alexa-tracking

Diinterpelasi Soal Rendahnya Penyerapan APBD, Ahok : "Salahnya" Jokowi Dong

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5485cf8d31e2e6bb438b4578/diinterpelasi-soal-rendahnya-penyerapan-apbd-ahok--quotsalahnyaquot-jokowi-dong
: 
Diinterpelasi Soal Rendahnya Penyerapan APBD, Ahok : "Salahnya" Jokowi Dong
Jakarta - DPRD DKI berencana mengajukan hak interpelasi atas rendahnya penyerapan APBD DKI Jakarta tahun 2014. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mempersilakan jika DPRD benar-benar akan menginterpelasinya.

“Enggak apa-apa, tanya saja,” kata Ahok saat ditanya wartawan soal kemungkinan dia dipanggil dewan, di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (8/12/2014).

Sambil bercanda, Ahok berujar bahwa pertanggungjawaban untuk tahun anggaran 2014 masih dipegang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia berdalih masa jabatan yang dia emban baru dua bulan, sementara 10 bulan sebelumnya masih dalam masa kepemimpinan Jokowi saat menjadi gubernur DKI.

“Aku terima juga baru dua bulan. Tanya presiden saja soal 10 bulan. Aku jadi gubernur juga kan cuma sisa dua bulan,” kata Ahok tertawa.

Sebelumnya, menurut Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Heru Budi Hartono realisasi serapan anggaran DKI turun dari tahun lalu. Hingga November 2014, penyerapan anggaran mencapai 36,07% dari total jumlah APBD Penetapan DKI 2014 sebesar Rp 76,9 triliun, turun 19% dibandingkan periode yang sama pada 2013.

Ahok berujar dia tak mempersoalkan rendahnya penyerapan anggaran itu meskipun sangat jauh dari target, minimal 84,5%. “Enggak apa-apa,” kata Ahok singkat.

Terpisah, beberapa waktu lalu Wakil Ketua DPRD DKI Abraham Lunggana menyatakan akan menginterpelasi Ahok. Menurutnya, kubu Koalisi Merah Putih DKI sudah sepakat memanggil Ahok dan meminta keterangan soal rendahnya penyerapan anggaran.


http://news.detik.com/read/2014/12/0...apa-tanya-saja


alamaaaak, jadi siapa yang salah dan harus tanggung jawab rekor terkecil penyerapan apbd propinsi di jakartanesia ini? jokowi atau ahok emoticon-Big Grin

awas kau hok, berani kritis sama jokowi nanti kenak bully lagi emoticon-Big Grin

atau mungkin ini salah foke, sutiyoso, ali sadikin, atau malah salah voc belanda
emoticon-Big Grin
pertamax beda dikit sama premium gan emoticon-I Love Kaskus (S)

ya nyimak saja dulu deh
image-url-apps
Republik lempar tanggung jawab
KASKUS Ads
image-url-apps
Nah sesama ahli dalam menyalahkan orang lain sekarang saling tuding.

emoticon-Ngakak
image-url-apps
Sundul dulu
sudah mulai main lempar lemparan emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


Sesama bis kota dilarang saling mendahului

emoticon-Ngakak

Daripada dikorup, Ahok cuek saja penyerapan anggaran DKI rendah

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku tak ambil pusing dengan rendahnya penyerapan anggaran DKI Jakarta. Sampai November 2014, baru 36,07 persen dari total jumlah APBD 2014 sebesar Rp 76,9 triliun yang diserap.

Padahal DKI telah menargetkan penyerapan seharusnya lebih tinggi yang didapat tahun lalu yang mencapai 84,5 persen.

"Enggak apa-apa penyerapannya rendah," kata Ahok di Balaikota DKI, Jakarta, Senin (8/12).

Ahok mengaku telah mengetahui permasalahan yang menghambat penyerapan anggaran tersebut. Menurutnya ada 10 dinas di DKI yang memang tidak memiliki kinerja yang baik.

Dia menyebutkan, salah satu permasalahan penyerapan anggaran rendah di 10 dinas itu lantaran program yang tidak jelas. Sehingga beberapa program terpaksa dihentikan.

"Kita sudah tahu 10 dinas itu. Banyak anggaran tidak bisa dicairkan karena programnya tidak jelas. Makanya kita mau coret. Beberapa yang enggak mau, akan kita stop," kata Ahok.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan, dinas yang paling tak maksimal menggunakan anggaran adalah Dinas Perhubungan.

