka dan menutup proses belajar, termasuk berdoa yang selama ini identik dengan cara Islam.

“Saat ini kita sedang menyusun, tatib soal aktivitas ini, bagaimana memulai dan menutup sekolah, termasuk soal doa yang memang menimbulkan masalah. Ini sedang di-review dengan biro hukum,” ujar Anies dalam jumpa pers di kantornya, Gedung Kemendikbud, Jalan Jend Sudirman, Jakarta, Senin (1/12/2014).

Anies mengatakan hal itu menjawab pertanyaan tentang adanya keluhan sejumlah orangtua murid terhadap tata cara dominan agama tertentu, Islam, dalam proses belajar mengajar. Hal itu membuat siswa penganut agama lain menjadi tidak nyaman.

“Sekolah di Indonesia mempromosikan anak-anak taat menjalankan agama, tapi bukan melaksanakan praktik satu agama saja,” tuturnya.

Menurut Anies, sekolah negeri bukanlah tempat untuk mempromosikan keyakinan agama tertentu. Sesuai dengan asas pemerintah menjamin kemerdekaan beragama di Indonesia, sekolah seharusnya memberikan kesetaraan bagi penganut agama lainnya.

“Sekolah negeri menjadi sekolah yang mempromosikan sikap berketuhanan yang Maha Esa, bukan satu agama,” tutup Anies.

aer sumurnya:
http://news.fimadani.com/read/2014/1...ominasi-islam/

komen ogud:
nyari di gugel dapetnya:
Anies Baswedan Siapkan Aturan Berdoa di Sekolah Agar Tak Didominasi Islam

ini bener kagak, yak??? kok semuanya cumak muncul di forum dan blog, blom ada yang di berita resminyah???

Yang tahu, mohon klarifikasinya

DAN SATU LAGI:
MOHON JANGAN SAMPE MENJADI SARA!!!!


emoticon-No Sara Please emoticon-No Sara Please emoticon-No Sara Please

nih pm momod ke ogud!!!!
Anies Baswedan Siapkan Aturan Berdoa di Sekolah Agar Tak Didominasi Islam
fekaes dan radikal kanan mentok lagi terguncyang...
udah cuekin aja...
Guru : sebelum kita belajar mari kita brdoa dalam hati n pikiran menurut agama masing2

Gitu aj kok dibikin repot emoticon-No Hope
Udah pada sadar agama itu bs membuat bangsa tertinggal spt skrg iniemoticon-Angkat Beer
Menurut ana, cara berdoa di sekolah ana dulu sudah sangat mengakomodir semua agama.

"Menurut agama & kepercayaan masing-masing, berdoa mulai... Selesai...!"

Gak tau klo di sekolah lain, mungkin dibacain doa" panjang pake bahasa Arab (yg muridnya sendiri pasti gak ngerti).
emoticon-Big Grin
Quote:


kirain yg membuat bangsa tertinggal itu hukum (entah peninggalan siapa) yg carut marut.. dimana pelanggar hukum lenggang kangkung, tetep yg jadi kambing hitam agama terus,, padahal berapa persen org kita yg taat agama kecil sekali, banyakan yg ga taat
Sekolah negeri memang seharusnya tidak mengacu pada salah satu agama.

Bayangkan kalau murid di SD berdoa wajib di sekolah secara Islam, atau Kristen (misalnya di Manado dan Papua), atau Hindu ( di Bali) padahal itu sekolah negeri milik pemerintah yg seharusnya mengayomi semua agama.

Beda kalau memang sekolahnya adalah madrasah, pesantren, sekolah kristen atau katolik.
Jamannya gue SD dulu, di kelas cuma ada 2 orang non-muslim.. emoticon-Malu (S)
Dan gue salah satunya, karena sering mendengarkan doa muslim, gue sampai hapal loh gan... emoticon-Big Grin
Quote:


Udah ga bisa lagi doktrinisasi di sekolah2 ya gan emoticon-Big Grin

Sebaiknya atribut keagamaan juga di hilangkan diganti dengan atribut nasional ( seragam ) supaya tidak ada kesan exclusive
Quote:


Quote:


dimohon emoticon-No Sara Please emoticon-No Sara Please emoticon-No Sara Please
karena berita ini blom jelas kebenarannya, lihat skrin syur yang ogud sertakan, semuanya masih berupa forum dan blog.


