alexa-tracking

PD dan PAN Merapat, KIH di Atas Angin / Kemenangan Perdana KIH, Awal Perpecahan KMP

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548695e31a997519508b4570/pd-dan-pan-merapat-kih-di-atas-angin---kemenangan-perdana-kih-awal-perpecahan-kmp
PD dan PAN Merapat, KIH di Atas Angin / Kemenangan Perdana KIH, Awal Perpecahan KMP
Kemenangan Perdana KIH, Awal Perpecahan KMP

Koalisi Indonesia Hebat (KIH) mendapat dukungan dari PD dan PAN untuk mempertahankan pilkada langsung. Merapatnya PD dan PAN ke KIH akan memberi kemenangan perdana bagi KIH di DPR, sekaligus awal perpecahan KMP.

Ketua Umum Partai Demokrat (PD) menemui Presiden Jokowi dan Wapres JK pada Senin (8/12) membahas Perppu pilkada langsung. SBY tersenyum lebar setelah mendapat jawaban dari Jokowi dan JK yang mendukung penuh Perppu yang dikeluarkannya di akhir masa jabatan tersebut.

Tak hanya PD yang sekata dengan KIH soal Perppu pilkada langsung, Ketua Umum PAN Hatta Rajasa yang tengah beribadah di Tanah Suci berulangkali mengungkap sikap tegas PAN mendukung Perppu tersebut. Hatta bahkan mewanti-wanti partai anggota KMP untuk menghormati komitmen yang telah dibuat dengan SBY. Namun upaya Hatta agaknya sia-sia.

Dukungan PD dan PAN ini mebambah kekuatan parpol pro Perppu pilkada langsung di DPR. Setelah pertemuan dengan SBY kemarin, Wapres Jusuf Kalla langsung menghitung kekuatan politik parpol pro Perppu pilkada langsung di DPR. Hitungan JK, KIH plus PD dan PAN sudah menembus 70 persen. Ini bakal jadi kemenangan perdama KIH di DPR.

"Kalau masuk Demokrat, PAN, kira-kira sudah 70 persen. Sudah disampaikan terbuka kan, dan itu kalau ditambah (KIH) sudah hampir 70 persen," kata JK setelah bertemu dengan Ketum PD SBY di Istana Merdeka Jakarta, Senin (8/12/2014).

Merapatnya PD dan PAN ke KIH terkait Perppu pilkada langsung ini mengubah peta politik di KMP. KMP pun di ambang kekalahan perdana di DPR. Tak hanya itu, koalisi Merah Putih pengusung Prabowo-Hatta tersebut justru terpecah belah untuk pertama kalinya.

Perpecahan KMP berawal dari keputusan Munas IX Golkar Bali yang menolak pilkada langsung. Kemudian sejumlah parpol anggota KMP seperti PKS dan Gerindra mendukung rekomendasi Munas Golkar pimpinan Aburizal Bakrie itu.

Dukungan sejumlah anggota KMP ke Golkar versi Munas Bali yang menolak Perppu pilkada langsung itu menyakiti PD. Ketua Umum PD SBY langsung menginstruksikan PD merapat ke KIH soal Perppu tersebut. PAN seiring dengan PD menyatakan dukungan ke Perppu pilkada langsung. Jika PD dan PAN konsisten bersama KIH di parlemen, bukan tak mungkin KMP akan menghadapi kekalahan-kekalahan berikutnya pasca terpecah belah.

http://news.detik.com/read/2014/12/0...perpecahan-kmp

===

PD dan PAN Merapat, KIH di Atas Angin

Jakarta - Partai Demokrat (PD) dan Partai Amanat Nasional (PAN) mulai sepakat dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH), paling tidak untuk pembahasan Perppu Pilkada langsung. Posisi koalisi pengusung Jokowi-JK saat ini di atas angin.

"Sekarang posisi KIH di atas angin, PDIP harus bisa lugas menangkap kegundahan Partai Demokrat," kata pengamat politik Universitas Paramadina, Hendri Satrio, kepada wartawan, Selasa (12/9/2019).

