alexa-tracking

Basic Modeling - Attach Detach and Merging

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/547c3a4960e24bbc218b4581/basic-modeling---attach-detach-and-merging
Basic Modeling - Attach Detach and Merging
halooo agan semua ... apa kabar ni gan ...
semoga ... "Bayu Animation Online Class" bisa menjadi sarana kumpul, share, dan belajar kita semua ...

akan ada 3 threads, Attach Detach and Merging, Object Hierarchy, dan TIPs n TRICKs ... semoga kita bisa gokil gokilan bareng ya gan ... emoticon-thumbsup


Basic Modeling - Attach Detach and Merging
BAYU Animation Online Class - 3DS Max 2013
Basic Modeling /Attach Detach and Merging

Attach Detach and Merging (as Vertex operation),
sambil review Box Modeling kita tambahin Attach Detach tool ya gan ...

Attach dan Detach dua tool yg sangat sangat berguna, terutama untuk modeling yg sifat nya modular, atau bekerja secara modul, sebagai contoh funiture, dimana kursi yg dr kayu harus ditambah bantalan, atau yg lebih simple gelas dan gagang pegangannya.

Attach kita gunakan utk menggabungkan dua object atau lebih menjadi satu, bahkan antara object dan sub/object menjadi satu, antara dua sub/object atau lebih menjadi satu.

sedangkan Detach digunakan sebaliknya, yaitu utk memisahkan suatu object menjadi beberapa bagian object atau sub/object menjadi beberapa sub/object.

Attach dan Detach dapat kita gunakan pada Edit Mesh dan Edit Poly, dua modifier ini berfungsi sama sebagai sub/object operation, Edit Poly adalah sub/object operation terbaru dengan tambahan Paint Deformation tools

Merging ... kita akan menggunakan Weld tool utk merge vertices, bisa digunakan kalau kita mengaktifkan vertex dan edge mode pada Edit Mesh dan Edit Poly modifier,
Weld tool kita gunakan untuk menyatukan dua atau lebih vertex atau edge



Projects n Exercises

Attach Detach and Merging - Big Bottle

Basic Modeling - Attach Detach and Merging
01. agan bisa buat dua buah object box, satu utk body bottle, satu lg utk pegangan atau handle bottle nya, buat seperti gambar diatas ya gan samain length, width, height nya, samain juga semua segment nya.

Basic Modeling - Attach Detach and Merging
02. utk mulut botolnya agan bisa extrude bagian polygon atasnya, lalu tarik ke atas secukupnya, lalu kecilkan dgn scale tool, lalu extrude yg kedua kali utk sambungan pegangan botol. agan bisa extrude beberapa kali lagi utk membuat mulut kecil botolnya.
jangan lupa utk mendelete edges yg mengarah ke atas, seperti pada gambar ya gan ... supaaya kalau smoothing jadinya benar benar bulat mulut botolnya.
03. utk handle nya agan cukup menggunakan Bend modifier, tapi agan hrs adjust Gizmo dan Center dr Ben tool nya juga supaya bisa pas posisi awal dan akhir handle pada body botol nya.
04. utk handle bagian bawah nya agan perlu buat sedikit lebar, dengan select vertex bagian bawahnya, lalu agan scale sampai sesuai dengan lebar bagian body botol nya.

Basic Modeling - Attach Detach and Merging
05. Attach ... utk menyatukan antara body dan handle nya agan bisa menggunakan attach di Edit Poly modifier.
06. Merge ... utk menyatukan vertex yg behimpitan supaya hasil akhirnya tidak bolong maka kita perlu gunakan Weld tool. simple ... select vertex yg mau di gabung lalu click Weld Setting tool,
// nanti akan keluar threshold setting ... maksudnya threshold adalah jarak antara beberap vertex yg akan dijadikan satu gan ... kalau di isi kedegedan bisa jadi semua jadi satu vertex aja gan, tapi kalau ke kecilan bisa jadi nga akan ke merge vertex vertex nya gan ...
// tapi gan sebelumnya agan harus delete semua polygon yg berhadapan antara dua bagian polygon yg akan agan merge vertex nya ... hati hati disini ya gan ...
07. terakhir setelah digabung antara body dan handle nya agan tinggal apply Mesh Smooth modifier aja gan ... selesai ...
// tetapi kalau agan mau meng edit lagi tinggal balik ke Edit Poly modifier aja lagi gan ... simple aja gan ...



Attach Detach and Merging - Mug

Basic Modeling - Attach Detach and Merging
01. sama sperti Big Bottle ni gan ... utk Mug kita juga perlu dua object satu utk gelas nya, satu lg utk handle nya gan ... langsung samaain aja ya gan ...

