alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
(Soal Pertamina) Bukan Privatisasi, Cuma Jual Obligasi Ke Ameriki
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5485a9e6c3cb1745608b4569/soal-pertamina-bukan-privatisasi-cuma-jual-obligasi-ke-ameriki

(Soal Pertamina) Bukan Privatisasi, Cuma Jual Obligasi Ke Ameriki

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno membantah pemerintah akan melakukn privatisasi terhadap Pertamina untuk membayar hutang-hutangnya yang masih melilit. Yang dilakukan pemerintah, kata Menteri BUM itu, adalah menjual obligasi ke Amerika Serikat (AS). Dari dana tersebut, akan dipakai untuk mencetak Pertamina menjadi pemain global di industri energi.

Lebih lanjut Rini mengungkapkan tidak hanya Pertamina saja yang akan diberi dana pinjaman dari pihak asing tersebut. Melainkan juga kepada anak perusahaan BUMN lainnya secara merata. "Kalau dividennya diambil terus, maka modalnya tidak bertambah-tambah. Padahal untuk mengembangkan investasinya kita juga perlu menambahkan modal," kata Rini usai memperkenalkan tiga direksi yang baru di gedung BUMN lantai 21, Jakarta Pusat, Senin (8/12/14).

Sementara itu Rini juga menyatakan kalau dividennya lebih sedikit, maka otomatis keuntungan yang masuk menjadi bagian dari modal. Maka untuk itu cara obligasi inilah yang diambil guna mengembangkan sektor migas di Indonesia.

Namun saat ditanya perincian dana obligasi sebesar US$ 7 miliar tahun 2015 akan dibagi berapa rupiah di setiap anak perusahaan BUMN. Rini mengatakan bahwa persoalan ini akan dibicarakan lebih lanjut dengan Menteri Keuangan.

"Jadi presiden sudah memberikan arahan kepada kita termasuk menteri keuangan, dividen BUMN harus ditinjau kembali. Beberapa perusahaan (anak perusahaan BUMN) membutuhkan dividen ini ditahan, sehingga modalnya makin tambah dan dapat melakukan investasi lebih banyak," ujarnya. (b)


Sumber
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 4
wahhhh.... gawatttt....
sama persis ma junjunganya,dikit main jual emoticon-Cape d... (S)
Quote:



Hmm.. Kaya2nya ada yg gak beres nih
emoticon-Cool
Quote:


xixixii ga boleh suujon kang...

pa mali

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
ayo yg ahli ekonomi main kemari..ah ane gak mau asal ngebacot doank ah kalau gak tahu detilnya emoticon-Stick Out Tongue

ayo panasbung crot dulu
ayo panastak bela junjungannya

lets war begin!
ah ela emoticon-Cape d... (S)
perusahaan ngutang aja heboh banget...emoticon-Cendol (S)
Ntar kaga bisa bayar dijual dah
Modalnya berapa bu? Untung jual pertamax,bensin + pengalihan subsidinya gak cukup kah?
di tunggu kbar cetar membahanya....
"bukan harga BBM naek, tp pengalihan subsidi"
LIKE MOTHER LIKE SON
Quote:


jual obligasi dah biasa bro
sejak jaman dahulu kala

istilah kasarnya, ya UTANG emoticon-Ngakak
Wuohh.. $7M ntuh brp kl dirupiahkan n brp bunga per tahunnya? Perbankan nasional ga da yg branikah?? Kok opsinya langsung Amrik emoticon-Cool
Ane buka ahli ekonomi tapi ane paling nda tau obligasi itu surat hutang. Bukan jual saham dimana persentase kepemilikan juga diperjual belikan. Jadi bahasa mudahnya cuma minjem duit dari perusahaan asing doang tinggal bayar bunga. Ga ada hubungan ama kepemilikan sama sekali. emoticon-Cendol (S)

wakwaw

Ah, pake istilah2 yg ribet2.. Intinya mah pertamina ngutang ke mamarika, duitnya utk bla bla bla... Kek nya dah SOP kabinet utk gunain istilah2 yg "unik" supaya dikira mantap pdhal mah sama aja kya yg dulu2... Cnth : gk naekin ввм, cm pengalihan subsidi... KIS cm beda tpis sm BPJS... Dll.. Monggo panastak garis keras membela junjungannya... #PS : Jgn lupa minum air kobokan kaki megatron dlu biar makin garang, ngoahahahha
Quote:


Hehe gw suka gaya lo gan :d
Ke depan pertamina bakal tambah saingan, marketshare kegerus, yang ditakutkan bukan org ga mau beli premium atau pertamax, tapi org jadi ogah spbu pertamina.

Dulu starbucks siapa yg mo beli, tapi gara2 dah pada nyobain dan uda jadi wordmouth lama2 org ketagihan dan senang dgn tingkat gengsinya yg ok.

"Eh lu pake apa dul?"
"Pertamax gw"
"Ya elah bensin kok pake yg nanggung, knapa ga sekalian sh**l, lagian harga jg ga beda jauh"

Kita selama ini secara tidak sadar ikut menghujat pertamina yg jual premium kualitas rendah lbh mahal dr harga kualitas bagus tanpa subsidi pula. Lalu apa itu mau pertamina atau mau pemerintah yg tdk jua
turunkan harga. Belum lagi gegap gempita pemberitaan mafia migas di belakang pertamina makin membuat masyarakat memandang negatif.
Itulah psywar sistematis untuk membuat seakan pertamina tersangka utama
Nah pertamina dgn penjualan yg nanti dipastikan menurun, karena apa? Spbu asing skrg hanya sekian persen saja yg dibangun, bs dibilang pilot project lag. Nanti saat pembangunan ribuan spbu asing baru rampung gemporlah arus kas pertamina.Cara membuka keran obligasi asing adalah cara untuk membuat pertamina dijerat utang asing. Kebayang apa yang akan terjadi bila pertamina terus berdarah dan terus mendapat supply utang asing, lama2 bahkan pemerintah tak mampu mencicilnya. Dan apa yang terjadi saat jatuh tempo? Persis skema pra krismon 97, dmn banyak utang korporat jatuh tempo.

Gw kasih saran realistis aja:
- Turunin harga bbm premium 1000 perak aja, pertamina ga khawatir dgn bedol desanya konsumen ke spbu asing. Kelihatan simpel tapi ya itu pemerintah yg skrg gw agak sangsi apa iya berpihak pada kemandirian dan majunya industri migas nasional dimana pertamina EP di hulu dan pertamina retail di hilir sebagai ujung tombaknya.

Kita pantau aja...

emoticon-army
Mudah-mudahan cukup 2 tahun saja beliau menjabat ...
Rini Soemarno emoticon-No Hope
"Oh well. Same shit, different assholes..." emoticon-Big Grin
gelar tiker sambil nunggu panastak akrobat lidah emoticon-Ngakak
btw peki one ane segel emoticon-Cool
Diubah oleh agh3tz
Ya (jelas) beda (antara IPO dengan obligasi).., (bedanya seperti) langit dan bumi itu hehehe..., ya pokoknya ada jurus jitunya lah.., everything under control, biasa biasa aja, ndak ada yang istimewa hehehe.
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di