alexa-tracking

(woow) Indonesia punya cadangan Panas Bumi Terbesar di Dunia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5486267ed675d4452a8b456b/woow-indonesia-punya-cadangan-panas-bumi-terbesar-di-dunia
(woow) Indonesia punya cadangan Panas Bumi Terbesar di Dunia
KE - Cadangan panas bumi (geothermal) Indonesia terbesar di dunia karena memiliki banyak gunung api. Potensi panas bumi yang terkandung di Indonesia mencapai 28.617 Megawatt atau 40% dari total cadangan panas bumi dunia. Namun Indonesia belum memanfaatkan secara maksimal sebagai tenaga listrik yang murah.

Dari total jumlah tersebut, baru sekitar 1.341 Megawatt atau sekitar 4,7% panas bumi yang dimanfaatkan. Dengan kata lain potensi tersebut belum tergarap secara maksimal.

"Potensi panas bumi kita sangat besar, tetapi pemanfaatnya baru sekitar 4% saja," ungkap Presiden Direktur PT Pertamina EP, Adriansyah, dalam acara CEO Talks “Strategi Pengelolaan dan Bisnis Energi” di Kantor Pusat Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (28/11/2014).

Menurut Adriansyah, potensi panas bumi di Indonesia belum tergarap secara maksimal. Padahal sumber energi tersebut bisa dikelola secara optimal dapat menjadi sumber energi alternatif pengganti bahan bakar fosil sehingga tidak akan kekurangan energi.

"Kita perlu mendorong pemanfaatan energi panas bumi. Hal itu bisa mengurangi ketergantungan kita akan minyak bumi," katanya.

Ia mengatakan penggunaan sumber energi terbarukan termasuk panas bumi perlu ditingkatkan dari 5% menjadi 17%. Namun bila tidak bisa dilakukan, ketergantungan terhadap impor minyak menjadi sangat tinggi.

"Kalau terus tergantung pada impor minyak itu akan mengganggu stabilitas ekonomi dan ketahanan nasional menjadi rendah," katanya.

Adriansyah menambahk langkah pemerintah mengubah paradigma pengelolaan energi dari manajemen berdasar suplai menjadi manajemen berdasar pemanfaatan adalah tepat untuk mengantisipasi kelangkaan energi di masa mendatang. Kedepan, pemerintah akan mengefisienkan kebutuhan energi dengan memaksimalkan penyediaan dan pemanfaatan energi terbarukan

sumur http://www.kabarenergi.com/berita-in...di-dunia-.html
emoticon-Matabelo
mungkin untuk mengeksplorasi panas bumi perlu dana besar gan
kekayaan alam indonesia luar biasa seandainya di kelola dengan baik bisa menjadikan indonesia sebgai negara terkaya boss
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
KASKUS Ads
mungkin panas bumi ini bisa jadi harapan di masa depan
image-url-apps
Ya udah cepet dah manfaatin kalo gt. Ngapain lama2 lagi????
image-url-apps
Panas bumi tdk akan bisa dimanfaatkan tanpa debit air yg melimpah. P. Jawa sbg sarangnya geothermal saja sungai"nya mengecil, hutannya dibabat habis.
emoticon-Big Grin
Ini benar, tapi tau kenapa ga bisa berkembang? alasannya pembeli siaga hanya PLN, supplier banyak (PGE, Chevron Geothermal, dll) sehingga PLN punya bargaining position menekan harga akhirnya investor pun malas main di Geothermal setelah itu arus kas perusahaan geothermal itu kurang sehat, PLN hobby nyicil makanya posisi piutang perusahaan geothermal itu gendut-gendut. solusinya apa? pemerintah harus mengakomodir disparitas harga agar win - win solution.
panas bumi terbesar di dunia, emas terbesar di dunia, gas terbesar di dunia, uranium terbesar di dunia, kekayaan laut terbesar di dunia buat apa? toh yang menikmati cuma asing, para pemimpin dan pejabat negara plus segelintir golongan kaya, kalo rakyat biasa mah cuma menikmati ampasnya doang, BBM, gas dan listrik malah naek emoticon-Malu (S)

Quote:


sepertinya sedikit demi sedikit mulai di ambil indonesia walaupun sudah jadi besi tua boss, blok mahakam kali=tim gas terbesar di indonesia di kelola 50 tahun oleh Total E&P prance bakalan hbs kontrak 2017 di ambil pertamina Gas pertamina onwj milik perusahan asing di ambil ama pemerintah pengeboran gas di laut lepas offshore madura yang penjualan gas sekarang jadi kasus korupsi ketua DPRD madura tinggal chevron, conoc philips, exxon, vico.ama Freport bila kontrak nya hbs kemungkinan di ambil alih sama jkwi juga
emoticon-Ngakak
image-url-apps
Ya sudah di bikin saja pembangkit listriknya
Malah pusing2 mikirin pembangkit nuklir
Pake banding2in sama negara lain pula
Ini mumpung panasnya masih terbesar di dunia
Keburu anget baru tau rasa

Ribet punya negara
image-url-apps
Serahkan aja ama panasbung.

Kalau potensi tenaga panas bumi indonesia digabung dengan tenaga bacot panasbung akan tercipta energi terbarukan yang melimpah.

Energi ini tercipta karena dipicu fusi atom2 butiran nasi bungkus.

mantap lah cuy
image-url-apps
walaupun terbesar didunia sebenernya gak besar besar amat gan

28ribu MW untuk listrik jawa aja gak cukup......padahal itu 28ribu MW tersebar diseluruh indonesia

kebanyakan ada di jabar dan sulut
Geothermal itu merupakan sumber energi yang susah di eksekusi soalnya butuh sumber air yang banyak , berarti mesti dekat sungai, bor nya harus sangat dalam, dan outputnya juga relatif kecil. Mending tunggu teknologi solar bener2 matang ( cost turun dan output naik ) dan pasang di sepanjang khatulistiwa biar gak byar pet lagi emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Kecuali bisa digali pake linggis dan pacul......

Mereka yg teriak2 itu tetap saja pake mobil ber bbm bensin/solar... soalnya mobil listrik mahal.....

emoticon-Shakehand2
Quote:

mungkin ente mo jadi investornya ? emoticon-Malu (S)
kok 28 ribu Mega Watt? 28 Ribu Giga Watt
image-url-apps
Iya bagus nih kalo bisa dimanfaatkan
image-url-apps
di beritain doank , eksekusi kapan

investor dan tenaga ahli di Indonesia kasih ide2 kreatifnya biar proyek geothermal cepat terlaksana

ini harapan rakyat Indonesia bisa nikmatin energi murah selain bbm yg katanya udah menipis
image-url-apps
Quote:

Sda ny goblok2 cm jago kritik..tong koaong nyaring bunyiny
kayaknya banyakan cadangan kepala panas deh emoticon-Big Grin
×