alexa-tracking

Penghapusan Raskin Dikhawatirkan Tingkatkan Inflasi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54866dffc2cb178c608b456a/penghapusan-raskin-dikhawatirkan-tingkatkan-inflasi
Penghapusan Raskin Dikhawatirkan Tingkatkan Inflasi
Jakarta - Penghapusan program beras untuk rakyat miskin (Raskin) yang direncanakan pemerintah dikhawatirkan berimbas pada kelangkaan beras di pasar dan menimbulkan inflasi yang cukup tinggi.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, jika Raskin hilang, bisa diperkirakan penyediaan beras di masyarakat berkurang sepuluh persen.

"Karena beras termasuk komoditas yang mendekati in-elastis, maka hilangnya Raskin sangat berpengaruh pada harga beras umum," ujarnya.

Sasmito mengungkapkan, konsumsi Raskin sejak tahun 2003 lalu mencapai sepuluh persen dari total konsumsi beras nasional.

Dengan komposisi tersebut, tambahnya, maka bisa dipastikan penghapusan Raskin akan mendongkrak inflasi, sehingga menyebabkan kejutan bagi perekonomian masyarakat.

Sementara itu, pakar Ekonomi UI, Prof. Sulastri Surono menilai, rencana penghapusan Raskin hanya akan menguntungkan kalangan perbankan dan belum tentu bisa mengentaskan sekitar 90 juta jiwa penduduk miskin yang selama ini terbantu kebutuhan pangannya oleh raskin.

Anggaran subsidi pangan sebesar Rp20 triliun, tambahnya, bisa dikelola perbankan, ada perputaran uang di sana, dan jelas perbankan sangat diuntungkan.

"Tapi bisa gak e-money ini mengentaskan rakyat miskin? Saya ragu. Tetapi dengan program Raskin selama ini, sudah jelas bisa menjamin kebutuhan pangan masyarakat terjamin," katanya.

Ia juga mengungkapkan berbagai kendala penerapan e-money yang tidak hanya merepotkan pemerintah pusat maupun daerah, tetapi juga bisa meresahkan masyarakat.

"Kalau pun e-money ini hanya dikhususkan untuk membeli beras, tempat membelinya di mana? Apa di desa-desa terpencil bisa nyampe? Di India toko pemerintah sampai ke desa pelosok juga ada. Di Indonesia, dengan daerah kepulauan bakal banyak kendala," katanya.

Menurut dia, pemerintah sepertinya ingin meniru program food stamp (kupon makanan) yang diberikan secara cuma-cuma di Amerika, yang mana warga diberi kartu dan bisa membeli susu, kacang, telur dan bahan makanan lain dengan disubsidi pemerintah.

Tetapi, tambahnya, di Amerika, infrastrukturnya telah siap tersedia.

Dikatakannya, kalau food stamp memberi subsidi pangan bagi warganya. Kalau Raskin kan memberi subsidi buat warga miskin, sekaligus menjaga stabilitas harga pangan dan membantu penjualan beras petani juga yang dilakukan oleh Bulog.

"Kalau Raskin diganti e-money, selain kendala infrastruktur, juga akan menghilangkan fungsi Bulog dan stabilitas harga pangan," katanya.

Oleh karena itu, ia meminta pemerintah mengkaji ulang rencana penggantian raskin dengan e-money, karena menurut Guru Besar Raskin cukup efektif dalam menjaga kebutuhan pangan masyarakat.

"Hanya perlu dibenahi kualitas Raskin dan pola distribusinya saja," ujarnya.

Sementara itu Dekan Fakultas Ekologi Manusia Institut Pertanian Bogor, Arif Satria mengungkapkan, program Raskin yang berjalan sejak 2003 merupakan jaringan pengaman sosial (JPS) yang multi fungsi.

Menurut dia, Raskin tidak hanya efektif dalam mengendalikan inflasi, tetapi juga memberi jaminan pemenuhan kebutuhan pangan bagi rakyat miskin, sekaligus menjamin ketersediaan pasar bagi petani lokal.

Jika Raskin dihapus, lanjutnya, maka bukan hanya ancaman inflasi yang akan melanda Indonesia, tetapi juga kehancuran bagi para petani lokal, terlebih saat menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015.

"Kalau dengan e-money, berarti masyarakat miskin bebas membeli beras apa pun di pasar," katanya.

Selama ini, tambahnya, ada stabilisator harga beras yang dilakukan Bulog sehingga kalau raskin dihapus, maka petani harus mampu bersaing dengan produk luar akibat MEA.

"Sementara besar kemungkinan harga beras dimainkan di pasaran. Misalnya saat beras langka, harga bisa meningkat drastis. Ini bisa memicu inflasi," katanya.

Ia menyarankan agar Raskin tetap dipertahankan sebagai mekanisme perlindungan petani dan masyarakat miskin dalam menghadapi MEA 2015.

Penulis: /FQ

sumber

sekarang serba e, ya e-money, e-blusukan, e-budgeting, e-purchasing, e-catalogue, e apa maning tuh
image-url-apps
yg pasti2 aja deh, kesannya jd eksperimen, raskin pertahanin aja dulu, emoney blum teruji, mungkin skala kecil dlu aja
.
Quote:


sebaiknya yah dilakukan yg tebaik sajalah buat rakyat
KASKUS Ads
Quote:



emoticon-Ngakak liat yang bold, apa tu pengamat ga tau beras beras raskin tu kebanyakan impor dari vietnam juga ? emoticon-Ngakak
apakah bulog juga udah bener emoticon-Bingung (S)
e-mony juga jangan asal comot, seperti e- yg sudah-sudah gkj elas itu.. emoticon-Mad
jadi mumet emoticon-Hammer2
kasian masyarakat miskin, klo gini bakal cuman makan nasi aking doang
emoticon-Berduka (S)
Quote:


kan ada pilihan lain seperti tiwul, getuk lindri dll
beras raskin ini sesungguhnya membebani negara, sudah sepatutnya dihapus. disinyalir di salah gunakan oleh kaum menengah ke atas dengan membeli beras raskin itu.

rakyat gak boleh malas lah, masa beras aja kudu disubsidi pemerintah?

emoticon-fuck2 buat rakyat pemalas yng ngeluh beras langka dipasaran.

makanya nanem sendiri padi nya emoticon-fuck3


emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
Quote:


betul2 sekali rakyat ga boleh malas lah,, trmasuk kaum manula,, ga ada istilah leha2 harus tetep kerja biar bisa makan
image-url-apps
di tempat ane harga beras naiknya gila2 an, ada hubungan nya dngan berita ini kah?
jokowi kayak abg alay ingin tampil beda

semua dirubah gk mikir bakal kacau nih negara emoticon-Sorry
Quote:


yah berarti harus cari alternatif makanan lain gan
image-url-apps
mau sampai kapan disuapin macam bayi? emoticon-Cape d...
inflasi?? sudah pasti bakal inflasi??
emang sih kenaikan harga beras bakal bikin konsumsi masyarakat naik.. tapi kan pengeluaran pemerintah turun.. belum tentu kenaikan C lebih besar daripada penurunan G kan.. jadi belum tentu bakal terjadi kenaikan pengeluaran aktual.. makanya belum tentu bakal inflasi..


cmiiw emoticon-Shakehand2
×