"Dishub itu tahun ini hanya menyerap anggaran sekitar 3,7 persen," kata Heru di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (5/11).

Salah satu penyebab kecilnya penyerapan anggaran di Dishub karena kasus penyalahgunaan anggaran pengadaan Transjakarta dan bus sedang pada tahun anggaran 2013. Ditambah lagi, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, memutuskan untuk tidak melanjutkan program tersebut. Padahal rencana pembelian tersebut memiliki nilai Rp 3,2 triliun.

Anggaran di Dishub sendiri mencapai Rp 4,12 triliun. Artinya, jika hanya 3 persen anggaran yang terpakai, maka Dishub DKI baru menggunakan anggaran sekitar Rp 120 miliar.

"Mereka (Dishub DKI) lebih berhati-hati atau sebanyak mungkin tidak mengadakan lelang. Kemarin saat kasus penyalahgunaan anggaran transjakarta dan bus sedang tahun 2013, banyak pejabat juga yang dipanggil Kejagung untuk menjadi saksi, makanya mereka mungkin takut menyerap anggaran," jelas Heru.

Selain Dishub, SKPD lain yang serapannya buruk adalah Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta. Hingga kini, dinas yang dikomandoi oleh Nandar Sunandar itu baru mampu menyerap anggaran sebesar 7,7 persen.

Rendahnya serapan anggaran di Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta terkendalanya pembelian lahan. Kemudian disusul, Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta sebesar 9 persen dari total alokasi anggaran sebesar Rp 6,29 triliun. Dari total dana tersebut, Rp 6,156 triliun digunakan untuk belanja langsung.
wah disini lagi nggoreng isu yg sama lagi
Diinterpelasi Soal Rendahnya Penyerapan APBD, Ahok : "Salahnya" Jokowi Dong Diinterpelasi Soal Rendahnya Penyerapan APBD, Ahok : "Salahnya" Jokowi Dong
image-url-apps
becanda yg serius
.
atw serius yg becanda nih
image-url-apps
Quote:


Isu? Itu kan pernyataan Si Ahok sendiri. Kok isu?
Quote:


Diinterpelasi Soal Rendahnya Penyerapan APBD, Ahok : "Salahnya" Jokowi Dong Diinterpelasi Soal Rendahnya Penyerapan APBD, Ahok : "Salahnya" Jokowi Dong
klo yg dilawan pks sambil ketawa tuh ahok
pks mah isu... klo ga ya asu
Diinterpelasi Soal Rendahnya Penyerapan APBD, Ahok : "Salahnya" Jokowi Dong Diinterpelasi Soal Rendahnya Penyerapan APBD, Ahok : "Salahnya" Jokowi Dong
Daya serap anggaran di DKI saat ini sangat rendah karena gaya bos barunya (baik yang sekarang jadi presiden, maupun yang baru aja dilantik jadi Gubernur) gak sembarang mau keluarin duit.

DKI dan juga provinsi lain perlu berbenah ke dalam sebelum hambur2 duit.

Total rencana belanja DKI sekitar 72 trilyun, yang kepake sekitar 40%-nya doang. Artinya lebih dari setengah program pemda DKI kaga jalan.

Kalau sebelumnya serapan anggaran bisa lebih tinggi, emang pemerintah DKI udah bikin apaan? Ternyata pake anggaran cuma setengah dari yang dulu hasilnya udah cukup tuh. Nah itu dia yang kudu dicurigain.

Jangan-jangan proyek yang bener2 bisa dijalanin cuma setengah dari anggaran, selebihnya proyek abal-abal.
image-url-apps
ini semua salah pak harto gan.
emoticon-Hammer2
seperti biasa mas wiwi dijadiin bemper ahokemoticon-Ngakak
image-url-apps
mulai saling tudingemoticon-Big Grin
image-url-apps
Akhirnya ada jg pejabat pemerintah yg brani nyalahin si wiwi emoticon-2 Jempol
saling lempar tanggung jawab emoticon-Cape d... (S)


Diinterpelasi Soal Rendahnya Penyerapan APBD, Ahok : "Salahnya" Jokowi Dong
image-url-apps
Bongung maw belain yang mana emoticon-Big Grin
×