alexa-tracking

PSSI Keberatan Membuka Informasi Terkait Kontrak MNC dan SCTV Utk Hak Siar Timnas U19

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5485bd6bbccb17177c8b457d/pssi-keberatan-membuka-informasi-terkait-kontrak-mnc-dan-sctv-utk-hak-siar-timnas-u19
; 
PSSI Keberatan Membuka Informasi Terkait Kontrak MNC dan SCTV Utk Hak Siar Timnas U19
PSSI menyatakan keberatan atas putusan yang dikeluarkan Komite Informasi Pusat (KIP). Dalam sidang sengketa informasi antara FDSI sebagai pemohon dan PSSI sebagai termohon, Senin (8/12), KIP memutuskan PSSI merupakan badan publik non-pemerintah.

KIP juga mengabulkan seluruh permohonan pemohon untuk membuka informasi terkait kontrak dan nilai kontrak antara PSSI dengan Stasiun Televisi (MNC dan SCTV) untuk hak siar timnas U-19 selama gelaran Piala AFF U-19 tahun 2013, Pra Piala Asia U-19 tahun 2013 dan Tur Nusantara U-19 tahun 2014.

Selain itu PSSI juga diminta membuka rincian penerimaan dan penggunaan hak siar timnas senior, timnas U-23 dan timnas U-19 selama tahun 2012-2014, serta pengelolaan dana hak siar dan sponsorship, yang terdiri dari tiket tiket yang telah dicetak PSSI sepanjang penyelanggaraan piala AFF U-19 tahun 2013, Pra Piala Asia U-19 tahun 2013 dan Tur Nusantara U-19 tahun 2014, termasuk rincian kategori tiket.

Rincian distribusi keseluruhan kategori tiket yang telah dicetak, pemasukan yang diperoleh PSSI dari penjualan tiket, pemasukan dari sponshorship apparel Timnas Senior, U-23 dan U-19 selama 2012-2014, kebijakan yang melatarbelakangi perubahan harga tiket selama pertandingan Piala AFF U-19 tahun 2013, Pra Piala Asia U-19 tahun dan Tur Nusantara U-19 tahun 2014.

Berikut pernyataan sekaligus keberatan PSSI yang ditandatangani Direktur Hukum PSSI:

-PSSI pada dasarnya menghargai putusan yang telah dikeluarkan KIP. Namun demikian, PSSI menilai pertimbangan-pertimbangan KIP dalam memutuskan banyak yang melanggar hukum acara dan bahkan melanggar peraturan KIP itu sendiri baik secara material maupun secara formal. Oleh karenanya, PSSI menyatakan keberatan atas putusan tersebut, dan akan menggunakan haknya untuk mengajukan keberatan sesuai dengan Pasal 47-49 UU Keterbukaan Informasi Publik dan Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) No. 2 tahun 2011 mengenai Tata Cara Penyelesaian Sengketa Informasi Publik di Pengadilan;

-Dengan diajukannya langkah hukum keberatan tersebut maka putusan tersebut belumlah berkekuatan hukum tetap. PSSI yakin, pertimbangan-pertimbangan yang tidak berdasarkan hukum akan diluruskan oleh Pengadilan Negeri di tempat PSSI berdomisili;

-PSSI merasa perlu melakukan langkah hukum keberatan agar tidak menimbulkan kerancuan hukum di dalam pengelolaan organisasi sepakbola di Indonesia. Banyak pertimbangan-pertimbangan KIP yang tidak berdasarkan hukum antara lain:

i. KIP dalam pertimbangannya menyatakan mengakui jangka waktu permohonan informasi telah lewat, namun KIP mengesampingkan syarat jangka waktu tersebut. Dengan kata lain, pertimbangan KIP melanggar UU KIP dan juga Peraturan Komisi Informasi Publik yang mereka buat sendiri.
ii. Pemeriksaan saksi hanya satu yakni dari Kemenpora. Berkali-kali KIP dalam pertimbangannya menyatakan bahwa Kemenpora melalui Bpk.Yusuf Suparman menyatakan PSSI adalah badan publik sesuai dengan UU Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) dan pernah menerima dana dari Kemenpora. Pernyataan ini tanpa diikuti alat bukti pendukung keterangan saksi. Bahwa adalah asas hukum umum yang menyatakan satu saksi bukan saksi (Unus Testis Nullus Testis). Di dalam pemeriksaan saksi tersebut PSSI juga ditinggalkan dan kehilangan kesempatan untuk melakukan eksaminasi. Hak untuk melakukan eksaminasi terhadap saksi adalah hak dasar dan merupakan prinsip hukum (audi et alteram partem).
iii. Rasio hukum dalam pertimbangan KIP seperti “melompat” dan tidak mengindahkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Di dalam pertimbangannya bahkan KIP menyatakan alat bukti “artikel” media massa sudah cukup untuk menerangkan suatu keadaan. Alat bukti artikel tidak dapat dijadikan dasar untuk melakukan pertimbangan hukum sesuai dengan Pasal 1867 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan 165 HIR.
iv. KIP juga melakukan penafsiran-penafsiran yang nyata-nyata melanggar Undang-Undang. KIP bukanlah badan peradilan yang memegang kekuasaan yudikatif, sehingga tidak mempunyai hak untuk menafsirkan peraturan perundang-undangan, seperti menyatakan PSSI “menerima” dana dari APBN tanpa mengindahkan sistematika pertanggungjawaban dana APBN sebagaimana yang sudah dijelaskan PSSI sebagai termohon.

