alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[Gak Heran lg] Pengamat: Mafia Juga Bermain di Sektor Pangan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54853a75d675d48e138b457c/gak-heran-lg-pengamat-mafia-juga-bermain-di-sektor-pangan

[Gak Heran lg] Pengamat: Mafia Juga Bermain di Sektor Pangan

[Gak Heran lg] Pengamat: Mafia Juga Bermain di Sektor Pangan

TEMPO.CO, Jakarta - Pengamat ekonomi dari Institute for Development Economy and Finance (Indef), Enny Sri Hartati, mengatakan praktek mafia tidak hanya ada di sektor minyak dan gas. Tapi juga sektor pangan.

“Tidak hanya migas yang ada mafianya,” ujarnya kepada Tempo, Senin, 8 Desember 2014. Enny menyebutkan indikasi adanya mafia di sektor pangan, tampak dari harga sejumlah komoditas yang kerap melambung. "Mereka mengendalikan harga di level produsen hingga konsumen."

Mafia di sektor pangan, kata Enny, mendorong terjadinya interlink market atau pasar yang dikuasai oleh satu dan beberapa jaringan yang saling berkaitan. Kekuatan mereka dalam mengendalikan harga dan pasokan tidak mempedulikan nasib petani dan konsumen. “Contoh mafia pangan dalam skala terkecil adalah tengkulak,” ia menjelaskan.

Enny tidak bisa menyebutkan kerugian negara akibat praktek mafia di sektor pangan. Namun dampaknya bisa dilihat dari kesejahteraan petani yang tidak pernah bisa beranjak menjandi lebih baik, harga yang tidak stabil.

Menurut Enny, hal penting yang harus dilakukan pemerintah untuk mengatasi praktek para mafia adalah membenahi sistem tata niaga agrobisnis. Jangan menggunakan cara lama, yakni bertindak ketika situasi sudah buruk di bidang pangan.

Enny menyayangkan, kekacauan sistem tata niaga pangan justru dimanfaatkan sebagian pihak di pemerintahan untuk melakukan impor. “Impor seolah-oleh harus dilakukan. Padahal tidak perlu,” ucapnya.

Sumur

dah gak heran, stiap menjelang hari penting harga2 semua naik dan pemerintah lepas tangan
semoga saja pemerintah fokus sama hal ini jg
Diubah oleh: disinihantu
Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di