Basic Modeling - Attach Detach and Merging
02. utk gelasnya agan apply Edit Poly modifier, edit pakai vertex mode supaya bentuk Mug nya seperti di gambar ya gan ... itu cuma pakai scale aja ko gan ...
03. jangan lupa delete polygon bagian atasnya ya gan ... supaya bolong gan ... kalau nga bolong bgmn minumnya dong gan ...
04. handle nya ni gan ... enaknya editnya dr samping, jangan dr perspective ya gan ... apply Edit Poly modifier dulu, lalu bentuk handle nya seperti terlihat pada gambar ...

Basic Modeling - Attach Detach and Merging
05. balik lg ke gelasnya, utk membuat ketebalan gelasnya agan clone ... ambil object copy ... jangan instance atau reference.
06. dr vertex mode agan scale supaya lebih kecil dr object gelas yg pertama, jangan lupa agan harus tarik keatas dua baris vertex yg paling bawah supaya ketebalan nya terjaga antara bagian dinding gelas dan bagian dasar gelas nya

Basic Modeling - Attach Detach and Merging
07. setelah itu agan attach bagian luar gelas dan bagian dalam nya supaya jadi satu bagian, lalu select semua edges bagian atas extrude dan scale sampai bagian atasnya tertutup
08. lalu agan attach dengan bagian handle nya ... biar nempel gan ... kalau nga minum susah megang Mug nya dong ...
09. utk Merging ... biasa gan pakai Weld tool ajahhhh ... jangan lupa nge delete polygon yg berhimpitan ya gan ... kalau nga nanti nga bisa di Weld gan ...
10. terakhir apply Mesh Smooth ajahhhhhhhhh ... perhatiin setting nya ya gan ...

Basic Modeling - Attach Detach and Merging



okay gan ... bgmn bisaaaa ... ? bisa lahhh ...
kalau bingung atau ragu langsung tanya disini aja gan ...

jangan lupa juga lihat post threads selanjutnya ... juga TIPs n TRICKs


cheers ... SEMANGAT ANIMASI INDONESIA ... emoticon-2 Jempol

Box Modeling - Object Hierarchy

Basic Modeling - Attach Detach and Merging
BAYU Animation Online Class - 3DS Max 2013
Box Modeling /Object Hierarchy


Basic Modeling - Attach Detach and Merging
kalau kita lihat model pack pesawat diatas boleh dibilang ada bbrp modul,
01. body pesawat.
02. propeller atau baling baling.
03. cockpit

ini yg menjadi dasar pengelompokan hirarki nya, simple nya gan root parent nya adalah plane body, dan sebagai child nya propeller dan cockpit nya.

sehingga kemanapun plane body di animate, propeller dan cockpit akan mengikuti gan ...


Basic Modeling - Attach Detach and Merging
sementara di propeller ada sub child nya lg, ada 3 propeller wing yg di parent ke propeller body, which is ... ketika propeller berputar maka propeller wing akan ikut berputar ... modul pertama tu gan ...

cara gampang gan ... aktifin link parent tool !!
select propeller wing, hold n drag ke propeller body,
trus lanjutin sama 2 propeller wing lain nya gan ...

stelah selesai ... parent dr propeller body ke plane body,
parent dr cockpit ke plane body juga ...

kalau bingung lihat gambar nya aja gan ...


Basic Modeling - Attach Detach and Merging
nahhhh ... kalau mau buat modul animate bagaimana ... ??
simple aja gan ... pakai dummy object ...

kalau lihat gambar di atas ... dummy yg warna hijau ya gan ...
propeller parent ke dummy propeller, dummy propeller parent ke plane body
gunanya supaya modul propeller mudah di animate nya ...

trus ...
plane body parent ke dummy plane body ...
supaya mudah di animate keseluruhan pesawat nya gan ...