Quote:


Quote:


di sekolah ogud dulu jugak kayak gitu, mas bro. kecuali di stm di lampung, siswa non muslim di mimta keluar ruangan untuk mengikuti pelajaran agamanya masing2 di ruangan kelas yang lain. setelah itu baru salah satu siswa meminpin berdoa bersama dengan doa2 seperti kalok habis sholat berjamaah.

yang paling bagus ya berdoa dengan menundukkan kepala itu:

Ketua Kelas: "Berdoa, Mulai!"
Murid2: "..." (menundukkan kepala, berdoa dalam hati)
Ketua Kelas: "Berdoa Selesai!"
Murid2; "..." (menegakkan kepala kembali)

cukup elegan.


Tapi SEKALI LAGI:
MOHON KLARIFIKASI BERITA INI BENAR ATAU TIDAK????
Quote:


Bikin tertinggal sih tidak gan, kita perlu agama untuk membangun iman sehingga terhindar dari perbuatan tercela.

Tapi yg bahaya itu agama digunakan untuk membuat fanatisme akut dan dimanfaatkan untuk kepentingan politik emoticon-Big Grin
ini revolusi mental emoticon-Bingung (S)
Gw udeh nanya temen ane yg wartawan, jd si Anies cuma ngomong selintas doang. die ngmong doa di sekolah itu jangan hanya menjurus satu agama doang. die berharap doa ga boleh menjurus ke satu agama

Intinya harapan disini bukan berarti ketentuan atau kebijakan, alangkah baiknya kita menunggu jawaban Pak Anies atas hal ini
Quote:


kalo sekolah zaman gw dulu emang masih kayak gitu bedoanya...

akhir2 ini aja yg pake doa dengan cara islam... kayaknya itu semua tergantung.kebijalan sekolah masing2 emoticon-Big Grin
Berita ini sudah mengalami pelintiran. (Berita ini) ndak beda dengan pas (jaman) pilpres, katanya Menteri Agama dari Syiah...., konon begini, begitu... Kalo Jokowi menang Menag Pak anu (yang pro Syiah). Buktinya?
Fix, kerjaan antek sapi wahaboy emoticon-shakehand

Kalo urusan manipulasi berita, siapa lagi ahlinya? Prabowo aja pernah kena tepu ---->>> data form C1 katanya 10 kontainer "unimog" emoticon-Ngakak

Saran ane, tolong itu manusia manusia kaya yang mampu beli gadget mahal. Tolong jangan cuma bisa beli gadget dan maenan socmed doank, tapi kalian harus bisa menyaring informasi. Jaman sekarang yang namanya Dajjal memang sedang keliaran, ngumbar fitnah di mana-mana........... Jagalah diri anda, dan juga keluarga anda dari fitnah ataupun memfitnah.
Quote:


Ngapain pakai doa doa segala gan klo mau doa di rumah ibadah atau di rumah sendiri saja...
Quote:


Satu lagi bro. Ane Muslim (gw kagak tau ente agamanya apa, tp itu gak penting buat gue emoticon-shakehand ). Di masjid depan rumah gue, pas usai sholat jamaah masjid pada dzikir dan berdoa...., hanya 1 atau 2 orang yang patut diduga wahaboy yang kalo abis sholat langsung ngacir pulang.

Itu fakta gan!! Wahaboy dan antek partai suci memang cenderung kalo abis sholat langsung ngeloyor, kagak pake dzikir dzikiran ataupun doa.., tapi ini mereka sok sokan peduli soal berdoa di SD NEGERI???? WTF banget!


Anies Baswedan Siapkan Aturan Berdoa di Sekolah Agar Tak Didominasi Islam
Quote:


doa sebelum masuk kamar mandi. doa sebelum wudhu, doa sebelum masuk rumah, doa sebelum masuk masjid, doa sebelum berangkat, bahkan doa sebelum ngenthoth pun ada, mas gan.

mas gan gak diajarkan itu?

Edit:
wuanjer... ada yang disensor...
Quote:


Lah yg kerap membuat masalah kan yg taat2 alias fanatik itu gan