alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Anies Baswedan: Anak-anak Kita Bukan Alat Uji Coba
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5486ab88138b46bd5e8b456d/anies-baswedan-anak-anak-kita-bukan-alat-uji-coba

Anies Baswedan: Anak-anak Kita Bukan Alat Uji Coba

Anies Baswedan: Anak-anak Kita Bukan Alat Uji Coba
Senin, 8 Desember 2014 | 16:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar Menengah Anies Baswedan mengungkapkan, tidak ada satu dokumen pun yang menunjukkan letak kekurangan Kurikulum 2006 hingga harus diganti menjadi Kurikulum 2013. Padahal, dibanding Kurikulum 2013, Kurikulum 2006 lebih "luwes" dalam memberikan ruang sekolah untuk menyusun kurikulumnya sendiri.

"Tidak ada kajian yang berujung pada kesimpulan bahwa Kurikulum 2006 urgensi pindah ke Kurikulum 2013. Padahal, itu diperlukan. Apa koreksinya? Apa masalah Kurikulum 2006?" ungkap Anies Baswedan kepada Kompas TV dalam wawancara khusus di kantornya, Senin (8/12/2014). Justru yang ditemukan oleh Anies, kementerian era sebelumnya langsung membuatkan kurikulum baru.

Bahkan, hingga akhir kementerian selesai pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, tidak ada uji evaluasi atas Kurikulum 2013 yang telah diterapkan di 3 persen sekolah di Indonesia.

Menurut pendapat Anies, Kurikulum 2006 justru lebih memberikan peluang kepada sekolah untuk menyusun kurikulumnya sendiri, selain menggunakan kurikulum nasional. "Ada keberagaman dan kebinekaan dalam Kurikulum 2006," ujarnya.

Sebaliknya, justru dia menilai Kurikulum 2013 tidak mengakomodasi keberagaman dan kebinekaan. "Semua diatur dalam silabus. Kebinnekaan dan keberagaman tidak terakomodasi di situ (Kurikulum 2013)," kata Anies.

Penghentian Kurikulum 2013 menjadi perhatian orangtua murid, siswa, guru, dan dunia pendidikan beberapa hari ini. Dengan penghentian ini, sekolah-sekolah akan menggunakan kembali Kurikulum 2006 mulai semester genap nanti.

Penghentian Kurikulum 2013 ini lantaran pemerintah sekarang menilai pelaksanaannya terlalu tergesa-gesa dan dipaksakan. Baik guru maupun murid, kata Anies, perlu dilatih lebih serius guna mengimplementasikan kurikulum yang akan diubah.

"Jangan melatih guru sekadar cepat membuat laporan, tetapi melatih guru untuk melakukan perubahan cara mengajar di kelas. Itu perlu serius dan butuh waktu," kata Anies.

Anies mencontohkan Inggris saat melakukan perubahan kurikulum. Anies menceritakan, Inggris memerlukan waktu selama tujuh tahun. Persiapan, uji coba, dan evaluasi bertahap dilakukan dalam kurun waktu empat tahun.

"Di sini tim dibentuk Januari, dilaksanakan Juli. Tidak dievaluasi. Dijalankan selama satu tahun, tahun berikutnya dilaksanakan seluruh sekolah. Oktober baru dilakukan uji pada kurikulum," paparnya.

"Saya tidak ingin anak-anak kita untuk alat uji coba. Anak-anak kita harus mendapatkan kurikulum yang sudah matang. Jangan anak-anak kita dan guru-guru kita dipaksa melakukan sesuatu sebelum penyiapan yang baik," tandas Anies.

source: http://edukasi.kompas.com/read/2014/...ampaign=Kpopwp

coba ditanyakan sama mentri yg sebelumnya,
mau ga anaknya dijadiin kelinci percobaan.. emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh hayden.c
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
buat anak kok coba-coba
Kalo bapak pinter dan cerdas pasti akan mengadaptasi sistem kurikulum spt di luar negeri spt Cambridge...simpel..mudah dimengerti...setara dengan luar negeri...siap menhadapi persaingan bebas

Kalo maksa2 bikin kurikulum baru lagi fix bapak ngejar abisin duit proyek aja...
Diubah oleh rikky_c_a
buat anak kok coba-coba emoticon-Malu



Quote:


iya gan, buat cetak buku pelajaran K-13 kemaren aja ampe abis ber-trilyun2 emoticon-Embarrassment
http://www.antaranews.com/berita/468...m-terkait-buku
Diubah oleh comANDRE
Quote:


Quote:


Anies Baswedan: Anak-anak Kita Bukan Alat Uji Coba
setuju pak.
setuju pak
Kasihan tuh adik kelas ane dan adik kandung ane jadi bahan percobaan... ya kali agama digabung sama BK? Ya kali juga penjas seni dan keterampilan yg buat kelas 12 (ktsp) dianggap buat refreshing jadi diulanganin? emoticon-Cape d...

Ditulis di saat adek ane mau UAS dgn bahan teraneh sedunia...
Ini bukan sekedar persoalan "coba coba" Pak Anies, tapi ajang bancakan! Saya mendukung Pak Anies meminta KPK menyelidiki dugaan korupsi dibalik semua ini. Entah kenapa saya yakin ada pat gulipat dibalik perubahan kurikulum ini.
anak kecil kok disamain kelinci emoticon-Big Grin
kita semua berharapa banyak kpd bpk menteri untuk segera mencari solusi terbaik. demi indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


Inget UN dihapuskan......itu juga faktor penting..emoticon-Cool

mencabut di tengah jalan
eh
memperpanjang transisi
bukan termasuk coba-coba tho ?
Kalo gitu ga boleh ganti kurikulum seumur hidupkah?? emoticon-Hammer2
ditunggu pembelaan dari M nuh mengenai statement si anies emoticon-Big Grin
Yg coba2 jg dr partai agama sapi ya gt.
Dipikir kek agama kali yeh semuanya mesti diseragamin. Taik emang
Diubah oleh moderator.nol
kya iklan aj nh


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di