Khusus untuk menghadapi PD, PDIP harus lebih luwes jika ingin kerjasama dengan PD berlanjut ke depan. Kalau PDIP sampai terlalu kaku bisa-bisa PD kembali menjauh.

"Bila mereka terlalu kaku, bisa jadi Partai Demokrat kembali ke KMP untuk case ke depan," katanya.

Sinyal Partai Demokrat merapat ke KIH memang semakin jelas. Ketua Umum PD SBY yang kecewa karena sejumlah parpol anggota KMP menolak Perppu pilkada langsung langsung mengarahkan PD berkomunikasi dengan KIH.

Senin (8/12) kemarin bahkan SBY langsung ke Istana Negara untuk bertemu dengan Jokowi dan JK secara bergantian. SBY tak menutupi salah satu pembicaraan menyangkut penyikapan Perppu pilkda langsung yang akan dibahas DPR pada Januari 2015 nanti.

Usai pertemuan SBY tersenyum lebar sembari menegaskan sikapnya dan Presiden Jokowi sama persis.
"100 persen sama," kata SBY saat ditanya wartawan soal sikapnya dan Jokowi terhadap Perppu Pilkada langsung. Hal itu disampaikan SBY saat menjawab pertanyaan wartawan usai bertemu dengan Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (8/12/2014).

KIH saat ini seolah bakal menghadapi kemenangan perdana di DPR. Seiring langkah PD merpat, Ketum PAN Hatta Rajasa juga menegaskan sikap PAN menerima Perppu pilkada langsung. Wapres JK sudah menghitung kekuatan KIH plus PD dan PAN sudah dapat menggilas penolakan KMP.

"Kalau masuk Demokrat, PAN, kira-kira sudah 70 persen. Sudah disampaikan terbuka kan, dan itu kalau ditambah (KIH) sudah hampir 70 persen," kata JK setelah bertemu dengan Ketum PD SBY di Istana Merdeka Jakarta, Senin (8/12/2014).

http://news.detik.com/read/2014/12/0...-di-atas-angin

Ya.. ini (sebenarnya) kemenangan seluruh rakyat (Indonesia),... Semua warga negara Indonesia berhak merayakan kemenangan (ini) kecuali kader/simpatisan Partai KS. Clear ya?

Selamat santap siang..., salam hangat dari Yogyakarta.
Setuju dgn bapak presiden. Keberhasilan Perppu Pilkada adalah kemenangan rakyat emoticon-Selamat .

Tapi bapak harus tetap waspada ya.., Perppu ini kan berawal dari RUU Pilkada yang diusulkan sendiri oleh pemerintahan Pak SB#Y. Lalu mereka sendiri juga yang WO sehingga RUU gol ditetapkan. Pada akhirnya dia sendiri yang bingung lalu bikin Perppu ini.

Poinnya pak: jangan mudah percaya dengan orang itu ya pak. Dia itu licinnya bukan main.., dan itu sudah terbukti dan teruji emoticon-shakehand
Sudah diduga sebelumnya, dimana ada Demokrat disitu ada PAN.
KIH jangan sampai terlena, bisa saja ini trick basi ala Pak nCuSs...ilo. Waspadalah!
NasiB KMP naas banget, gara-gara blunder satu orang, PD jadi cabut hehe.
Quote:


Betul, dia memang suka mencla mencle dan omongannya tidak bisa jadi garansi.
trimakasih pak sby emoticon-Big Grin
rate di atas angin dibandingkan komentar



Partai Katanya Suci jadi ujung tombak kmp
Yuni Says : "mendingan cari partai lain aja deh buat di ajak koalisi, buat apa ngajak pengkhianat, ntar di tusuk dari belakang lagi"
karma mendekat kmp emoticon-Takut
Pks selalu setia
hidup pks
hidup jonru
Manteblah itu. Tapi jangan percaya 100% sama beye
asal gak ngapusi lagi ajah emoticon-Embarrassment
Ts jokowi kaweemoticon-Big Grin