Basic Modeling - Attach Detach and Merging
utk dummy create di create tab /helpers

setelah object object nya ter manage dgn baik gan ...
maka animate hanya dilakukan pada dummy sebagai controller ... !!

selanjutnya object object bisa kita atur dalam layer gan,
lalu kita freeze layer nya jadi object tidak akan bisa ke select
walaupun bisa dilihat gan ... animate hanya pada dummy sebagai controller tadi itu gan ...

perhatiin dan cocokin sama gambar ya gan ... biar nga salah aja ...



goodluk ya gan ... selamat mencoba ...jangan berhenti belajarnya ... emoticon-thumbsup
kalau bingung langsung tanya aja ya gan ...

untuk cara pembuatan pesawatnya ada di thread selanjutnya ya gan ...
jangan kawatir ... agan agan semua pasti bisaaaa ... emoticon-thumbsup thumbup
jemputttt gan .... http://www.kaskus.co.id/thread/5481b...ua-pasti-bisa/


MAJU TERUS ANIMASI INDONESIA

cheers ... emoticon-thumbsup
Bayu:

Box Modeling - TIPs n TRICKs

Basic Modeling - Attach Detach and Merging
Box Modeling - TIPs n TRICKs

01. pertanyaan serius ni gan ... apa agan agan perlu offline meeting class ?
hehehe ... ditunggu tanggapannya ... emoticon-thumbsup

02. Mesh Smooth
mempunyai 3 Subdivision Methods, classic salah metode yg paling lama, Quad output dimana subdivision nya dipastikan quad topology, sedangkan yg Terbaru NURMS Non Uniform Mesh Smooth, teknology yg di adopsi dr teknology NURBS.

Basic Modeling - Attach Detach and Merging

Apply to whole mesh .... maksudnya smoothing akan di apply ke seluruhan object, seandainya kita tidak mau maka kita hrs non aktifkan tool tersebut. selection nya hrs dibuat dgn. modifier sebelumnya, seperti editpoly , editmesh, ataupun mesh select modifier.

Subdivion Amount
ada 2 values disana, viewport value adalah yg pertama, sdgkan Render value yg dibawahnya. viewport value berlaku di viewport dan pada waktu rendering, tetapi render value hanya berfungsi pada waktu rendering

Local Control
ada. 2 mode, vertex dan edge
keduanya lebih berfungsi utk pinch atau menarik vertex atau edge sekitarnya kearah selection nya.

dan ada Soft Selection nya. .... keren emoticon-thumbsup

03. Mesh Smooth - Viewport Value VS Render Value

Basic Modeling - Attach Detach and Merging
Viewport Value bekerja pada waktu kita kerja di viewport dan pada waktu kita rendering, tetapi ... dengan catatan kalau Render Valuenya tidak di aktifkan ...
Render Value hanya bekerja pada saat rendering saja, apapun yg terjadi di viewport itu karena interasions di viewport value ... bukan karena render value ...

04. Boolean alternative option Methode

Basic Modeling - Attach Detach and Merging

kenapa ane saranin manual deleted, karena lebih ke predict hasilnya, simple aja boolean sama saja dengan menyerahkan pekerjaan kita ke computer, tetapi dengan mengerjakan manual hasil lebih terkontrol ...

05. Transparen Glass
Basic Modeling - Attach Detach and Merging
KASKUS Ads
Quote:


Jangan dulu Om Bayu, saran ane biarkan dulu berjalan forum ini beberapa bulan, dan berikan kesempatan pada para newbi seperti ane untuk mengenal dan membiasakan menggunakan aplikasi 3D.

Nah nanti setelah beberapa bulan baru bisa diselenggarak offline class. Tapi bisa juga dimunculkan ajakan untuk event/workshop offline class yang pelaksanaannya beberapa bulan mendatang.

Sekalian nanya, adakah S/W legal 3DSMax yang dapat didownload melalui torrent? soalnya beberapa gagal terus nih nge-download langsung dari link Autodesk dengan student lisence (walaupun sudah berhasil login) yang dikasih om Bayu?

Tks

Offline Class ...

Quote:


thanks banged masukan nya ...

btw ... kalau sdh registered tapi malas download, bisa pakai cd dr mana aja asal sesuai version nya, yg paling penting kan regidtered dan legal serial number nya. ... Jd nga piracy lg.

memang perlu bandwith yg stabil utk download itu sih. ...

again thanks saran nya, dan ditunggu respond subject tutorial class nya


Cheers. ...
Bayu

wah, online class modelling 3D emoticon-Matabelo Harus punya 3DS Max dulu nih emoticon-Mewek emoticon-Mewek

btw, kalo mau bikin animasi 3D itu modelingnya pake 3DS Max dulu ya baru di animate pake blender / maya?
masih niubi banget ane dibidang beginian emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


nga juga sih gan uneaalva...
bisa langsung, semua dalam package yg komplit
baik 3DS Max, Maya, Blender, atau softimage sekalipiun pasti sdh bisa modeling, animate, dan rendering...

langsung aja gan, kalau ada bingung bingung atau nga ngerti langsung tanya disini aja
semoga bisa dibantuuu....