-Bahwa PSSI berpendapat putusan KIP tidak berdasarkan rasio hukum, oleh karenannya PSSI akan mengajukan langkah hukum keberatan. Keterbukaan bagi PSSI bukanlah hal yang haram dilakukan, sepanjang berdasarkan dasar-dasar hukum yang jelas.


Sumur



Komentar Indra Sjafri soal Kegagalan Timnas U-19


PSSI Keberatan Membuka Informasi Terkait Kontrak MNC dan SCTV Utk Hak Siar Timnas U19


Quote:



Ngurus PSSI itukan capek emoticon-Cape d...
Wajar dong kita butuh uang, ngapain sih pada ngobok ngobok urusan rumah tangga orang..... emoticon-Mewek
Sing penting selama anak anak dan pemain itu bisa dikomersialkan ya harus !! Jangan ditunda tunda, urusan prestasi sih belakangan...... emoticon-Cool




Quote:

Quote:


...... ts ambil dong emoticon-Ngacir
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundulemoticon-Sundul
KASKUS Ads
sepi amat bray

image-url-apps
duit..duit..duit...

pssi oh pssi
kalau bersih kenapa harus risih emoticon-Big Grin
Uang yg berputar di dunia sepakbola itu ratusan Milyard broh
kue lezat itu emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
bebas dari pengawasan KPK tuh PSSI
image-url-apps
FIX kan gan PSSI BADAN PUBLIK.

jd ingat diskusi kita tempo hari emoticon-Smilie

silahkan PSSI siapkan banding,jangan lupa siapkan laporan keuangaanya juga..

nanti malam liat mata najwa metro tv..ada menpora dan hinca.
Quote:


Iyoh.. emoticon-Matabelo
Jam 20.00 ya moga ga kelewatan emoticon-Malu (S)
image-url-apps
hayo perang dimulai, pemerintah udah turun tangan, Mafia vs Mafia

Quote:
tinggal tanya aja MNC dan SCTV nya emoticon-Malu (S)
kalau menolak, artinya laporan keuangan PSSI memang bermasalah. simpel.
Quote:


Loh pegimana.. itu namanya intervensi.. FIFA ga suka itu emoticon-Mad
Will be BANNED AND BLACK LIST !!!
Jangan sampai PSSI ikut2an transparansi!

PSSI Keberatan Membuka Informasi Terkait Kontrak MNC dan SCTV Utk Hak Siar Timnas U19
Quote:


Memangnya selama ini ga di banned prestasi sepakbola kita apa gan? Sepakbola gajah?

Timnas senior apa prestasinya selama ini? U-19 kok bisa secepat itu nyungsepnya?

Mending dibanned dan reformasi total dan fokus ke prestasi bukan mafia dan duid lagi
image-url-apps
Kenapa masih ngubek-ngubek PSSI juga. Toh kegagalan timnas itu bukan karena PSSI. Tapi lebih karen pembinaan yang kurang. Pembinaan yang kurang disebabkan adanya dana yang kurang. Makanya tambah lagi dong anggaranya. Bagaimana ini kok malah mau transparansi? Mau menyalahkan PSSI apa?
image-url-apps
Quote:


itu bukan urusan saya emoticon-Big Grin
kita liat aja nanti
gerombolan la nyalla mulai kerepotan,junjungannya si bakrie dlm keadaan goyah,kosentrasi akan di fokuskan ke golkar,PSSI silahkan berjuang sendiri.

gerombolan la nyolot kemaren bisa masuk lagi ke PSSI atas bantuan bakrie..sekarang ?? emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:

Belajar lagi sana.
Quote:


Loh kalo kata pelatihnya sendiri (Indra Sjafri) dan pengamat sepak bola karena kegagalan Timnas U-19 akibat Tur Nusantara jilid 1 dan jilid 2, tur timur tengah, turnamen sultan hasanalbolkiah, tur spanyol. Jadwal ujicoba yg terlalu banyak dan panjang....
Cenderung diekspoitasi utk Hak Siar.. sehingga para pemain sudah jenuh emoticon-Sorry
kenapa bisa jenuh ? Karena mereka masih anak anak, berrbeda dgn org dewasa / senior emoticon-Sorry
×