alexa-tracking

[LHO EMANG KENAPA?] Muhammadiyah: Muslim Tak Boleh Kenakan Atribut Natal

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54858901bfcb1775668b458b/lho-emang-kenapa-muhammadiyah-muslim-tak-boleh-kenakan-atribut-natal
[LHO EMANG KENAPA?] Muhammadiyah: Muslim Tak Boleh Kenakan Atribut Natal
[LHO EMANG KENAPA?] Muhammadiyah: Muslim Tak Boleh Kenakan Atribut Natal
Ilustrasi - Logo Muhammadiyah (Foto Antara)

Jakarta (Antara Babel) - Bendahara Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Anwar Abbas mengatakan Muslim tetap tak boleh mengenakan atribut Natal meskipun hal itu untuk kepentingan bisnis.

"Saya tidak setuju dengan pernyataan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama (Dirjen Bimas Kemenag), Machasin, yang menyatakan pengenaan atribut sah-sah saja," ujar Anwar Abbas di Jakarta, Senin.

Menurut dia, pengenaan atribut Natal tidak diperkenankan karena sudah menyangkut masalah keyakinan.

Anwar menjelaskan, Natal merupakan persoalan agama dan tidak ada sangkut pautnya dengan bisnis. Dalam Al Quran surat Alkafirun dinyatakan bahwa orang-orang non Muslim dipersilakan mengerjakan ibadahnya sendiri, Muslim pun mengerjakan ibadah sendiri dan tidak memaksa non Muslim untuk mengikutinya.

"Ini sudah menyangkut keyakinan seseorang," jelas dia.

Ia menjelaskan Dirjen Bimas Islam Kemenag Machasin lebih cocok menjadi akademisi bukan birokrat, karena mengeluarkan pernyataan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.

"Sebagai akademisi, dia bebas berbicara tentang bidangnya. Tapi kalau dia jadi birokrat ceritanya jadi lain. Dia terikat dengan aturan birokrasi," ujarnya.

Tugas birokrat adalah melayani umat, membantu umat, bukan membuat masalah dan menjadi beban bagi umat.

"Dan kalau dia sebagai birokrat akan melakukan sesuatu harus ada dasar hukumnya agar tidak membuat gaduh," pinta dia.

Jika hal itu dibiarkan, maka tidak mustahil Kemenag bukannya menjadi pelayan umat atau rakyat tapi malah menjadi musuh umat dan musuh rakyat.

"Menurut saya karena masalah tersebut sudah menyangkut masalah keyakinan, maka Machasin sebagai salah seorang Dirjen di Kemenag janganlah mengeluarkan opini apalagi fatwa tanpa meminta pendapat MUI," terang dia.

Jika masih mengeluarkan pernyataan yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam lagi, lanjut dia, maka sebaiknya Machasin dikembalikan ke kampus, sehingga peluang berwacana lebih terbuka.

Sumber

---

Dan terjadi lagi emoticon-Embarrassment

Apa pendapatmu? emoticon-Smilie
pake ato tidak ada untung nya ga??emoticon-Bingung (S)
Quote:


Tergantung ente melihatnya dari sisi apa gan emoticon-Belo
untukmu agamamu, untukku agamaku

jangan dicampur campur
Mungkin maksudnya kalau ada yang kerja, contohnya di pusat perdagangan. Otomatis kan biasanya ada yang pake kostum / seragan tematik christmas.
Itu kan bukan masalah kepercayaan ?
udah tau jangan digembar-gemborkan
udah mending pisah planet aja dah ribut mulu emoticon-Ngakak
Gada yg maksa kau untuk pake atribut natal juga keless emoticon-Ngakak

Kalo karyawan di mall kau larang juga yasudah mending ga usah kerja sekalian nanti disantunin sama Muhammadiyah ini ya.... emoticon-Ngakak

Kalo kyk gini analoginya mestinya Hari Minggu juga lo ga boleh libur itu kan hari libur Masehi... kok lu masih ikutan libur? emoticon-Ngakak

Sudah biasa kyk gini kalo enak dipake kalo ga enak larang sini larang sana,,,

Bentar lagi ada yg taqqiya ni tiap tahun jg begini taek kucing emoticon-Mad (S)
Quote:


Iya gan padahal tematik ya emoticon-Metal
Quote:


klo melihatnya dari sisi agama cemana?
Salut buat Muhammadiyah, berani menyuarakan kebenaran sesuai ajaran Islam

Ada tulisan dari suatu milis, ane copas
Quote:
Gregorian mantab emoticon-Kiss
yang jadi pertanyaan itu tiap tanggal 25 desember itu ngerayain apaan sih? emoticon-Bingung (S)

emang yesus/isa lahirnya tanggal 25 desember?
Quote:


SIsi agama gimana gan? emoticon-Amazed
lha agamanya Islam ngapain ikut2...
cukup dengan menghormati kan...
[LHO EMANG KENAPA?] Muhammadiyah: Muslim Tak Boleh Kenakan Atribut Natal
kalo gue peduli setan, tapi yg jelas, pake pakaian santa di pom bensin itu konyol, harus dilarang! atau gue minta bensin gratis! hadiah dari santa hohoho
emoticon-Ngakak
Quote:


Kalo kerjanya tematik, kan kudu pake gan emoticon-Cool
Ngapain Ikut Ikutan agama orang lain ? bukan begitu tod toleransi itu, cukup membiarkan dan tak usah mengganggu mereka merayakan natal itu namanya toleransi, tanpa harus ikut terlibat memakai atribut atau megucapkan selamat natal. Jadi jangan paksa kaum muslimin pakai atribut natal

[LHO EMANG KENAPA?] Muhammadiyah: Muslim Tak Boleh Kenakan Atribut Natal


Lha kenapa gep lihat liat post ane ? ada yang salah nga ? potonya faktakan ? emang gue menghasut apa gep ? nape gep ?
salut buat muhammadiyah.
Quote:


Kalo kerjanya tematik gimana tot? emoticon-Smilie