alexa-tracking

Pemerintah menargetkan akan menenggelamkan 100 kapal asing pencuri ikan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5485d316529a456a5e8b4569/pemerintah-menargetkan-akan-menenggelamkan-100-kapal-asing-pencuri-ikan
Pemerintah menargetkan akan menenggelamkan 100 kapal asing pencuri ikan
Jakarta - Keseriusan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjaga laut Indonesia dari pencurian ikan oleh-oleh kapal asing akan terus digencarkan.

Pemerintah menargetkan akan menenggelamkan 100 kapal asing pencuri ikan di laut Indonesia, setelah sebelumnya 3 kapal Vietnam ditenggelamkan di laut Anambas, Kepulauan Riau.

"Sektor maritim akan ada lagi penangkapan dan penenggelaman 100 kapal lagi untuk menyampaikan pesan, kita serius," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil di depan para pengusaha dalam acara Rapimnas Kadin yang diadakan di Hotel Pullman, Jalan S. Parman, Jakarta, Senin (8/12/2014).

Sofyan mendapatkan laporan, saat ini masih banyak kapal asing yang beroperasi dan menangkap ikan secara ilegal di laut Indonesia. "Ada kapal asing di selatan Merauke, untuk menangkap itu perlu waktu," kata Sofyan.

Menurutnya kapal-kapal asing berukuran besar di atas 30 GT saat ini yang masih mengantongi Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI), bila izin mereka sudah selesai maka tak akan lagi diberikan perpanjangan karena ada moratorium penerbitan izin baru

"Begitu izin ini habis kita tak akan perpanjang. Biarkan di laut kita tak ada kapal asing. Biarkan industri kita tumbuh," katanya.

Sofyan mengatakan, pemerintah saat ini sedang menyiapkan beberapa program sektor kalautan dan perikanan seperti mengembangkan industri perikanan seperti pakan ikan, yang bisa diekspor. Selain itu akan ada bantuan untuk nelayan, sehingga nelayan lokal bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

"Bu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan) bilang ada Rp 79 triliun kita impor untuk pakan ayam pakan apa. Di samping soybean meal, itu fish meal," katanya.

Ia mengajak para pengusaha di Kadin bisa masuk ke bisnis industri perikanan yang sangat cerah di masa mendatang. "Bapak-bapak perlu berpikir bagaimana bisa investasi di sektor ikan ini," katanya.

Source : http://m.detik.com/finance/read/2014...608/2771407/4/


Akibat 3 Kapal di tenggelamkan - 2 negara memberikan Warning Ke nelayan mereka.

Jakarta - Sikap tegas pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap kapal-kapal asing pencuri ikan, dengan langkah nyata penenggelaman kapal direspons negara-negara tetangga.

Setidaknya ada 2 negara di ASEAN yang mulai memberikan peringatan kepada para nelayannya agar tidak menangkap ikan hingga ke wilayah laut Indonesia.

"Dunia setuju illegal fishing tidak boleh dilakukan. Dubes Thailand 2 hari lalu bertemu, dan mengatakan do not fishing in water Indonesia," kata Susi di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Senin (8/12/2014).

Selain Thailand, Malaysia juga sudah memberikan peringatan kepada para nelayannya. Bahkan pemerintah Malaysia memberikan semacam alat peringatan di setiap kapal nelayan agar tak masuk wilayah perairan Indonesia.

"Malaysia juga akan memberikan alat, jika masuk ke laut teritorial kita, bunyi alatnya," imbuhnya.

Susi menegaskan aturan ini akan berlaku hingga jangka waktu panjang. Susi pun menolak keras pandangan beberapa pihak yang menuding kebijakan Susi hanya sementara.

"Jangan bilang anget-anget tahi ayam. Saya yakin dengan support bapak-bapak semua dan pak presiden tentu ini tidak berhenti dan terus agar laut kita bisa berdaulat," tegasnya.

Bahkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil mengungkapkan, sebagai bentuk keseriusan pemerintah, masih akan ada 100 kapal asing ilegal yang akan ditenggelamkan.

source : http://m.detik.com/finance/read/2014...-ke-nelayannya


======== note ========

Tinggal tunggu panasbung bakal bilang ini pencitraan, pokoknya Jokowi salah, Susi lulusan SMP ... atau apalah ... #sakkarepmu


yang penting gw bersyukur pemerintahan Jokowi mau ngurusi rakyatnya ... termasuk orang2 yang selalu nyari cacadnya pemerintahan ... dan mencari apa yang bisa disalahkan ...

Gusti Pangeran sing mbales pak, sampeyan kaliyan team sampeyan.

Matursuwun

====================
image-url-apps
Ibarat pembalap bu susi tuh "gas pol rem blong"
emoticon-Ngakak
image-url-apps
Kedikitan 100 mah emoticon-Big Grin
KASKUS Ads
image-url-apps
100? agak lebay sih..
kek udah tau bakalan ada penangkapan smpe 100 biji aj..
siapa tau gr2 kemrin udah ad yg ditngglmin pada takut maling..
knpa harus ada target pncapaian.. padahal blum pasti..
hadehhh..
image-url-apps
Nggak usah ditarget ada maling langsung sikat
Ini baru emoticon-Recommended Seller
ane tunggu nih kabar baiknya yang 99 KAPAL YAH GAN, BUKAN PERAHU emoticon-2 Jempol
image-url-apps
Yg penting rakyat kek gue bs makan kepiting stengah harga dr skrg bu
kalo ada kapal jumbo yg ditenggelemin asik nih...
panasbung bakalan berhenti coli seumur hidup...

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
coba dikonfirmasi ke angkatan laut dan ke Polairud apakah kapal2 besar sudah berhasil ditangkap jgn2 itu kapal nelayan kita ABK nya orang asing emoticon-Hammer2
image-url-apps
Kalau bisa tenggelemin di sekitar pulau seribu pak...biar jadi rumpon ikan, jadi ane ga jauh2 lg mancing ikan di laut emoticon-Peace
image-url-apps
udah kayak volantas aja, pake target2an nilang.. emoticon-Mad:
mestinya target kapan perairan bersih dari ilegal fishing..
bukannya banyak2an nyungsepin pelanggar.. emoticon-Nohope
jadi kaya ngejar level di game emoticon-Ngakak
×