alexa-tracking

Soal Perppu Pilkada Langsung, SBY: Saya dan Jokowi 100% Sama

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548561dbbccb1779188b457d/soal-perppu-pilkada-langsung-sby-saya-dan-jokowi-100-sama
Soal Perppu Pilkada Langsung, SBY: Saya dan Jokowi 100% Sama
Jakarta - Susilo Bambang Yudhoyono sempat berdiskusi dengan Presiden Jokowi saat keduanya bertemu di Istana Merdeka. SBY dan Jokowi sepakat untuk mendukung Perppu Pilkada langsung menjadi Undang-undang.
"100 persen sama," kata SBY saat ditanya wartawan soal sikapnya dan Jokowi terhadap Perppu Pilkada langsung. Hal itu disampaikan SBY saat menjawab pertanyaan wartawan usai bertemu dengan Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (8/12/2014).

SBY mengatakan dia dan Jokowi sama-sama sepakat untuk mendukung Perppu Pilkada menjadi Undang-undang. Mekanisme pemilihan kepala daerah langsung oleh rakyat yang diatur dalam Perppu itu disebut SBY sesuai dengan aspirasi masyarakat.

"Kami punya posisi yang sama, sama-sama mengawal Perppu supaya bisa diterima DPR RI. Bagi Pak Jokowi, dan saya sendiri, Perppu Pilkada adalah sesuai aspirasi rakyat dan baik bagi kelanjutan demokrasi kita," ujarnya.
Perppu Pilkada rencananya akan mulai dibahas oleh DPR pada Januari 2015. Jika diterima DPR, maka Perppu itu akan menjadi Undang-undang. Namun jika ditolak, maka Undang-undang Pilkada yang mengembalikan mekanisme pemilihan kepala daerah via DPRD akan kembali berlaku.

Dimulai oleh Golkar, parpol-parpol anggota Koalisi Merah Putih (KMP) mulai menyuarakan penolakan terhadap Perppu Pilkada. Partai Demokrat yang dipimpin SBY pun berang, karena merasa KMP sudah terikat perjanjian untuk mendukung Perppu Pilkada. PD kini mulai menjalin komunikasi dengan Koalisi Indonesia Hebat demi meloloskan Perpu Pilkada menjadi Undang-undang.

Source bukan paku payung : http://news.detik.com/read/2014/12/0...okowi-100-sama

Menolak Lupa :

Aksi fraksi Demokrat yang memilih untuk walk out dalam sidang paripurna DPR ketika memutuskan pembahasan RUU pilkada menuai kritik, termasuk dari pengguna internet di Indonesia.
Topik yang paling banyak dibahas pengguna Twitter di Indonesia hingga Jumat (26/09) siang yaitu #ShameOnYouSBY, yang juga masuk menjadi trending topics dunia.

Para netizen mengkritik sikap Fraksi Demokrat yang melakukan aksi walk out dalam sidang paripurna meski 10 poin yang diusulkannya disetujui oleh Fraksi PDIP, PKB dan Hanura.

Tetapi, enam anggota Fraksi Demokrat memilih untuk menggunakan hak suara mereka dalam voting dan memilih pilkada langsung.

Source bukan paku payung (lagi) : http://www.bbc.co.uk/indonesia/berit...krat_uupilkada
×