cheers
Bayu

Quote:


Maya bisa modeling juga? caranya sama ama 3ds max gak ya? emoticon-Bingung (S) agan bayu indra bisa ngasih tutor maya gak? emoticon-Big Grin

Thank'ss

MAYA tuts ++

Quote:


sama banged sih nga, tapi prinsipnya sama aja ko onealva
tuts Maya ... mau juga, ya bisa juga dong, ini cuma nunggu kaskuser familiar aja sama 3DSMax aja dulu, sebentar lg juga bakalan keluar tuts Maya nya.
soalnya sdh ada beberapa agan agan kaskuser yg nanyain juga.

sabar aja gann ...emoticon-thumbsup

bedanya ama fungsi boolean apa yah?
udah itu ane yang user maya pernah coba gabungin gagang dengan gelas tapi malah aneh, yang gagang smooth hi-poly, yang gelas malah standar.
ane pake fungsi boolean, pernah pake attach lalu di smooth tapi malah kedua objek nggak menyatu, malahan seperti setiap objek ter-smooth secara terpisah.
Basic Modeling - Attach Detach and Merging

boolean vs attach

Quote:


boolean dan attach sama sama buat menggabungkan object
bedanya kalau attach kontrol dan kalkulasi nya di kita, dimana posisi object kita yg atur, vertex kita harus deketin dulu, trus baru kita weld kan gan ...
beda sama boolean ... kalau boolean itu terserah 3DS Max nya ... mau mau dia yg atur deh ... makanya hasil nya nga nentu, atau nga kekontrol ...
jujur ane nga pernah menyarankan boolean ... kasus tertentu aja ...

kalau masih seperti kepisah itu dugaan ane belum ke weld bagus Antara pertemuan vertex nya, hrs dipastiin dulu kalau semua vertex yg seharusnya ke weld sdh pasti ke weld lo !!

BTW kalau di Maya attach biasanya pakai combine, trust weld nya pakai merge vertex ... jangan boolean lg gan ...

semoga membantu agan arungjeram ...
image-url-apps
keren-keren
babar terus ums
emoticon-Matabelo
Quote:


thank you gan nuvy ...
ayo ikutan gan ... mumpung masih basic gan ...

ayoo gan ...
Quote:


wokelahh... emoticon-Big Grin
Ditunggu tuts mayanya emoticon-Big Grin
Quote:


sip ... pasti ...

Baru jadi jerigen (bigBottle)

Spoiler for bigBottle:


Sebelum lanjut mau tanya dulu....
  1. Kenapa setelah diberi modifier meshSmooth hasilnya tidak sehalus seperti yang ada di contoh? kelihatan juga setelah di render hasilnya masih kaku? (apakah ini pengaruh dari hardware?)
  2. Apakah menghapus polygon sebelum di attach berpengaruh? karena jika sudah
di-attach sedikit sulit menghapusnya...

Tks...

emoticon-coffee
Quote:


Basic Modeling - Attach Detach and Merging

sudah pasti bukan hardware nya ko gan ...
itu cuma interasions value nya aja yg kurang, coba agan perhatiin gambar ane deh
pesawat ane di viewport kelihatan smooh krn interasions value nya ane tambahin, juga ... di render interasions value nya lebih tinggi lg ...
jadi di viewport aja ane sdh tambahin, nah begitu rendering value nya lebih tinggi lg ... sama aja gan ... smoothing nya dapat value yg lebih tinggi lagi drpd yg kelihatan di viewport ... kira kira begitu gan ...

nga masalah sih gan sesudah atau sebelum di attach, masalah men select nya jadi susah bisa jadi, soalnya kan mungkin aja ketutupan sama polygon dr object satunya ...


emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup

Breaking News! 

Quote:


Oke, thanks banget jawabannya Om, kalo nggak ane coba nggak bakalan ngerti.... hehe... maklum pemula...

Iya betul om, ketutupan...

emoticon-coffee

===============
udah berhasil meshSmooth tapi pas di-render cangkir bagian dalemnya jadi bolong emoticon-Bingung (S)

Kesalahannya dimana ya?

Spoiler for render tidak sesuai:
Quote:


normalnya kebalik ... pas di edit poly select polygon bagian yg terbalik, apply normal modifier, aktifin flip normal, trus balik ke mesh Smooth

emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup

Breaking News! 
Done

Quote:


Done. Thanks...
Sepertinya untuk Lighting perlu tambahan tutorial emoticon-Big Grin

Spoiler for Botol dan Cangkir:


Next: Coba bikin model pesawat.

emoticon-coffee

×